in ,

12 Tempat Wisata Wajib di Kalimantan Timur

TEROKABORNEO.COM – Provinsi Kalimantan Timur yang memiliki beribu kota di Samarinda menyimpan potensi wisata yang tak kala menakjubkan dibandingkan provinsi-provinsi lain di Indonesia.  Di sebelah timur Provinsi Kalimantan Timur, membentang langsung Selat Makassar yang memisahkan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Wisata Kalimantan Timur banyak memiliki kekayaan flora dan fauna yang bisa ditemui di wilayah ini. Hutan yang ada di Pulau Kalimantan, termasuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur, bahkan menjadi paru-paru dunia berkat luas wilayah dan rimbunnya vegetasi yang tumbuh disana.

Sebagai daerah yang terkenal dengan produksi minyak dan kayu terbesar ke-dua di Indonesia, banyak juga pesona wisata dari mulai alam sampai bahari yang dapat ditemukan di Kalimantan Timur. Kalimantan Timur juga menyimpan banyak pesona wisata lain yang tak kalah eloknya. Berikut adalah daftar tempat wisata di Kalimantan Timur:

1. Pulau Kakaban (Danau Ubur Ubur )

Danau Ubur-Ubur adalah daya tarik utama pulau ini. Danau tersebut berisi campuran air hujan dan rembesan air laut dari pori-pori tanah yang membentuk suatu habitat endemik bagi ubur-ubur. Ada 4 jenis ubur-ubur di danau ini yaitu Mastigias Papua, Casiopea, Aurelia, dan Golden Jellyfish. Wisatawan bisa menikmati diving atau snorkeling di danau ini hanya dengan biaya Rp 20.000 saja dapat menikmati keindahan yang ada. Perairan laut Pulau Kakaban juga kaya akan berbagai biota laut seperti ikan barakuda, white tip, hammer shark, badut, dan berbagai deretan koral terumbu karang yang sangat cantik.

2. Batu Dinding

Sepanjang perjalanan menuju Batu Dinding, wisatawan akan dimanjakan dengan keelokan pemandangan alam yang sangat asri dan cantik dengan rimbunan hutan, tanaman anggrek liar di sepanjang jalan, dan pemukiman rumah-rumah adat yang di diami penduduk asli Kalimantan Timur di sepanjang pesisir sungai Mahakam.

3. Taman Rekreasi Lembah Hijau

 

Fasilitas outbond dan wahana permainan yang ada berbagai jenis seperti flying fox, waterboom, dan jarring panjat juga tersedia. Tiket masuk ke taman ini adalah Rp 5.000/orang dan bila ingin menikmati fasilitas outbondnya wisatawan dapat dikenakan biaya Rp 180.000/orang.

4. Kawasan Wisata Bukit Bingkirai

Daya tarik Bukit Bangkirai yang dimiliki  adalah dengan adanya sebuah jembatan bernama Jembatan Tajuk yang terbentang sepanjang 64 meter diatas ketinggian 30 meter. Jembatan kanopi ini menghubungkan 5 pohon bangkirai besar dan dibuat oleh arsitek asal Amerika Serikat di negara asalnya. Jembatan kanopi ini adalah yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan kedelapan di dunia. Untuk bisa naik dan berjalan meniti jembatan ini, wisatawan dikenakan tarif Rp 15.000 untuk lokal Rp 30.000 untuk turis mancangera. Dari jembatan ini, wisatawan bisa menyaksikan indahnya formasi Tajuk Tegakan Dipterocarpaceae yang merupakan ciri dari hutan hujan tropis yang menjadi keunikan yang ada di Kalimatan Timur.

5. Goa Losan

Goa ini sangat luas dan berkelok-kelok sehingga bila wisatawan nekat ingin menyusuri goa ini sampai tuntas, waktu yang dibutuhkan tidak tanggung-tanggung, yaitu 10 hari! Sehingga kita harus banyak melakukan banyak persiapan . Harga tiket masuk ke goa ini sangat murah hanya Rp 5.000/orang. Konon  didalam goa terdapat tembusan-tembusan dari tempat satu ke tempat lainnya yang berupa serambi-serambi yang cukup luas didalamnya.

6.Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Desa Muara Kuaro, Kecamatan Muara Komam, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Lokasinya dapat ditempuh dalam waktu sekitar lima jam perjalanan dari kota Balikpapan.

Liang Mangkulangit bermakna Goa Mengangkat Langit. Nama tersebut sangat cocok karena bentuknya yang menjorok ke atas seolah-olah sedang mengangkat langit. Liang Mangkulangit merupakan sebuah gunung batu yang berfungsi menjadi dinding dan atap bagi Sungai Kandilau. Selain kemegahan dinding dan tebing batunya yang cukup tinggi, pesona alam di kawasan ini masih alami dan asri. Termasuk berbagai satwa yang ada dan deretan pohon besarnya. Sebagian bebatuan terbalut dengan lumut hijau. Belum lagi suara tetesan air yang jatuh dari bebatuan. Semakin menambah daya tarik dan pesona kawasan ini.Untuk menuju ke kawasan ini, dari Kota Balikpapan dibutuhkan waktu selama 5 jam. Pengunjung dapat mencapai kawasan ini dengan menyewa perahu motor yang menuju ke arah hulu sungai tempat liang ini berada dengan waktu tempuh kurang lebih selama.

