in , ,

9 Oleh oleh Khas Pontianak

TEROKABORNEO.COM – Berkunjung ke Pontianak tidak lengkap rasanya sebelum mencicipi kuliner dan oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Berbagai macam kuliner dan kue khas Pontianak tentu akan semakin menambah keseruan saat memberikan oleh-oleh tersebut ke saudara orang tua dan sahabat.

Namun sering kali kita menemui kesulitan dalam mencari oleh-oleh yang cocok untuk dibeli. Biasanya, wisawatan akan mengunjungi pusat perbelanjaan oleh-oleh yang ada di Pontianak berada di Jalan Pattimura. Di sepanjang jalan ini terdapat banyak kios yang menjajakan ragam oleh-oleh, dan bisa ditawar. Berikut ini adalah oleh-oleh yang ada di Pontianak.

1. Bingke


Kue yang menyerupai kelopak bunga ini memang sudah dikenal sejak lama. Bingke terbuat dari tepung beras, telur, gula, susu, santan, garam dan vanili. Sealin itu terdapat sejumlah rasa yang begitu nikmat di mulut seperti coklat, susu, keju, kentang, kacang hijau, durian, pisang, jagung, labu, nangka dan pandan.

Layaknya agar-agar, bingke memiliki tekstur yang lembut. Dia sendiri dibuat dengan cara dibakar atau dipanggang. Namun kue bingke memang tidak awet terlalu lama. Jika dia tidak disimpan dalam lemari pendingin hanya akan bertahan hingga pukul 24.00 WIB sejak dibeli. Namun apabila bingke dimasukkan dalam lemari pendingin maka akan tahan dalam waktu tiga sampai empat hari.

Harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal berkisar antara Rp15.000 hingga Rp40.000.Salah satu label Bingke yang terkenal adalah Bingke Al-Fajar yang berdiri sejak 1994 dan berada di Jalan Adi Sucipto. Gerai toko tersebut biasanya buka setiap hari dari pukul 07.00-22.00 WIB. Mereka akan tutup hanya di hari raya umat Islam.

 

2. Kopi Sepok

Bagi kalian penikmat kopi nusantara, Kopi yang satu ini sangat cocok untuk kalian jadikan sebagai oleh-oleh. Kopi Sepok merupakan salah satu brand kopi lokal Pontianak yang sudah cukup dikenal. Kopi ini dibuat dari kopi lokal pontianak yang sering disebut dengan kopi Kampong. Berdasarkan referensi para penikmat kopi,  Kopi Kampong khas pontianak merupakan salah satu kopi yang terbaik dari segi rasa.

Sepok sendiri merupakan istilah bahasa Melayu Pontianak yang digunakan untuk menyatakan bahwa seseorang itu kampungan atau udik. Sejalan dengan konsep kopi Kampong yang menjadi bahan unggulan kopi ini. Bukan hanya namanya yang kapungan, Kopi ini juga diolah dengan cara yang masih manual dan tradisional untuk menjaga cita rasa khasnya. Selain itu, diyakini kopi Kampong ini memiliki keunggulan yaitu tidak menyebabkan sakit maag dan sakit perut karena proses pengolahannya yang masih tradisional.

3. Cabe Kak Lina

Cabe Kak Lina terdiri dari beberapa varian yaitu: Cabe Tumis Ikan Asin, Cabe Siram, Cabe Bajak serta Cabe Cocol dan Cabe Belacan. Bagi kalian penggila pedas, tidak ada salahnya kalian harus mencoba Cabe Kak Lina yang merupakan produk sambal kemasan khas Pontianak. Oleh oleh khas pontianak yang satu ini sangat populer di kalangan anak muda dan pencinta sambal di Pontianak dan sekitarnya.

4. Amplang Ikan Tenggiri Liawara

Amplang merupakan makanan ringan tradisional daerah Kalimantan Barat secar

a Umum dan Pontianak secara khusus yang terbuat dari Ikan.

Amplang khas Kalimantan Barat dibuat dari bahan ikan Tenggiri. Bahan ikan tersebut kemudian dicampur dengan tepung tapiokan dan bumbu-bumbu lainnya. Camilan ini sangat populer dan menjadi primadona bagi masyarakat Kalimantan barat dan identik menjadi ikon oleh-oleh khas pontianak. Terdapat perbedaan antara Amplang Liawara ini dengan Amplang lainnya. Amplang yang selama ini dikenal sebagai makanan khas dan tradisional ditransformasi menjadi produk berkelas dan modern yang terlihat dari kemasannya yang ciamik. Sungguh kombinasi yang sangat baik antara rasa dan pengemasan.

5. Kritem

Jika kalian berkunjung ke Pontianak, jangan lewatkan untuk mencoba oleh-oleh khas pontianak yang satu ini yaitu snack Kritem. Snack unik ini merupakan camilan tradisional khas Pontianak yang sudah sangat populer. Dengan menggunakan Tempe lokal Pontianak dan proses pembuatannya yang khas, snack ini mampu memberikan image dan kesan baru dari tempe. Tentu kalian akan sangat bangga membawa camilan ini sebagai oleh – oleh unik untuk keluarga dan kerabat di kampung halaman.

6. Coklat Cempon

Cokelat CemPon (cemilan Pontianak) adalah coklat olahan lokal Pontianak. Ada berbagai varian rasa: dark, white,dan milk chocolate. Dan menariknya didalamnya di isi dengan lidah buaya dan kismis. Lidah buaya menambah cita rasa unik dan nimkat cokelat ini. Sangat direkomandasikan bagi kalian pecinta cokelat yang ingin menikmati cokelat dengan rasa yang berbeda.

7. Sirup Jeruk Najah

Najah adalah sebuah bisnis kuliner yang mengembangkan bahan baku lokal, yaitu jeruk sambal. Agar dapat membantu petani dalam mengelola jeruk sambal menjadi sirup Produk syrup Najah ini merupakan syrup lokal yang mulai menjadi primadona di Pontianak.Produk syrup ini berasal dari perisa jeruk sambal khas Pontianak yang menyegarkan. Membuat siapa saja yang meminumnya akan terlena dengan kenikmatan dan kesegaran yang diberikan. Selain itu minuman ini juga mengandung voatmin C yang tinggi dan tentunya sangat baik bagi kesehatan kalian.

8. Olahan lidah buaya

Jenis tanaman aloe vera itu memang menjadi salah satu tanaman yang dirawat oleh para petani untuk dijual. Beragam olahan lidah buaya tentunya diminati oleh masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Pontianak. Olahan lidah buaya tersebut biasanya berupa minuman, manisan yang menyerupai agar-agar, hingga dodol lidah buaya.

 

9. Brownies Durian

Para penggemar durian pasti sudah sangat falimiar dengan pancake durian, namun tahukan kalian Pontianak memiliki produk yang tak kalah nikmatnya yairu Brownies Durian. Produk ini memiliki kenikmatan yang lebih menyegarkan dibandingkan dengan pancake medan yang biasa kalian beli. Mulai dari segi kemasan hingga rasa.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

16 Mobil dan Motor Mewah Abdul Latif Sitaan KPK

5 Oleh oleh Khas Tarakan