in

Daftar Gunung dan Bukit di Kalimantan ini Wajib Dijajal Para Pecinta Alam

daftar gunung dan bukit di Kalimantan
Penampakan Gunung Nyiut (gambar: bpmpdppkbkabbengkayang.blogspot.co.id)

TEROKABORNEO.COM – Daftar ini khusus untuk anda yang memiliki hobi mendaki sambil berfoto ria dengan sahabat. Bagi anda para pecinta wisata alam di ketinggian mungkin beberapa daftar gunung dan bukit di Kalimantan ini bisa cukup memuaskan hasrat anda untuk menguji adrenalin. Keindahan alam dan tempat yang bagus untuk anda berfoto sudah dipastikan menjadi bonus yang memuaskan anda jika telah sampai ke puncak tujuan. Memang pemandangan dari ketinggian membuat kita seperti berada di “surga”, karena bisa melihat pemandangan yang begitu luas. Bukit dan gunung yang ada di sini terbilang masih cukup asri. Akses menuju ke tempat-tempat ini juga cukup mudah untuk ditempuh.

Bukit dan gunung ini masih tertutup rapat oleh pepohonan hijau yang ada di hutan. Bagi anda yang gila akan keindahan alam sangat tepat sekali mengunjungi satu diantara daftar gunung dan bukit di Kalimantan yang cantik berikut. Mungkin kalau anda pernah mengunjungi salah satu tempat ini, anda akan penasaran dan merasa ingin mencoba mendaki semuanya. Karena jika anda telah membaca daftar gunung dan bukit di Kalimantan berikut sudah pasti langsung ingin mendaki bersama teman-teman anda. Langsung saja mari kita simak informasi berikut ini.

  • Bukit Kelam
Bukit Kelam Sintang (gambar: borneochannel.com)

Bukit Kelam bisa dibilang batu monolit terbesar yang Indonesia punya. Bukit ini berada di Provinsi Kalimantan Barat ini dan lebih tepatnya terletak di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang yang dihimpit oleh dua sungai besar yaitu Sungai Kapuas dan Sungai Melawi. Ketinggian dari bukit ini adalah 1.002 mdpl. Kalau di Australia ada batu monolit serupa tetapi hanya memiliki tinggi 863 mpdl saja, sangat jauh dengan Bukit Kelam Indonesia. Namun anehnya UNESCO mengakui bahwa batu monolit milik australia merupakan warisan dunia dan dianggap batu monolit terbesar. Sungguh sayang dan perlu ada tinjauan ulang mengenai batu monolit terbesar sesungguhnya.

  • Bukit Baka
Taman Nasional Bukit Baka (gambar: tripjalanjalan.com)

Bukit Baka termasuk bukit yang dijadikan pemerintah sebagai taman nasional. Bukit Baka sangat ramai sekali bahkan biasa digunakan untuk acara berkemah bagi kebanyakan orang. Letak dari Bukit Baka berada di Dusun Belabanella, Kabupaten melawi. Bagi anda yang suka dengan wisata air arum jeram ditempat ini disediakan untuk wisatawan yang hobi dengan permaianan air tersebut. Jika anda ingin melakukan sebuah pendakian ada dua bukit yang siap menantang anda untuk bisa dilalui. Bukit tersebut dalah puncak bukit Baka yang memiliki ketinggian mencapai 1.617 mdpl.

  • Bukit Tekenang Danau Sentarum
Bukit Tekenang Danau Sentarum (gambar: pictame.com/user/pengabanexplore)

Ketinggian dari Bukit Tekenang Danau Sentarum ini sangat pendek sekali hanya 128 meter saja dari permukaan laut. Keunikan dan yang membuat menarik dari bukit ini adalah posisinya yang berada di tengah danau kawasan taman nasional Danau Sentarum. Hal ini jelas sangat membuat hati tergerak untuk segera mengunjungi tempat ini. Apalagi ambil fotonya dari atas bukit, menambah keidahan dari foto yang diambil.

  • Gunung Nyiut
Penampakan Gunung Nyiut (gambar: bpmpdppkbkabbengkayang.blogspot.co.id)

Nyiut adalah sebuah Gunung di Kalimantan Barat yang memiliki kekayaan alam yang sangat beragam. Gunung Nyiut merupakan salah satu cagar alam sehingga keadaan flora di sana masih terlindung. Gunung nyiut masuk dalam daftar gunung dan bukit di Kalimantan yang paling favorit.

  • Bukit Saran
Bukit Saran (gambar: claudialiberani.com)

Bukit Saran memiliki ketinggian 1.758 mdpl. Jika anda ingin menaiki Bukit Saran ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam, flora fauna yang sangat menarik hati. Jika anda sudah mencapai bukit, anda akan disuguhkan pemandangan hutan yang luas membentang disertai persawahan berjejer dengan rapi dan cantik. Membuat anda bakalan semakin betah untuk berlama-lama disana.

Sekian daftar gunung dan bukit di Kalimantan yang mungkin cukup menarik mata serta menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta alam di ketinggian untuk dikunjungi. Adrenalin yang memacu para pendaki pasti membuat mereka ingin segera datang untuk menantang tingginya landmark alami ini melalui setiap jalur pendakiannya untuk sampai ke puncak. Keindahan alam yang disuguhkan serta panorama yang luar biasa indah bisa menjadi “surga” pencinta pemandangan alam.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Pusot

Pusot (Natural Loofah Sponge)

Rumah Adat Kalimantan

Rumah Adat Kalimantan Bangunan dengan Makna Filosofis