7. Samboja Lodge

Ingin merasakan sensasi baru untuk dapat menginap di tengah hutan didalam sebuah bangunan khas suku Dayak yang merupakan suku asli Pulau Kalimantan? Jangan lewatkan kunjungan wisata Anda ke Samboja Lodge ini. Samboja Lodge adalah sebuah area penginapan eksklusif yang letaknya berada di daerah Kutai Kartanegara yang berada tepat di tengah hutan hujan tropis Kalimantan. Desain penginapan ini berarsitektur kayu dengan ukiran khas suku Dayak dan langsung menghadap pemandangan hutan Kalimantan. Sensasi yang dirasakan tamu benar-benar luar biasa.

8. Jantur Inar

Berjarak kira kira 30 kilometer dari pusat kota Sendawar. Buat menuju tempat ini akan di raih bersama memanfaatkan kendaraan roda ataupun empat & & jalan ke sana teramat baik sebab telah diaspal bersama memakan dikala lebih kurang 1 jam.

Air terjun ini berada di kiri jalan menuju Dempar, ibukota kecamatan Nyuatan, bakal kelihatan papan nama Jantur Inar yg terpampang dgn terang. kira kira 400 meter perjalanan dilanjutkan lewat jalan tanah sampai tiba di ruangan. Utk hingga ke basic air terjun ini mesti turun ke bawah melintasi kurang lebih 200 anak tangga yg berjarak 20 centi meter satu sama lain.

9. Pantai Melawai

Pantai Melawai menjadi ikon atau tempat nongkrong muda-mudi yang tinggal di Balikpapan serta pariwisata di pulau Kalimantan Indonesia. Tempat ini menjadi terkenal karena lokasinya yang mudah di jangkau serta pemandangan khas kota Balikpapan yang terpampang setiap hari seolah-olah pantai ini merupakan cerminan Kota Balikpapan itu sendiri.

Cerminan itu terlihat dari berbagai aktivitas dan berbagai fasilitas dan bangunan yang terjadi dan berdiri di sekitar pantai ini. Jika kita memandang kearah laut Anda akan disajikan pemandangan laut lengkap dengan kapal berbagai jenis dan ukuran, mulai dari perahu nelayan, kapal-kapal tongkang dan berbagai kapal tanker serta tak luput juga kegiatan bongkar muat di Pelabuhan Semayang.

Jika kita memandang ke arah daratan Anda akan menyaksikan keramaian lalu lintas yang melintasi Jalan Jendral Sudirman di mana pantai ini berada, gedung-gedung dan kantor-kantor berbagai perusahaan tambang, hotel, kafe dan berbagai bangunan lainnya tumbuh subur di sekitar pantai Melawai menjadikannya sangat unik dan sulit untuk dilewati begitu saja.

Pantai Melawai bukanlah pantai secara harfiah yang memiliki pasir putih dan berbentuk landai. Pantai Melawai merupakan bibir laut yang dibatasi oleh batu karang serta tembok beton yang terlintas diatasnya jalur transportasi darat.

10. Hutan Mangrove Margomulyo

Bila datang di pagi hari, wisatawan dapat melihat hewan bekantan yang bertengger di pohon-pohon bakau. Deretan pohon yang rimbun dan hijau membuat batin terasa damai dan mata pun sejuk oleh pemandangan yang menentramkan. Wisatawan bisa berjalan-jalan mengelilingi hutan dengan menyusuri jembatan-jembatan kayu yang memutari hutan ini. Letak dari hutan mangrove ini ada di kota Balikpapan dan bisa ditempuh selama 20 menit dari pusat kota.

11. Pulau Beras Basah

Pulau Beras Basah merupakan pulau kecil yang berlokasi di Selat Makassar, sebelah timur Pulau Kalimanta. Saat ini, pulau berpasir putih ini ramai dibicarakan keindahan pemandangan bawah lautnya, sehingga menarik minat wisatawan untuk menyelam di sana.

Nama Beras Basah diambil dari kata “Beras” dan “Basah” atau bisa ditafsirkan sebagai beras yang selalu basah. Nama ini disematkan pulau kecil ini karena menurut cerita rakyat yang berkembang, pada jaman dulu kala ada kapal pengangkut bahan pangan  milik kesultanan Kutai yang berlayar dan tenggelam di Selat Makassar.

Kapal pengangkut beras tersebut kemudian karam dan beras-beras muatan tenggelam ke dalam laut. Lama-kelamaan sebagian beras yang tidak tenggelam menjadi semacam gundukan. Gundukan beras inilah yang kemudian diyakini sebagai cikal bakal warna pasir putih yang ada di pulau Beras Basah.

12. Danau Labuan Cermin

Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk Kalimantan Timur yang bisa ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari ibukota Kabupaten Berau, Tanjung Redeb, Kalimantan Timur. Meski perjalanan cukup jauh, rasa lelah akan segera terobati begitu melihat keindahan alam yang ada di Labuan Cermin.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

9 Tempat Wisata Wajib di Kalimantan Barat

Rumah Adat Kalimantan Tengah