in ,

Ini Budaya Kalimantan yang Menarik untuk Diketahui

Penari Tari Baksa Kembang. (sumber: pulaubanuabanjar.com)

TEROKABORNEO.COM – Indonesia memiliki banyak pulau dan diantaranya adalah Kalimantan. Terletak di sebelah selatan, pulau Borneo (bagian Indonesia) berbatasan langsung dengan Sabah juga Sarawak, negara Malaysia yang berada di utara pulau Borneo. Jika dilihat dari sebelah timur Kalimantan berbatasan dengan sebuah selat yaitu selat Karimata. Indonesia sangat terkenal dengan adat dan budayanya. Untuk di wilayah Kalimantan sendiri berbagai macam budaya Kalimantan juga sudah banyak dikenal. Kehidupan yang kebanyakan masih menjaga adat dan tradisi semakin menonjolkan akan keindahan dari Kalimantan itu sendiri. Kelestarian alam yang masih hijau dan budaya yang sampai saat ini terus dijaga. Harta Indonesia yang besar dan penting untuk selalu ditempatkan paling utama.

Budaya Kalimantan yang beragam tidak hanya terdengar di daerah lokal saja. Akan tetapi sampai mancanegara banyak sekali yang penasaran dan sudah banyak yang mengetahui akan keistimewaan kekayaan alam ini. Para turis berbondong-bondong pergi ke tanah air kita Indonesia untuk menikmati adat, budaya dan tradisi khususnya yang berada di Kalimantan. Yang paling dikenal dan membuat orang mancanegara sampai ingin tahu tentang budaya Kalimantan biasanya pada jenis tarian yang ada di sini. Tidak hanya itu banyak hal lain sebetulnya yang menarik untuk dilihat dan digali informasi tentang segala yang ada di Kalimantan.

Budaya Kalimantan

Berikut ini budaya kalimantan yang menarik untuk diketahui:

1. Rumah Adat Kalimantan

Budaya Kalimantan
Rumah Adat Betang, Kalimantan Barat.(sumber gambar: flickr.com)

Hal yang menarik pertama dari Kalimantan dan kental akan budayanya salah satu dapat kita lihat dari rumah adatnya. Dikenal dengan sebutan rumah betang, rumah ini sangat menarik terlihat dari bentuk dan bahan-bahan untuk membuatnya. Rumah betang menjadi ciri khas yang berharga dan bernilai mahal tentunya bagi Kalimantan. Rumah adat ini banyak dijumpai pada suku-suku dayak yang tersebar di Kalimantan seperti pada provinsi Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Ciri-cirinya rumah betang bentuknya yang memanjang dan pada hulunya biasa searah memakai patokan matahari terbit sedangkan hilirnya mengikuti matahari tenggelam.

2. Tarian Daerah

Budaya Kalimantan
Penari Tari Baksa Kembang. (sumber gambar: pulaubanuabanjar.com)

Salah satu tarian daerah yang sekaligus menjadi budaya Kalimantan yaitu tari baksa kembang. Tarian yang asalnya dari Kalimantan Selatan ini digunakan untuk penyambutan seorang tamu agung yang menyempatkan untuk berkunjung. Semua penari biasanya perempuan untuk pembawaannya pun bisa sendiri atau ramai-ramai. Sekilas tentang tari baksa kembang mengingat kisah seorang putri yang sedang memetik bunga di sebuah taman yang diiringi oleh tabuhan gamelan. Pakaian yang dikenakan sang putri berupa busana yang padat akan manik-manik yang indah juga iringan musiknya khas dari banjar. Jenis tarian lainnya ada tari tambun bungai, tari balean dadas, tari gong dan tari perang.

3. Senjata Mandau

Budaya Kalimantan
Senjata Mandau Khas suku Dayak (sumber gambar: wikimedia.org)

Senjata yang dimiliki suku Dayak ini menjadi budaya Kalimantan yang bernilai tinggi. Banyak yang membicarakan senjata ini memiliki kemampuan yang tinggi dan begitu sakral. Senjata yang dimiliki suku Dayak ini merupakan warisan leluhur yang sampai saat ini terus menjadi pusaka berharga dan kebanggaan masyarakat Kalimantan.

4. Talawang

Budaya Kalimantan
Talawang tameng suku Dayak (sumber gambar: kamerabudaya.com)

Salah satu senjata orang Dayak yang juga biasa difungsikan sebagai tameng untuk pertahanan diri dan dampak penyerangan dari musuh. Senjata talawang ini bobotnya tentu tidak terlalu berat karena bukan bermaterialkan besi melainkan kayu, sehingga memudahkan bagi suku Dayak untuk menggunakan senjata tersebut. Bentuk dari senjata talawang ini biasanya menyerupai prisma yang berhiaskan motif topeng dan pilin ganda atau semacam lidah api. Senjata ini tidak hanya digunakan untuk keperluan pertahanan diri saja. Di masa sekarang tameng bermotif seni Kalimantan dengan unsur keindahannya ini bisa digunakan sebagai pelengkap tari Dayak Kalimantan.

Masing-masing wilayah memiliki adat, tradisi dan budaya yang berbeda-beda. Kekayaan Indonesia tidak hanya terletak pada alamnya saja. Bukti dari banyak bahasa, adat, tarian dan budaya yang bermacam-macam adalah bukti lain dari kekayaan tanah air kita Indonesia.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 12

Upvotes: 6

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 6

Downvotes percentage: 50.000000%

Tatto

Bonfilio Yosafat: Tatto (Iban) Bukanlah Soal Kejahatan

Alat Musik Khas Kalimantan

5 Alat Musik Khas Kalimantan Yang Perlu Kita Jaga