in , ,

Busana Pernikahan Khas Adat Kalimantan Selatan

TEROKABORNEO.COM – Baju adat banyak di gunakan pada saat melangsungkan acara pernikahan jika ingin mengikuti adat istiadat yang telah menjadi teradisi oleh orang yang menganut suku atau adat tertentu. Di Kalimantan Selatan Baju Pernikahan selalu menggunakan baju adat di acara pernikahan bila ingin menunjukkan bahwa suku tersebut sedang melakukan acara pernikahan.

Berikut ada 4 jenis pakaian adat Kalimantan selatan yang penting untuk anda ketahui:

1. Pakaian Pengantin Baamar Galung Pancar Matahari

Pakaian pengantin baamar galung pancar matahari sangat terlihat mewah dan sangat sakral, biasa digunakan untuk acara pernikahan. Nama yang dipakai berasal dari bahasa Kalimantan timur yang memiliki arti bersinar layak matahari. Pasangan yang memakai pakaian adat ini akan terlihat penuh dengan kegemerlapan yang indah. Aksesoris yang membalut dalam pakaian ini ada kalung kebun raja, gelang dan cincin. Juga terdiri dari anting beruntai panjang kilat bahu, selop bersulam benang emas, kalung cikak dan gelang kaki.

2. Pengantin Begajah Gamuling Baular Lulut

Pakaian adat Kalimantan selatan yang berikutnya bernama pengantin begaah gamuling baular lulut. Pakaian ini khas dipengaruhi dengan model budaya dari hindu pada zaman dahulu. Saat upacara pernikahan pakaian ini dipakai menggunakan udat untuk mempelai wanitanya. Udat adalah sebutan bagi Kalimantan selatan kalau kita menyebutnya kemben. Yang paling menonjol dari pakaian adat yang satu ini ada rangkaian berupa bunga melati. Masyarakat Kalimantan selatan sering mengenalnya dengan karang jagung. Hal ini semakin menambah keanggunan serta kecantikan bagi kedua mempelai.

3. Pengantin Babaju Kun Galung Pacinan

Untuk pakaian adat yang bernama pengantin babaju galun pacinan. Pakaian ini sangat istimewa dan sangat indah. Campuran antara budaya di timur tengah dipadukan dengan negeri tirai bambu adalah sebuah inovasi yang bagus. Menjadikan pakaian adat Kalimantan selatan yang satu ini semakin kekinian tapi tidak menghilangkan khas dari budaya sendiri. Pakaian adat yang satu ini berupa baju gamis, jubah serta kopiah alpe untuk mempelai pria. Sedang kan mempelai wanita memakai kebaya yang berlengan panjang serta memiliki gaya cheong sam. Untuk memperindah tampilan dilengkapi rok pias yang bersulam disertai taburan manik juga mote dari budaya negeri tirai bambu.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wings Air Buka Jalur Penerbangan Pontianak Menuju Miri

Hasil Sitaan KPK Kasus Abdul Latif Sudah Tiba di Jakarta