in ,

Kumpulan Cerita Mistis Masyarakat Dayak

Tarian Suku Dayak Yang Menggunakan Ritual

TEROKABORNEO.COM – Indonesia adalah negara yang kaya akan suku bangsa. Setiap suku memiliki keunikannya tersendiri dengan berbagai cerita mistis dan kisah kemasyarakatan yang sangat menarik. Salah satu suku di Indonesia yang sangatlah populer adalah Suku dayak. Sebagai salah satu suku di Indonesia, kita warga negara Indonesia perlu untuk mengetahui mengenai keberadaan suku dayak yang sangat terkenal ini. Suku ini sebenarnya bukan hanya terkenal di Indonesia saja namun juga terkenal di dunia. Keberadaan suku ini memang memiliki daya tarik tersendiri. Dahulu suku ini sangat ditakuti oleh Belanda karena memiliki kekuatan yang sangat hebat untuk berperang.

Beberapa cerita mistis ditakuti oleh masyarakat di suku ini adalah sebagai berikut:

  1. Tato

    Tato Yang Digunakan Oleh Pria Dayak

Hal yang sangat menarik di Suku dayak kalimantan salah satunya adalah tato. Pria suku dayak sangat identik dengan tato. Tato yang ada di tubuh pria dayak memiliki makna yang sangat unik. Semakin banyak tato yang ada di tubuh maka akan semakin tinggi kebanggaan seseorang tersebut. Tato yang ada di tubuh menandakan perjalanan. Semakin banyak tempat yang dikunjungi oleh seorang pria dayak makan akan semakin banyak juga tato yang akan di dapatkan. Suku ini terlihat semakin sangar dengan tato yang dimiliki. Meskipun tatonya tidak berwarna warni namun memiliki gambar yang sangat unik dan berbeda-beda. Anda yang datang ke sana akan semakin terkagum dengan tradisi di sana.

  1. Mandau si pedang mematikan

    Motif Yang Digunakan Pada Mandau

Hal yang membuat masyarakat selain Suku dayak merasa begitu takut adalah Mandau. Mandau adalah senjata seperti parang atau pedang yang memiliki bentuk unik dan biasanya selalu di bawa oleh pria dayak untuk menjaga diri. Mandau memiliki sarung khusus yang melindunginya. Berdasarkan cerita, Mandau adalah parang yang mematikan dan ketika Mandau dikeluarkan dari sarungnya maka akan harus ada yang terbunuh. Mandau bahkan dikenal bisa terbang sendiri dan mencari sasaran untuk dibunuh. Hal ini dikenakan Mandau memiliki kekuatan magis.

  1. Ilmu gaib racun paser

    Contoh Ritual Racun Paser

Kengerian yang bisa terjadi di masyarakat Suku dayak adalah adanya ilmu gaib yang memang masih sangat kental di sana. Masyarakat dayak masih banyak yang menganut animism dan memuja roh. Salah satu ilmu gaib yang sangat mengerikan adalah racun paser yang digunakan untuk membunuh. Racun ini hampir seperti ilmu santet karena seseorang bisa mengalami penyakit aneh dan sangat sulit disembuhkan. Racun paser akan menyebabkan seseorang yang terkena akan merasa gatal dan dagingnya seperti dihisap oleh tulang hingga mengering. Rasa gatal bukan hanya dikulit saja namun juga sampai ke tulang. Sakit semacam ini akan sangat mengerikan.

  1. Pasukan hantu atau panglima burung

    Ilustrasi Pasukan Hantu Dan Panglima Burung

Suku dayak memang memiliki banyak keunikan yang bisa dikatakan cukup menakutkan. Di masyarakat dayak ada sebuah istilah panglima burung yang merupakan pasukan hantu yang sering membantu suku dayak. Pasukan hantu ini pernah membantu masyarakat dayak untuk melawan penjajah Belanda. Karena adanya pasukan burung atau panglima hantu, Belanda sangat takut dan segan dengan suku dayak karena kekuatan gaib dari pasukan hantu benar benar bisa membantu memukul mundur Belanda. Ketika pengunjung datang ke wilayah dayak maka akan sangat terasa sekali aura mistis yang menyelimuti perkampungan tersebut. Masyarakat disana masih sangat banyak berkaitan dengan hal hal gaib. Suku ini adalah salah satu suku indonesia yang sangat terkenal di manca negara sehingga kita patut untuk menjaga dan tetap menghormati agar Indonesia tetap utuh sampai kapanpun.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Kenali Motif Tato Dayak Dan Artinya

Asal Muasal Dayak Kayaan Kalimantan