in ,

6 Oleh Oleh Khas Samarinda

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan sebagai salah satu pulau di negara Indonesia dan menjadi pulau ketiga terbesar di dunia, kita harus bangga dengan kekayaan pulau yang dimiliki oleh negara kita. Ada ribuan pulau yang dipunyai oleh Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan yang terkenal dengan pasar apungnya yang unik.

Kalimantan mempunyai 5 provinsi yaitu kalimantan selatan, utara, barat, timur dan tengah. Semua provinsi pasti mempuyai keunggulan dan kekayaan yang berbeda contohnya adalah buah tangan atau oleh-oleh. Kali ini akan dibahas berbagai macam referensi oleh-oleh khas Samarinda provinsi Kalimantan Timur dikenal sebagai Kota Tepian:

1. Gula Gait

Gula Gait adalah makanan khas kalimantan yang terbuat dari Gulan Aren dan Gula putih semacam karamel dan dibentuk menyerupai tekstur kayu dengan warna keemasan. Rasanya menggoda di lidah karena manisnya yang sangat legit. Proses pembuatan Gula Gait hampir mirip dengan membuat Gulali namun di proses akhirnya yang membedakan . Proses pembuatan Gula Gait terbilang tidak mudah dan dibutuhkan waktu yang tidak sebentar serta tenaga yang ekstra untuk mengaduk dan menarik adonan hingga mendapatkan tekstur dan warna yang diinginkan.

 

2. Keminting

Kue Keminting merupakan salah satu makanan khas di Samarinda. Keminting adalah kue yang terbuat dari tepung terigu, tepung kanji, gula jawa, gula pasir, sagu, dan santan kelapa. Makanan ni berbentuk seperti kemiri, kecil, bulat ,dan memiliki tekstur yang sedikit keras namun renyah saat digigit. Keminting memiliki rasa manis yang menggugah selera.

 

3. Sarung Samarinda

Sarung Samarinda atau Tajong Samarinda adalah jenis kain tenunan tradisional yang bisa didapatkan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Sarung ini ditenun dengan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) yang disebut Gedokan. Produk yang dihasilkan untuk satu buah sarung memakan waktu 15 hari. Ciri khas Sarung Samarinda adalah bahan bakunya yang menggunakan sutera yang khusus didatangkan dari Cina. Sebelum ditenun, bahan baku sutera masih harus menjalani beberapa proses agar kuat saat dipintal.

 

4. Kaos Samarinda

Saat ini udah banyak banget anak-anak muda Samarinda yang kreatif untuk menciptakan sesuatu yang menjual sekaligus memperlihatkan identitas daerah Samarinda. Contohnya saja seperti Aemtobe yang memasukkan unsur kain Sarung Samarinda ke dalam hasil baju yang dirancang serta seperti clothing line lokal seperti Ngeramput, Kaos Jukut dan lainnya yang mengusung celetukan-celetukan ataupun gambar-gambar yang mencirikan hal-hal khas Samarinda yang menghasilkan baju-baju yang cocok untuk dipakai sendiri ataupun dijadikan oleh-oleh.

 

5. Roti Durian Panglima

Roti Durian Panglima berbentuk bantal berjejer delapan potong, ditengahnya berisikan seperti selai durian. Wangi Roti Durian Panglima, harum dan khas. Aromanya menggugah selera mencicipi roti yang terbuat dari bahan tepung terigu soft wheat. Roti Durian Panglima merupakan produk perdana warga Samarinda, dijual dengan banderol Rp 25.000 per porsi. Varian Roti Durian Panglima, isi original durian dan isi durian diberi topping atau ditaburi keju.

6. Bolu Gulung Durian Panglima

Bolu Gulung Durian memiliki tekstur roti yang lembut, sangat lembut hingga terasa nikmat dimulai dari gigitan pertama. Selai durian dari buah durian asli merupakan ciri khas produk terbaru ini yang terhampar di lapisan tengah bolu gulung.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Asal Usul Tatto Dayak

16 Mobil dan Motor Mewah Abdul Latif Sitaan KPK