in ,

10 Tempat wisata di Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi

tempat wisata di kalimantan barat

TEROKABORNEO.COM – Pulau Borneo atau yang kita kenal dengan pulau Kalimantan, merupakan pulau yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Di pulau tersebut terdapat 5 Provinsi yang memiliki keindahan wisatanya masing – masing. Ada tempat wisata di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan yang terakhir adalah Kalimantan Utara.

Masing – masing provinsi itu memiliki objek wisata yang bagus – bagus untuk dikunjungi oleh turis Mancanegara maupun turis Domestik. Karena pulau Kalimantan masih banyak hutan –  hutan yang masih lebat, tentunya masih banyak tempat – tempat wisata alam di sana yang relatif masih sangat terlindungi dan asri. Dari 5 provinsi tersebut provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu tempat yang menarik untuk kita kunjungi berwisata. Berikut adalah 10 Tempat Wisata di Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi.

 

Sungai Kapuas

Sungai ini merupakan sungai yang membentang dari Kota Pontianak sampai Kabupaten Kapuas Hulu, sungai ini juga merupakan sungai terpanjang di Kalimantan bahkan di Indonesia. Sungai ini juga sebagai lalu lintas air bagi masyarakat Kalimantan Barat. Dan juga sumber mata pencaharian. Sungai Kapuas ini kita bisa menikmati keindahannya dari Kota Pontianak. Di tepian sungai saat sore hari kita bisa menikmati anak – anak kecil yang sedang berenang bersama teman – temannya, serta kita bisa menikmati Sunrise saat pagi hari dari tepian Sungai Kapuas ini. Jadi, saat kamu dating ke kota Pontianak kamu wajib bersantai – santai di tepian Sungai Kapuas dan jangan lupa meminum air Sungai Kapuas, karena menurut mitos disana, jika kita meminum air sungai ini kamu bakalan kembali lagi untuk datang ke Sungai Kapuas.

Danau Sentarum

Danau ini terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, danau ini adalah danau terbesar di Kalimantan Barat dan memiliki luas 1.320 km². Didananu ini terdapat banyak sekali Satwa dan Fauna endemic yang berasal dari Kalimantan Barat, Salah satunya adalah Ikan Arwana dan Tengkawang Tengkal. Dan yang bikin semakin seru berlibur di danau sentarum ini adalah ketika surut. Jadi, Danau ini hanya akan dipenuhi air hanya 10 bulan dalam setahun, dan 2 bulan sisanya biasanya akan surut dan menjadi padang pasir yang sangat luas, kita serasa berada di padang pasir dan dapat bermain ditengah danau yang surut itu.

Pantai Tanjung Bajau

Terletak diselatan kota Singkawang Tanjung Bajau merupakan tempat wisata yang sednag ramai di kunjungi oleh wisatwan di Kalimantan Barat. Berjarak 3km dari kota Singkawang Tanjung Bajau merupakan tanjung yang terdiri dari bebatuan dan pasir yang juga menghubungkan 2 tempat wisata terkenal juga dia kota Singkawang, yaitu Pantai Pasir Panjang dan Sinka Zoo. Jadi, jika kita ke tempat wisata ini kita bisa menikmati 2 tempat wisata sekaligus, menyenangkan bukan?. Jadi, kalau ke Kalimantan Barat jangan lupa datang ke Pantai Tanjung bajau ini.

Bukit Kelam

Merupakan batu meteorid yang sangat besar dan telah tergeletak selama jutaan tahun, membuat Bukit Kelam menjadi tempat wisata yang sangat wajib dikunjungi jika anda datang ke Kalimantan Barat, terutama Kabupaten Sintang. Bukit Kelam merupakan batu terbesar nomor  1 didunia mengalahkan Ayers Rock di Australia. Bukit Kelam juga sering dijadikan tempat para pemanjat tebing untuk menunjukan Adrenalin mereka. Dan di bukit kelam juga terdapat Hutan yang sangat masih alami di bawah bukit, dan ada juga air terjunnya. Jadi, jangan lupa untuk mengunjungi Bukit Kelam. Bukit Kelam jelas sangat direkomendasikan sebagai salah satu tempat wisata di Kalimantan Barat yang wajib untuk dikunjungi, apabila kalian sedang berada di Kab. Sintang.

