in , ,

28 Makanan Khas Kota Banjarmasin yang Wajib Dicicipi

TEROKABORNEO.COM – Banjarmasin diberkati dengan kekayaan laut yang tak sedikit, kota Banjarmasin juga menyimpan berbagai objek wisata yang bisa menjadi tempat traveling yang dapat memberikan kesan tersendiri bagi wisatawan yang pergi ke kota ini. Apabila kamu memiliki kesempatan untuk pergi ke kota ini  jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Banjarmasin yang tersebar di warung-warung makan yang ada di kota ini. Berikut kekayaan kuliner di kota seribu sungai ini:

1. SOTO BANJAR

Soto banjar kuahnya lebih bening, meskipun ada juga soto banjar yang berkuah keruh. Uniknya, soto banjar ini tidak disajikan dengan nasi, melainan dengan ketupat, tidak menggunakan kunyit, melainkan kayu manis. Hal tersebut menyebabkan warna kuahnya tampak lebih bening, tidak kekuningan seperti soto dari daerah lain. Untuk isiannya, soto banjar tidak hanya disertai dengan soun dan suiran daging ayam, tetapi juga diberi tambahan perkedel dan irisan telur setengah matang sehingga menambah keunikan dari makanan khas Banjarmasin ini. Untuk pemanis tampilan dan penyedap rasa, digunakan taburan daun bawang, bawang goreng, dan irisan jeruk nipis.

2. SOP MUTIARA

Di Banjarmasin, Sop mutiara sebenarnya merupakan sajian yang berasal dari budaya Tionghoa, namun mengalami sedikit modifikasi rasa sehingga cocok di lidah orang Indonesia. Sop mutiara bukan terbuat dari sagu, mutiara ini adalah bakso ukuran kecil yang disajikan bersama kuah dan kentang serta diberi bumbu bawang putih halus. Kamu bisa mencoba sop mutiara ini. Bakso yang digunakan dibuat dari daging ayam yang digiling yang kemudian dicampur dengan kentang dan bawang putih halus. Tekstur baksonya lembut, tapi tidak selembut bakso ikan. Bicara mengenai rasanya, sop mutiara mempunyai cita rasa gurih yang dihasilkan dari perpaduan antara susu, tumbukan bawang merah, bawang putih, dan pala.

3. CACAPAN ASAM

Cacapan asam makanan ini mempunyai campuran rasa pedas, manis, asam dan gurih ini biasa dijadikan makanan pendamping hampir di setiap jenis kuliner khas Banjarmasin, terutama masakan yang diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau diasinkan. Makanan yang cara makannya dengan cara dicocolkan ini mudah anda temukan di warung makan maupun restoran yang ada di Banjarmasin.  Dalam bahasa Banjar, cacapan berarti cocolan. Jadi cacapan asam menurut orang Banjar adalah cocolan asam.

4. SAMBAL ACAN

Selain cacapan asam, ada lagi makanan terkenal di Banjarmasin serupa lainnya yang diberi nama sambal acan. sambal acan yang serupa dengan cacapan asam. Dulu sambal acan disajikan diatas piring, namun begitu terkenal sambal acan tersedia dalam kemasan botol sehingga bisa anda beli di warung makan maupun toko oleh oleh. Sambal ini tidak menggunakan air sehingga bisa bertahan lama dan dijadikan oleh oleh yang beda dari lainnya.

5. IKAN SELUANG GORENG

Ikan seluang merupakan ikan sungai yang mudah ditemukan di Banjarmasin. Ikan seluang sebenarnya merupakan ikan teri yang berukuran sedikit lebih besar. Di Banjarmasin, ikan ini digoreng untuk dijadikan lauk maupun cemilan. Biasanya wisatawan membeli ikan seluang goreng ini untuk dijadikan buah tangan.

6. IWAK KARING SAPAT

Iwak karing sapat adalah camilan atau pelengkap makanan asli Banjarmasin yang terbuat dari ikan sepat. Ikan sepat banyak ditmeui di sungai-sungai Kalimantan Selatan. Iwak karing sapat dimasak dengan cara digoreng. Ketika disantap, ikan sepat yang berbadan tipis dan tanpa lemak ini akan menjadi camilan renyah yang gurih dan nikmat. Ikan ini digoreng tanpa menggunakan bumbu sehingga rasanya sangat gurih.

