in

Asal Usul Pulau Kalimantan Hal-hal yang Perlu Kita Ketahui

Asal usul pulau Kalimantan
Pulau Kalimantan (gambar: capture from Google Earth)

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan yang sekarang ini kita kenal dan diami merupakan pulau yang dinobatkan sebagai pulau terluas ketiga di dunia setelah pulau Greenland dan pulau Papua Nugini. Dengan konsentrasi hutan yang terbilang masih cukup banyak, maka tak mengherankan apabila di pulau ini kita masih dapat menjumpai banyaknya keanekaragaman hayati serta tempat-tempat eksotis yang indah. Di antara sekian banyak cerita-cerita mengagumkan yang pernah kita dengar atau pun baca tentang Kalimantan, tak jarang pula keindahan dan kekayaan alam yang dimilikinya juga menjadi korban hasrat dan ambisi serakah orang-orang yang mengeruk keuntungan pribadi dan merusak alam Kalimantan. Kalimantan memang punya banyak sisi untuk dikupas tak terkecuali soal asal usul pulau Kalimantan itu sendiri. Riwayat pulau Kalimantan dan banyak pulau lainnya pada zaman dahulu ternyata memang banyak menyimpan cerita yang sangat menarik sekali.

Asal usul pulau Kalimantan tidak terlepas dari kejadian sejarah yang membentuknya di masa lalu. Cerita dalam menggambarkan pulau Kalimantan banyak sekali versinya. Yang pasti dari versi mana saja cerita dari asal usul pulau Kalimantan ini hampir kurang lebih sama. Untuk lebih mengetahui lebih lanjut mengenai adanya pulau Kalimantan ini mari kita simak informasi berikut.

1. Dikenal dengan Sebutan Borneo

Pada zaman kolonial Inggris dan Belanda, mereka menyebut Kalimantan dengan sebutan Borneo. Nama tersebut berasal dari nama kesultanan Brunei yang pada saat itu secara keseluruhan menyebutnya pulau Borneo. Untuk kawasan timur, Kalimantan adalah nama yang digunakan untuk menyebut pulau yang juga masuk dalam wilayah Indonesia. Penyebutan Borneo dan Kalimantan memiliki perbedaan khusus mengenai pembagian wilayahnya. Borneo mencakup wilayah semua Kalimantan dan daerah sekitar seperti Sabah, Brunei dan Sarawak yang masih masuk wilayah ini. Beda cerita dengan penyebutan Kalimantan karena wilayahnya hanya sebatas yang dimiliki Indonesia saja karena Brunei sudah merupakan sebuah negara tersendiri.

2. Wilayah Pulau Kalimantan di Masa Dulu

Pulau Kalimantan yang memiliki banyak nama dari cerita sejarahnya pada zaman dahulu wilayahnya terbagi menjadi 3 kerajaan. Banjarmasin, Brunei dan Tanjungpura merupakan 3 kerajaan besar yang mempunyai dan membagi wilayah Kalimantan pada masa itu. Memang pada saat dulu Kalimantan lebih dikenal dengan nama Borneo, namun bukan berarti nama Kalimantan tidak dikenal. Hal itu terlihat ketika surat dari Pangeran Tamjidillah kepada pihak Belanda dengan menyebutnya sebagai pulau Kalimantan dan bukan pulau Borneo. Itu sudah membuktikan bahwa waktu dulu nama Kalimantan juga sudah sering disebut dan digunakan pada masa kolonial Inggris dan Belanda.

3. Nama-nama untuk Pulau Kalimantan

Dalam sejarah asal usul pulau Kalimantan memang sering disebut dengan menggunakan banyak sekali sebutan nama. Pada masa kerajaan Singasari Kalimantan disebut dengan Bakulapura yang bermakna sebuah jajahan yang berada di sebelah barat daya Kalimantan. Pada naskah-naskah kuno Melayu Kalimantan dikenal dengan sebutan Nusa Kencana. Untuk sebutan yang lainnya Kalimantan dikenal dengan nama pulau Banjar.

4. Urutan Pembentukan Provinsi

Setelah mengalami perjalanan dengan proses yang cukup lama. Pada akhirnya terbentuklah beberapa provinsi khususnya wilayah Indonesia yang berada di pulau Kalimantan. Berdasarkan urutannya pembagian provinsi tersebut adalah mencakup.

  • Kalimantan Selatan yang beribukota di Banjarmasin. (14 Agustus 1950)
  • Kalimantan Barat yang memiliki Ibukota yaitu Pontianak. (1 Januari 1957)
  • Kalimantan Timur yang beribukota Samarinda. (1 Januari 1957)
  • Kalimantan Tengah yang memiliki Ibukota yaitu Palangkaraya. (23 Mei 1957)
  • Kalimantan Utara yang beribukota di Tanjung Selor. (25 Oktober 2012)

5. Adanya 9 kota besar di Kalimantan

Berdasarkan hasil dari beberapa kesepakatan yang terjadi. Maka di Kalimantan sendiri terdapat beberapa wilayah pemerintahan yang masuk dalam kategori kota besar dalam pulau Kalimantan.

  • Kota Samarinda terletak di Kalimantan Timur
  • Kota Banjarmasin di Kalimantan Selatan.
  • Pontianak di Kalimantan Barat.
  • Balikpapan di Kalimantan Timur.
  • Palangkaraya di Kalimantan Tengah.
  • Banjarbaru di Kalimantan Selatan.
  • Tarakan di Kalimantan Timur.
  • Singkawang di Kalimantan Barat.
  • Bontang di Kalimantan Timur.

Demikianlah sekilas informasi umum mengenai asal usul pulau Kalimantan yang menarik untuk kita ketahui bersama. Pulau Kalimantan sendiri pada zaman pra-sejarah merupakan salah satu bagian dari Benua Asia tua. Dahulu kala kepulauan di Asia Tenggara saat ini bahkan bercampur menjadi satu dengan beberapa negara Asia besar lainnya yang sekarang sudah terpencar-pencar dan menjadi negara dan pulau-pulau tersendiri. Dari sejarah penyebutan nama yang dimiliki oleh Kalimantan yang unik dan mengalami proses yang begitu panjang, sampai pada ketakjuban dunia akan Kalimantan dengan menyebutnya sebagai paru-paru dunia berkat populasi hutan hujannya. Tentu patut kita bangga dan menjaganya senantiasa. Hal itu menjadi bahkan menjadi bagian dari cerita sejarah yang tak terpisahkan dengan pulau Kalimantan. Tapi kita juga harus ingat akan fakta hari ini bahwa Kalimantan (Indonesia) merupakan salah satu wilayah dengan tingkat deforestasi yang begitu tinggi. Dengan begini akankah kemahsyuran dan keindahan Kalimantan masih akan ada nantinya?

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 60.000000%

Downvotes: 2

Downvotes percentage: 40.000000%

alat musik Dayak Kalimantan

Macam-macam Alat Musik Dayak Kalimantan yang Memukau

Daftar Nama Sungai di Kalimantan

Daftar Nama Sungai di Kalimantan Terbesar dan Terpanjang Ada di Sini