Air Terjun Pancur Aji

Air terjun ini terdapat di Kabupaten Sanggau, tepatnya di jalan Jendral Sudirman Sanggau. Perjalanan untuk sampai ke Air Terjun Pancur Aji ini cukup jauh namun diperjalanan kita akan banyak menemui pepohonan yang besar – besar dan mendpaat pengalaman berwisata ke dalam hutan. Awal sampai kita akan disambut dengan tangga 100, disebut tangga seratus karena memiliki 100 anak tangga, setelah itu kita akan sampai di sebuah taman yang Indah diatas, dan selanjutnya berjalan lagi beberapa menit, dan akhirnya sampai di Air Terjun Pancur Aji.

Bukit Jamur

Bukit ini bukanlah bukit yang banyak jamurnya ataupun bukit yang berbentuk jamur. Bukit Jamur terletak di Kabupaten Bengkayang yang memiliki ketinggian 500mdpl, memang tidak terlalu tinggi, namun jika kita berhasil sampai di puncak pada pagi hari, kita akan mendapati lautan awan yang begitu luas dan membuat hati kita tenang. Perjalanan untuk mencapai puncakpun terbilang tidak terlalu lama, sekitaran 2 – 3 jam saja. Namun, jika ingin mendaki tolong tetap menjaga alam ya, jangan buang sampah sembarangan.

Hutan Wisata Baning

Hutan yang terletak di Kabupaten Sintang ini merupakan salah satu tempat wisata di Kalimantan Barat yang belum terelola dengan baik. tempat ini sebenarnya merupakan kawasan hutan yang dilindungi, karena masih banyak sekali pohon – pohon langka di dalamnya serta Satwa yang lucu – lucu seperti Kelampiau. Saat kita menulurusi hutan ini kita serasa seperti menjelajah hutan belantara. Yang hebatnya hutan ini berada di tengah – tengah Kota Sintang, itulah keunikannya.

Tugu Khatulistiwa

Tempat wisata di Kalimantan Barat berikutnya ialah Equator Monument atau yang kita kenal sebagai Tugu Khatulistiwa merupakan tempat wisata yang akan seru dikunjugi setahun sekali, atau ketika matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa. Dimana kita akan berwisata dan merasakan berwisata tanpa ada bayangan di bawah kita. Seru bukan?

Taman Bougenville

Tepatnya di kaki bukit Gunung Pasi. tampat wisata di Kalimantan Barat yang satu ini merupakan Kawasan wisata ini yang terasa begitu asri karena dikelilingi oleh hutan dan perkebunan. Taman Bunga Bougenville ini menawarkan cita rasa berwisata yang bernuansa kekeluargaan, dimana kita dapat makan di taman bersama keluarga sambil membawa bekal kita dari rumah.

Pantai Kura – Kura

Pantai ini terletak di Kabupaten Bengkayang, Sekitar 3 jam perjalanan dari Kota Pontianak menuju Tanjung Gundul. Sesampainya disana kita akan ketemu dengan 2 Cottage dan 1 Dangau. Satu Cottage dipergunakan untuk tempat tinggal, disitulah pemilik dan pengelola Pantai Kura Kura menetap. Satu Dangau dan Cottage diperuntukan bagi turis ataupun tamu yang berkunjung ke sana. Dalam Cottage berukuran 7 x 10 meter ada dua kamar, sedangkan di Dangau tidak ada kamar.Di pantai ini kita akan melihat lau natuna dan beberapa pulau kecil terlihat dengan jelas.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Jajanan Khas Kalimantan Barat

Jajanan Khas Kalimantan Barat, Sudah Pernah Coba ?

tugu khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa, Maskot dan Tempat Wisata di Pontianak