7. BUBUR BAAYAK

Mungkin kamu sudah tidak asing dengan bubur sumsum, bubur candil, dan bubur kacang hijau. Tapi ketika di Banjarmasin, kamu akan mengetahui kuliner khas Banjarmasin berupa bubur baayak. Bubur baayak merupakan makanan tradisional khas Banjarmasin yang memiliki tampilan warna cokelat dengan cita rasa yang berpadu antara manis dan gurih.

Bubur baayak terbuat dari tepung beras, gandum, dan campuran air. Tekstur buburnya kental dan di dalamnya terdapat butir-butiran tepung. Warisan kuliner tradisional Banjarmasin ini dinamakan bubur baayak karena saat dibuat adonan tepungnya disaring sambil digoyang-goyang agar menjadi kalis. Proses penyaringan sembari menggoyang-goyang ini dalam bahasa Banjar disebut ayak. Oleh karena itu makanan khas Banjarmasin ini mempunyai nama bubur baayak.

8. KETUPAT KANDANGAN

Ketupat merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang cukup terkenal juga. Sajian kuliner ketupat kandangan menggunakan kuah yang keruh berasa dari santan. Tekstur ketupat kandangan lebih keras dibanding ketupat lainnya. Namun, rasanya tidak kalah dengan rasa ketupat lainnya, apalagi ditambah dengan ikan dan telur saat disajikan.

9. APAM BARABAI

Apam barabai adalah makanan asli dari kota Barabai, salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan. Di Banjarmasin, kue apam barabai juga dikenal sebagai makanan ringan untuk pengganjal perut sebagian besar orang. Kalau kamu ingin berkeliling menikmati pesona alam Banjamasin, tidak ada salahnya untuk membawa apam barabai sebagai teman makan di perjalanan.

Apam barambai dikenal sebagai makanan ringan yang mampu mengganjal perut. Terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula merah atau putih, dan ditambah dengan tape singkong. Bentuknya bulat dan tipis. Kue basah yang satu ini rasanya legit. Cocok anda jadikan teman perjalanan selama berada di Banjarmasin.

10. IKAN PATIN GANGAN ASAM

Sayur khas Banjarmasin yang satu ini menggunakan ikan gabus atau ikan haruan sebagai isinya. Selain itu karena Banjarmasin kaya akan ikan patin, maka biasanya sering diganti dengan ikan patin. Sayur ini berwarna kuning dan rasanya campuran antara asam, gurih, dan segar yang menggugah selera.

Di rumah makan yang tersebar di Banjar, sayur ini mudah didapati. Kamu bisa menikmati semangkuk ikan patin gangan asam dengan harga Rp15.000-an untuk satu porsinya. Ikan patinnya yang besar-besar ditambah dengan nasi putih hangat.

11. NASI ITIK GAMBUT

Berikutnya, ada nasi itik gambut. Ini adalah makanan khas Banjarmasin yang mempunyai karakteristik tersendiri. Rasanya sangat melekat dengan lidah masyarakat Banjar. Makanan ini dinamakan nasi itik gambut karena berasal dari sebuah daerah di Banjarmasin yakni Gambut. Di Gambut cukup banyak warung yang menjual nasi itik gambut yang bisa kamu sambangi untuk merasakan kenikmatan dari masakan khas orang Banjar ini.

Nasi itik gambut merupakan sajian kuliner khas Banjarmasin yang unik. Jika anda ingin menikmati kuliner ini datang saja ke wilayah Gambut karena Gambut merupakan sentra penjualan nasi itik. Satu porsi dijual dengan harga 13 sampai 20 ribu rupiah saja. Nasi ini mempunyai rasa balado dan sedikit manis.

12. MANDAY

manday yang terbuat dari kulit cempedak atau tiwadak dalam bahasa Kalimantan. Kulit tersebut diawetkan dalam waktu yang lumayan lama dengan cara dicampur garam dan didiamkan ditempat tertutup. Semakin lama diawetkan, maka rasanya semakin enak. Manday biasanya dimasak dengan cara digoreng, namun ada juga yang memasaknya dengan cara dibakar.

