in ,

Air Terjun Pancur Aji Liburan yang Menyegarkan Tubuh di Sanggau

TEROKABORNEO.COM – Objek wisata alam di Kalimantan Barat seakan tak ada habisnya dijelajahi. Salah satu yang wisata alam yang indah dan mudah dijangkau adalah Air Terjun Pancur Aji yang berada di Kabupaten Sanggau. Air terjun ini berada di kawasan wisata Pancur Aji, Jalan Pancur Aji, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Pancur Aji adalah sebuah kawasan perbukitan yang terletak di pinggiran teluk Sungai Kapuas di bagian hilir / pesisir barat Kota Sanggau, kawasan ini diapit oleh dua buah anak sungai yakni Sungai Monga di bagian hilir dan Sungai Mawang di bagian hulu, kedua sungai ini bermuara ke Sungai Kapuas.

Tak sulit mencapai air terjun ini. Jika benar-benar ingin mengunjungi lokasi wisata Pancur Aji, pengunjung tak akan di pusingkan dalam mencarinya, selain terletak di tengah Kota Sanggau, lokasi tersebut juga diketahui memiliki akses jalan yang lumayan baik. Traveler di sana bisa menyewa mobil melewati jalan raya yang beraspal mulus. Kemudian berbelok ke jalan kecil dengan plang bertuliskan Air Terjun Pancur Aji.

Fasilitas yang ada di wisata air terjun ini tidak hanya air terjunnya ada juga Riam Setapang, panggung hiburan, kolam ikan, 100 tangga hingga kandang rusa. Tapi saat itu kami memilih langsung melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Pancur Aji yang sudah dekat.

Aliran air terjun begitu deras. Suara gemuruh air jatuh terdengar jelas. Aliran airnya kembali melaju bersama sungai yang mengalir di bawah. Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, namun cukup lebar. Bisa dibilang mirip Niagara tapi versi mini.

Dilihat dari jauh air terjun tampak cantik, begitu pula dari dekat. Sejumlah traveler tampak berjalan perlahan di pinggiran sungai untuk mendekat ke air terjun. Batu-batu besar serta dasar sungai cukup licin dengan lumut. Harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

Di spot sebelah kiri air terjun pun pas sekali untuk spot foto. Traveler bebas berfoto di sini, apalagi saat air terjun sedang sepi jadi tak perlu khawatir photobomb turis lain. Namun tetap harus waspada jangan sampai terpeleset dan ponsel jatuh ke sungai.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Rumah Makan Wasaka Nusantara dari Awal Hingga Akhir

Mari Mengenal Rumah Adat Betang Kalimantan Tengah