in

Buah Kemunting (rhodomyrtus tomentosa)

TEROKABORNEO.COM – Tanaman kemunting (rhodomyrtus tomentosa) atau amukakang (bahasa Dayak Maanyan, Prov. Kalimantan Tengah) tumbuh subur di hutan Kalimantan. Ia menghasilkan bunga berwarna ungu. Buah Kemunting sering disebut buah tinta karena cairan dari buahnya seperti warna tinta (ungu).

Beberapa bagian tanaman kemunting bisa dimanfaatkan. Masyarakat lebih sering mengonsumsi bagian buahnya saja karena rasanya yang manis. Padahal bagian lain dari tanaman ini juga punya nilai manfaat, seperti akar buah kemunting digunakan sebagai obat sakit perut. Masyarakat adat Dayak D├Ęsa (Kab. Sintang, Prov. Kalimantan Barat) juga biasa memanfaatkan daun buahnya sebagai obat luka akibat terkena benda tajam. Cara mengolahnya adalah dengan mengunyah daunnya sampai halus, lalu hasil kunyahan tersebut ditempelkan pada luka yang mengalami perdarahan. Diyakini bahwa daunnya mampu menghentikan perdarahan.

Tanaman liar ini belum dimanfaatkan secara maksimal. Nilai ekonomisnya belum dioptimalkan. Tanaman ini berpotensi memiliki nilai jual yang baik mengingat konsep kesehatan modern adalah back to nature.

#saveborneo

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Asal usul Suku Dayak Kalimantan

Asal Usul Suku Dayak Kalimantan Sebelum Mengenal Agama

konflik agraria

Menyoal Program Sertifikasi Tanah dan Konfik Agraria di Kalimantan