13. NASI KUNING KHAS BANJARMASIN

Nasi kuning banjar lebih sering menggunakan beras pera, bukan beras pulen seperti pada umumnya. Untuk bumbunya, orang Banjar mempunyai selera berbeda dengan orang Jawa. Kalau biasanya di tanah Jawa nasi kuning terasa lebih harum karena diberikan daun salam dan serai, maka nasi kuning banjar menggunakan sedikit bumbu. Rempah yang digunakan antara lain kunyit untuk mewarnai nasi alami dan daun pandan sebagai penambah aroma.

Di samping bahan-bahan yang berbeda, makanan khas Banjarmasin yang satu ini juga mempunyai cara saji yang berbeda. Di tempat-tempat lain, nasi kuning umumnya menggunakan orek tempe dan aneka lauk lain. Sementara di daerah Banjar, nasi kuning disajikan bersama lauk bumbu habang atau bumbu merah dan serundeng untuk pelengkap dan pemberi cita rasa gurih.

14. LONTONG ORARI

Lontong orari mempunyai bentuk seperti segitiga yang lebar dan pipih. Lontong orari disajikan dengan siraman kuah opor nangka muda. Meskipun kelihatannya porsinya tidak terlalu banyak namun lontong orari termasuk makanan kelas berat karena terkadang beberapa orang tidak bisa menghabiskan satu porsi lontong orari yang terdiri dari dua buah lontong dalam satu porsi.

15. BINGKA

Bingka adalah makanan khas Banjarmasin berjenis kue yang populer di tanah Banjarmasin. Kue bingka biasanya disantap sebagai takjil oleh orang-orang dari suku Banjar. Kue yang biasa dijadikan sebagai oleh-oleh ini mempunyai bentuk bunga berkelopak enam, bundar, atau persegi yang dipotong-potong. Kue bingka khas Banjarmasin mempunyai tekstur yang legit dan lembut.

Bicara mengenai rasanya, kue ini sudah pasti enak, manis, dan gurih. Selain itu, ada juga berbagai varian rasa yang tersedia mulai dari original, tape, kentang, pandan, kelapa, nangka, labu, cokelat, keju, dan pisang. Di Banjarmasin, ada beberapa macam kue bingka, seperti kue bingka panggang dan kue bingka kukus atau bingka berandam. Warna kue bingka juga beragam, mulai dari kuning, kuning kecokelatan, dan hijau.

16. GANGAN HUMBUT

Selanjutnya ada gangan humbut yang memiliki rasa manis. Meskipun rasanya manis namun gangan humbut ini nikmatnya disantap bersama dengan nasi putih hangat. Gangan humbut berbahan baku nyiur atau pohon kelapa yang diolah menjadi sayur dan dijadikan makanan wajib yang harus disajikan saat ada acara hajatan.

17. SATE TULANG

Selanjutnya ada sate tulang yang merupakan favorit hampir sebagian masyarakat Banjarmasin. Sate ini bukan menggunakan tulang yang dibakar, melainkan memakai bagian tubuh ayam yang tidak digunakan dalam memasak misalnya leher, kulit, dan lemak ayam. Sajian ini lebih nikmat karena disiram dengan bumbu habang yang mempunyai rasa pedas dan sedikit manis.

 

18. OTAK-OTAK IKAN PIPIH

Kamu pasti sudah pernah merasakan kelezatan dari otak-otak. Makanan ini mudah ditemui di berbagai daerah sehingga belum diketahui secara pasti dari mana makanan ini berasal. Di Banjarmasin, kamu bisa mencoba otak-otak khas Banjarmasin yang terbuat dari ikan belida atau ikan pipih, bukan ikan tenggiri. Ikan belida sendiri adalah ikan yang banyak ditemui di sungai Kalimantan Selatan. Ikan belida atau ikan pipih mempunyai kandungan gizi yang cukup banyak dan berkadar tinggi.

19. ITIK PANGGANG

Itik adalah ternak unggulan dari kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan. Hewan ini diolah sedemikian rupa oleh orang Banjar sehingga menjadi masakan khas dari kota Banjarmasin. Jika di daerah-daerah lain itik digoreng, maka di Banjarmasin itik dipanggang. Sebelum dipanggang, itik biasanya direbus terlebih dahulu sehingga dagingnya terasa lebih empuk dan beraroma gurih.

