in

Bangunan Bersejarah di Kalimantan, Sayang untuk Sekadar Dikenang

Bangunan bersejarah di Kalimantan
Rumah keluarga Chia Siu Si di Singkawang, konon sudah berusia 100 tahun lebih

TEROKABORNEO.COM – Berbicara tentang sejarah, setiap daerah memiliki cerita dan peninggalannya masing-masing. Dahulu sebelum merdeka, Indonesia mengalami perjuangan luar biasa melawan penjajah. Di seluruh  pelosok daerah termasuk provinsi Kalimantan. Jaman penjajahan tidak hanya meninggalkan cerita tetapi juga meninggalkan jejak-jejak peninggalan yang punya banyak nilai sejarah. Banyak sekali peninggalan termasuk bangunan bersejarah di Kalimantan yang sampai saat ini masih utuh dan berdiri tegak. Bangunan bersejarah di Kalimantan, sebuah jejak peristiwa perjuangan Indonesia khususnya di Kalimantan yang masih bisa dinikmati sampai sekarang.

Bangunan bersejarah di Kalimantan menjadi bukti dari peristiwa sejarah di masa lalu. Perlu diingat bahwa sejarah tidak hanya berbicara tentang penjajahan. Masuknya agama-agama yang sekarang dianut oleh masyarakat yang mendiami Kalimantan juga merupakan bagian dari sejarah. Bagi anda yang penasaran dengan bangunan bersejarah di Kalimantan langsung saja simak informasi dibawah ini.

  1. Rumah Betang

Suku Dayak yang sangat dikenal di Kalimantan adalah salah satu penghuni dari Rumah Betang khas Kalimantan ini. Rumah Betang biasa digunakan untuk penukaran hasil usaha para masyarakat Suku Dayak. Mereka memiliki macam-macam barang untuk ditukarkan seperti hasil ladang, hasil kebun, ternak ataupun hasil dari pemburuan hewan. Rumah Betang memiliki fungsi yang sangat penting bahkan bisa dibilang jantung dari segala proses kegiatan sosial di Kalimantan. Seperti pertemuan antar suku, tempat musyawarah, tempat transaksi jual beli dan banyak lagi. Bangunan Rumah Betang sudah lama dibuat kurang lebih sejak tahun 1918-an, sangat jauh sebelum kemerdekaan Indonesia.

  1. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Salah satu Masjid besar yang terletak di Kota Banjarmasin yaitu Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Nama Masjid Sabilal Muhtadin tidak luput dari jasa besar Syekh Muhammad Arsyadalbanjari (1710 – 1812). Penggunaan nama tersebut dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada ulama besar tersebut. Syekh Muhammad Arsyadalbanjari adalah sosok yang selama hidupnya mengembangkan serta memperdalam agama Islam di Kalimantan Selatan khususnya Kerajaan Banjar.

  1. Keraton Kadriah
Keraton Kadriah Pontianak (gambar: kesultanankadriah.blogspot.co.id)

Keraton Kadriah didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alkadri. Keraton yang merupakan bangunan bersejarah di Kalimantan ini berada di Pontianak yang dulu dijadikan sebagai pusat pemerintahan. Banyak sekali benda-benda bersejarah didalam keraton ini yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Barang kuno yang bisa dilihat diantaranya adalah meriam, koleksi mahkota, barang pecah belah dan foto kuno yang mulai memudar.

  1. Keraton Ismahayana
Keraton Ismahayana Landak (gambar: nova.grid.id)

Keraton Ismahayana merupakan bangunan bersejarah di Kalimantan yang  terletak di Kabupaten Landak di sebelah barat Sungai Pinyuh. Sungai Pinyuh adalah sebuah sungai yang membelah Kabupaten Ngabang dan Kabupaten Landak. Keratin Ismahayana adalah bangunan berbentuk panggung yang khas dengan Rumah Melayu di Kalimantan Barat. Ciri khas bangunan ini adalah memiliki bentuk yang memanjang ke belakang, lantai dan dinding serta pada bagian atap menggunakan kayu belian. Di tempat ini terdapat peninggalan sejarah yaitu keris Si Kanyut, mahkota Sultan Landak dan seperangkat gamelan. Ada juga peninggalan lainnya seperti Alqur’an kuno, sepasang pedang sakti, kipas raja, foto keluarga raja, tempat tidur panembahan dan istrinya.

  1. Bangunan Leluhur Marga Chia Siu Si
Rumah keluarga Chia Siu Si konon sudah berusia 100 tahun lebih (gambar: nationalgeographic.co.id)

Sampai sekarang bangunan leluhur Marga Chia Siu Si masih berdiri tegak dan kokoh. Bangunan yang berada di kota Singkawang ini beralamat di Jalan Budi Utomo No. 37. Bangunan leluhur Marga Chia Siu Si menyerupai Si He Yuan yaitu bangunan khas yang berada di Tiongkok Utara.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Aliran Kepercayaan Kaharingan

Secercah Harapan untuk Aliran Kepercayaan Kaharingan

Gawai Dayak

Gawai Dayak PSBDK Punya Siapa?