in ,

Macam-macam Alat Musik Dayak Kalimantan yang Memukau

alat musik Dayak Kalimantan
Keledik, alat musik Dayak Kalimantan (gambar: senentangnews.com)

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan memiliki berbagai macam suku yang beraneka ragam. Salah satu nama suku yang paling sering kita dengar di Kalimantan adalah suku Dayak. Suku Dayak memang memiliki banyak ragam kesenian, di antaranya terdapat seni tari dan seni musik. Dalam berseni musik sudah barang tentu suku Dayak memiliki alat musik Dayak Kalimantan tersendiri yang juga terdiri dari bermacam-macam jenisnya. Sebagai rasa cinta kepada tanah air dan bangga akan warisan leluhur, suku Dayak sangat menjaga akan peninggalan dari nenek moyang mereka ini. Hal yang sekarang ini kembali dilirik sebagai medium dalam berekspresi dan ajang apresiasi seni di kalangan muda-mudi Kalimantan. Walaupun masih terhitung jarang, namun penggunaan seni musik tradisional peminatnya terus bertambah.

Alat musik Dayak Kalimantan sangat memukau dan merupakan bagian dari budaya suku Dayak. Seni tari tidak akan berjalan dengan semestinya jika tidak ada musik. Upacara spiritual juga memerlukan penggunaan musik sebagai media pengiringnya. Seperti saat memanggil roh dewa/leluhur yang diutus sang pencipta kehidupan dalam upacara adat tertentu.

Selain itu musik bagi suku Dayak bisa membuat ketenangan dan ketenteraman. Selain itu bisa dijadikan sebagai sarana berkumpul antar sub suku yang begitu beragam dan untuk menjaga kedekatan antar sub suku. Musik memang bahasa universal, keberadaannya terkadang memang dapat menyatukan berbagai macam sekat perbedaan antara tiap individu manusia. Maka dari itu, alat musik Dayak Kalimantan selalu dijaga dan diturunkan kepada anak cucu mereka.

Alat Musik Dayak Kalimantan

Berikut ini alat musik Dayak Kalimantan yang bisa dibilang cukup memukau jika dimainkan:

1. Alat Musik Sapek

Sapek Alat Musik Dayak Kalimantan (gambar: hadisukirno.co.id)

Alat musik Sapek memiliki nama lain sampe / sempe / sape’. Jenis alat musik milik suku Dayak ini merupakan jenis alat musik yang cara memainkannya dengan dipetik. Bentuk dari Sapek ini seperti dawai. Jika anda kebetulan sedang berkunjung ke Kalimantan maka alat ini banyak di jumpai di suku Dayak Kenyah dan Kayaan. Bahan yang ada di alat musik Sapek serta aksesoris yang melengkapinya mengandung arti yang kuat. Seperti pada bagian pangkal Sapek atau kepala, bentuk dari alat musik ini berupa hewan yang di anggap keramat oleh warga Kalimantan. Mitos yang beredar bahwa hal itu mengandung kekuatan untuk menolak bahkan mengalahkan sihir yang datang.

2. Alat Musik Agukng

Agukng Alat musik Dayak Kalimantan (gambar: wikipedia.org)

Bentuk dari alat musik Dayak Kalimantan yang satu ini menyerupai sebuah gong. Agukng merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan ditabuh menggunakan setik dari batang kayu. Alat musik ini banyak yang menganggap begitu sakral. Di seluruh pelosok suku Dayak agukng banyak ditemui. Apalagi saat upacara penyambutan kedatangan roh. Karena memang untuk hal ini agukng sering dimainkan. Kepercayaan masyarakat Dayak bahwa agunkng dapat mengusir roh jahat dan bisa mendatang para roh leluhur mereka. Selain sebagai alat musik manfaat dari agukng bisa untuk mas kawin. Hal lain agunkng bisa untuk alat pembayaran yang tentunya khusus buat hukum adat yang berlaku di Kalimantan Barat.

3. Alat Musik Kangkuang

Kangkuang alat musik Dayak Kalimantan

Alat musik Dayak Kalimantan jenis ini cara memainkannya juga dengan ditabuh / dipukul. Bahan pembutannya dari kayu yang diukir berdasarkan motif ciri khas dari Dayak Kalimantan. Di masyarakat daerah Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat kangkuang biasanya dibuat.

4. Alat Musik Keledik

Keledik, alat musik Dayak Kalimantan (gambar: senentangnews.com)

Bahan pembuatannya alat musik Keledik ini berupa buah labu, benang dan juga bambu. Proses pembuatannya dengan mengeluarkan isi dari buah labu. Pastikan labu yang dibuat untuk Keledik telah berusia 5 sampai 6 bulan. Setelah semua isi dikeluarkan labu ini di pendam ke dalam air kurang lebih selama 1 bulan. Setelah selesai direndam tinggal dikeringkan. Untuk memainkannya cukup dengan menghisap atau meniupnya.

5. Alat Musik Entebong

Entebong, alat musik Dayak Kalimantan. (gambar: tradisikita.my.id)

Entebong dibuat oleh suku Dayak Mualang yang tinggal di daerah sekitar Kabupaten Sekadau. Terbuat dari bahan dasar kayu dan kulit binatang, entebong ini sangat mirip dengan gendang. Untuk memainkannya bisa dengan cara ditabuh.

Suku Dayak memiliki banyak sekali tradisi dan macam-macam hal menarik yang bisa menjadi daya tarik wisatawan manca atau pun lokal untuk berkunjung. Sangat wajar karena ketekunannya menjaga warisan leluhur.

What do you think?

-1 points
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 40.000000%

Downvotes: 3

Downvotes percentage: 60.000000%

Alat Musik Sapek Kalimantan

Keunikan Alat Musik Sapek Kalimantan Sebagai Warisan Leluhur

Asal usul pulau Kalimantan

Asal Usul Pulau Kalimantan Hal-hal yang Perlu Kita Ketahui