in ,

10 Oleh Oleh Khas Banjarmasin

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan sebagai salah satu pulau di negara Indonesia dan menjadi pulau ketiga terbesar di dunia, kita harus bangga dengan kekayaan pulau yang dimiliki oleh negara kita. Ada ribuan pulau yang dipunyai oleh Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan yang terkenal dengan pasar apungnya yang unik.

Kalimantan mempunyai 5 provinsi yaitu kalimantan selatan, utara, barat, timur dan tengah. Semua provinsi pasti mempuyai keunggulan dan kekayaan yang berbeda contohnya adalah buah tangan atau oleh-oleh. Kali ini akan dibahas berbagai macam referensi oleh-oleh khas Banjarmasin provinsi Kalimantan Selatan:

1. Amplang Ikan Pipih

 

Amplang merupakan sejenis kerupuk yang bahan dasarnya adalah ikan. Amplang juga dikenal dengan nama “kuku macan”. Amplang yang satu ini terbuat dari ikan pipih.

Ikan pipih yang di olah dengan tepung dan rempah-rempah khusus sehingga menjadi kerupuk ikan yang sangat gurih dan lezat. Karena ikan pipih merupakan spesies ikan yang semakin langka. Ikan pipih pada umumnya hanya bisa dijumpai di daerah Kalimantan saja.

 

2. Rabuk Ikan Haruan

 

Kalau kalian ke Banjarmasin, jangan lupa untuk membeli makanan khas Banjarmasin untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Salah satu kuliner Banjarmasin yang sangat khas adalah rabuk ikan haruan, rambok dalam bahasa indonesia adalah abon.

Abon ikan haruan sangat lezat dan gurih sekali. Kamu bisa mendapatkan rabuk ikan haruan di toko-toko yang menjual oleh oleh khas Banjarmasin.

 

3. Ikan Seluang

 

Masyarakat Jawa mengenal ikan seluang dengan nama ikan wader. Di beberapa toko oleh-oleh di Banjarmasin, ikan seluang dijual sebagai cemilan yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh dan teman makan dalam perjalanan.

Ikan seluang ini paling cocok diolah dengan cara digoreng. Sebelum di goreng, ikan akan dibalut dengan tepung terlebih dahulu agar rasanya lebih gurih.

 

4. Dodol Kandangan

 

Tidak hanya Garut yang mempunyai dodol dengan rasa yang sangat khas. Banjarmasin juga mempunyai cemilan yang serupa bernama Dodol Kandangan. Makanan ini terbuat dari beras ketan dan gula aren.

Dodol Kandangan merupakan salah satu oleh-oleh yang selalu diburu oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Kalimantan Selatan.

Dodol durian adalah salah satu varian rasa dari dodol kandangan yang selalu paling banyak peminatnya. Rasa durian yang legit dan manis akan lebih terasa ketika berada di dalam mulut.

 

5. Wadai Rangai

 

Wadai rangai merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin. Wadai rangai terbuat dari bahan sagu yang memiliki rasa yang gurih dan manis.

Wadai rangai adalah kudapan yang sangat cocok untuk suguhan saat minum teh atau pada saat bersantai. Kamu bisa mendapatkan kue ini di pusat oleh oleh khas Banjarmasin.

 

6. Miniatur Rumah Adat

 

Banjarmasin memiliki puluhan suku yang masih melestarikan adat istiadat dan budaya mereka. Miniatur rumah adat merupakan salah satu referensi untuk dijadikan oleh oleh.

Jenis rumah adat suku banjar antara lain rumah joglo gudang, cacak burung, tadah alas, balai kaki, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Miniatur rumah adat ini biasanya dibuat dengan menggunakan kayu agatis. Sekedar informasi bahwa kayu agatis merupakan kayu yang biasa digunakan untuk membuat rumah adat Banjarmasin.

 

7. Panting

 

Panting merupakan alat musik khas Kalimantan Selatan. Panting mempunyai tampilan yang mirip dengan gambus Arab. Akan tetapi ukuran panting agak sedikit lebih kecil.

Alat musik yang mempunyai 3 dawai ini dimainkan dengan cara dipetik. Tidak semua orang dapat memainkan alat musik ini. Akan tetapi, kamu bisa membeli panting untuk oleh oleh yang bisa digunakan sebagai pajangan atau hiasan rumah.

 

8. Batik Sasirangan

 

Bagi kalian pecinta kain, jangan lupa untuk mampir ke kota Banjarmasin. Karena di kota ini terdapat jenis kain yang sangat terkenal, yaitu kain batik sasirangan.

Sasirangan merupakan batik yang dihasilkan oleh masyarakat Kalimantan Selatan khususnya di daerah Banjarmasin ini. Kain ini mempunyai berbagai motif yang sangat elegan diantaranya adalah sinapur karang (motif ombak yang menerjang batu karang), turun dayang (motif garis-garis), gigi haruan (gigi ikan gabus), naga balimbur (motif ular naga), dara manginang (motif remaja yang makan daun sirih), dan masih banyak lagi.

 

 9. Kaos Banjarmasin

 

Di Banjarmasin ada sebuah brand clothing yang terkenal dengan kaos khas Banjarmasinnya yaitu Hy-Munk. Disini kamu bisa mendapatkan kaos dengan berbagai gambar yang bertemakan kota Banjarmasin.

Gambar dan tulisan yang ada di design kaos ini dibuat dengan sangat kreatif dan bersifat lucu. Lagi pula kaos merupakan oleh-oleh yang sangat universal atau umum dan bersifat lebih tahan lama. Brand tersebut menyediakan berbagai macam jenis kaos Banjarmasin. Kamu tinggal pilih saja yang kamu suka

Jadi, tidak ada salahnya jika kamu membeli beberapa kaos khas Banjarmasin untuk dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga tercinta atau bahkan teman-teman kamu.

 

10. Batu Mulia

Jika kamu ke Banjarmasin, jangan lupa untuk mampir ke Kota Martapura. Kota ini dekat sekali dengan kota Banjarmasin. Di Martapura terdapat pusat penjualan batu mulia.Di kota ini kamu bisa mendapatkan aneka ragam bebatuan yang dijual dengan harga puluhan ribu sampai dengan harga yang milyaran rupiah. Kamu bisa menjadikan batu mulia sebagai oleh oleh atau dijadikan sebagai koleksi kamu dirumah.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

25 Macam Buah Khas Kalimantan

Asal Usul Tatto Dayak