Bumbu yang digunakan untuk menambah aroma dari itik sebelum dipanggang biasanya menggunakan campuran gula merah, gula pasir, dan air yang kemudian disiramkan ke daging itik. Setelah disiram, itik yang sudah direbus akan langsung dipanggang menggunakan arang kayu. Jika kamu sudah tidak tahan ingin menjajal kenikmatan makanan khas Banjarmasin ini, kamu bisa mendatangi salah satu warung yang terkenal dengan itik panggang tanpa tulangnya yakni Warung Hj. Ani yang berada di Jl. Sultan Adam RT 17 No. 9.

20. HAMPAP

Berbahan dasar ikan haruan yang telah dijemur setengah kering kemudian dimasak dengan bumbu khusus, hampap mempunyai rasa yang sangat lezat. Satu porsi hampap selain berisi ikan gabus, juga diberi tambahan isi berupa pucuk labu, labu kuning, dan juga kacang panjang. Hampap biasanya disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat.

21. GANGAN PALIAT

Makanan khas Banjarmasin berikutnya ada gangan paliat yang terbuat dari ikan baung atau ikan gabus dan bisa diganti dengan udang. Gangan paliat merupakan olahan ikan yang dimasak dengan rempah-rempah dengan cara ditumis dengan sedikit minyak.

22. PENGKANG

Kue pengkang yang unik khas Banjarmasin ini terbuat dari ketan yang diisi dengan udang ebi. Mirip dengan makanan lemper dari Jawa namun berbeda dari bentuknya. Bentuk pengkang adalah segitiga dan dimakan dengan saus kerang pedas.

23. SATE PAYAU

Sate payau yang terbuat dari daging rusa yang diberi bumbu kacang dan kecap. Rasa daging rusa yang khas dan diolah sedemikian rupa akan membuat anda tidak sadar jika sedang memakan daging rusa karena teksturnya sama dengan daging ayam lainnya.

24. KERUPUK BASAH

Mirip dengan pempek palembang karena bahan dasarnnya sama. Hanya saja kerupuk basah dimasak dengan cara dikukus. Rasanya juga mirip dengan pempek yang belum digoreng.

25. KUE RANGAI

Oleh oleh makanan khas Banjarmasin berikut mempunyai rasa gurih dan manis. Kue yang terbuat dari kelapa dan sagu ini mungkin terlihat biasa saja, namun rasanya dijamin akan membuat anda ketagihan. kue ini dijual di banyak toko oleh oleh yang tersebar di Banjarmasin.

26. LAKSA

Laksa khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung beras dan disiram kuah santan kental yang gurih. Ditambah lagi dengan isian ikan gabus seperti ketupat kandangan. Laksa biasanya disajikan pada acara acara khusus, namun sekarang sudah banyak pedagang laksa yang berjualan di warung makan atau kaki lima.

27. BOBONGKO

Satu lagi jajanan khas Banjarmasin yang terbuat dari tepung beras dan santan yang dibungkus dengan daun pisang. Teksturnya lembut dengan isi gula merah dan pisang. Bobongko ada dua jenis, yaitu bobongko sagu dan bobongko gula merah yang rasanya sama sama enak.

 

28. ES NANGKA SELASIH

Terakhir ada minuman khas Banjarmasin yang sangat terkenal, yaitu es nangka selasih. Sepeti namanya, minuman ini terbuat dari nangka dan selasih. Cara membuatnya mudah pertama campurkan gula pasir dan garam ke dalam air yang mendidih. Kemudian rendam potongan nangka ke dalam air kapur sirih selama beberapa menit, setelah itu cuci dan tiriskan. Selanjutnya masukkan nangka tersebut ke dalam larutan air dan gula tadi selama kurang lebih dua jam. Nah, es nangka selasih siap disajikan dengan terlebih dulu ditambah sedikit selasih beserta air jeruk.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Ditengah Kota Sintang Terdapat Wisata Hutan yang Eksotis

Air Terjun Selomon Kalimantan Utara yang Wajib Dikunjungi