in ,

Daftar Kerajaan Melayu di Kalimantan Jejak Peninggalan Para Raja

Daftar Kerajaan Melayu di Kalimantan
Istana Amantubillah Mempawah, Kalimantan Barat. (gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

TEROKABORNEO.COM – Di Kalimantan dahulu banyak sekali kerajaan Melayu yang menguasai beberapa wilayah di pulau Kalimantan. Peninggalan sejarah yang sampai sekarang masih bisa dan sering kita jumpai seperti keraton yang masih utuh dan tetap berdiri tegak. Daftar kerajaan Melayu di Kalimantan yang ada tidak bisa dikatakan sedikit, karena beberapa peninggalan yang ada menandakan bahwa kerajaan Melayu benar adanya dan dahulu kerajaan-kerajaan ini pernah berkuasa di pulau Kalimantan dan memberikan corak kebudayaan serta pengaruhnya terhadap kehidupan masyarakat itu tersendiri.

Pulau Kalimantan seperti ditulis oleh banyak sumber memang dihuni oleh suku Dayak dan dapat dikatakan sebagai “pribumi” di sini. Klaim yang sama juga sebetulnya diajukan oleh suku Melayu Kalimantan, sehingga tak jarang terjadi sedikit perdebatan kecil mengenai hal ini. Namun jika kita telusuri jejak sejarah, sebetulnya semua penghuni pulau Kalimantan sejatinya berasal dari satu rumpun yang sama yakni Austronesia. Proses terbentuknya sejarah di Kalimantan tentu tidak luput dari eksistensi kebudayaan yang terjadi di sana dan kerajaan-kerajaan Melayu di Kalimantan yang dahulu berkuasa juga adalah salah satu buktinya. Atas alasan ini wajar apabila suku Melayu juga mengklaim dirinya sebagai penduduk pribumi pulau Kalimantan selain suku Dayak. Bicara soal sejarah memang tiada habisnya karena perjalanan hidup yang panjang tidak bisa kita ulas secara terperinci. Berikut ada sekilas penjelasan mengenai daftar kerajaan Melayu di Kalimantan yang dahulu pernah membawa pengaruh besar di Kalimantan.

  1. Istana Amantubillah
    Daftar Kerajaan Melayu di Kalimantan
    Istana Amantubillah Mempawah, Kalimantan Barat. (gambar: kebudayaan.kemdikbud.go.id)

    Amantubillah memiliki arti aku beriman kepada Allah. Pemberian nama tersebut mengambil dari bahasa Arab dan Amantubillah merupakan istana dari kerajaan Mempawah Kalimantan Barat. Pada tahun 1761 pada masa pemerintahan Gusti Jamiril Istana Amantubillah didirikan. Dahulu kerajaan mempawah dipimpin oleh Upu Alinu Malinu Daeng Manambon yang kemudian digantikan putranya sendiri Gusti Jamiril. Kalau dahulu ayahhandanya mendapatkan gelar Pangeran Mas Surya Negara sedangkan Gusti Jamiril mendapatkan gelar Panembahan Adiwijaya Kesuma Jaya. Daerah kekuasaan Gusti Jamiril meliputi seluruh rakyat yang saat itu berada di sekitar kerajaan Mempawah.

  2. Istana Kadriah
    Daftar Kerajaan Melayu di Kalimantan
    Keraton Kadriah Pontianak, Kalimantan Barat. (gambar: winnymarlina.com)

    Sultan Syarif Abdurrahman Alkadrie merupakan pendiri dari kesultanan Kadriah di Pontianak pada tahun 1771 kesultanan Melayu ini didirikan. Upaya penyebaran wilayah kekuasaan, beliau pun menikahi putri dari kerajaan Mempawah dan juga putri dari kesultanan Banjar. Selang beberapa tinggal di Kalimantan Istana Kadriah pun didirikan, sekaligus gelar sultan Pontianak beliau dapatkan setelah mendapat pengesahan dari Belanda. Sultan Syarif Muhammad merupakan sultan ke VI dalam kesultanan Pontianak. Dan beliau berhasil menjalankan masa pemerintahan paling lama sepanjang sejarah kesultanan Pontianak ini. Beliau juga sebagai pembaharu dan modernisasi di bidang sosial maupun budaya di Pontianak.

  3. Istana Kubu
    Daftar Kerajaan Melayu di Kalimantan
    Istana Kubu, Kab. Kubu Raya, Kalimantan Barat. (gambar: garislintang.com)

    Daftar kerajaan Melayu di Kalimantan berikutnya adalah istana Kubu yang dahulu dididirikan oleh Syarif Idrus bin Abdurrahman Al Idrus. Bukti sejarah adanya kerajaan Kubu ditandai oleh makam beliau yang saat ini masih bisa anda temui di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Dari kerajaan yang berubah menjadi kesultanan, Kubu merupakan bentuk kerja keras dan kegigihan dalam membuat pertahanan dan perlawanan yang kuat. Beberapa kali serangan yang dilakukan oleh musuh, akan tetapi masih saja kesultanan Kubu tetap dapat bertahan dari serangan itu, karena memang pada dasarnya mempunyai basis/benteng pertahanan yang kuat sekali. Namun pada suatu hari kesultanan kubu mengalami serangan dadakan yang mengakibatkan kesultanan Kubu akhirnya harus runtuh. Sultan Syarif Idrus pun akhirnya tewas setelah melakukan ibadah sholat.

  4. Istana Al Mukarramah
    Daftar Kerajaan Melayu di Kalimantan
    Istana Mukarrahmah, Sintang, Kalimantan Barat. (gambar: melayuonline.com)

    Istana Al Mukarramah adalah bangunan untuk kerajaan Sintang. Awal dari berdirinya kerajaan ini bermula saat tokoh bernama Aji Melayu menyebarkan agama Hindu ke Nanga Sepauk. Bukti sejarah yang bisa kita temukan dari peninggalan kerajaan ini ialah berupa arca putung ke-empat dan batu yang berbentuk phallus. Masyarakat setempat menyebut nama dari batu tersebut dengan sebutan batu Kelebut Aji Melayu.

  5. Istana Sambaliung Berau
    Daftar Kerajaan Melayu di Kalimantan
    Kesultanan Sambaliung, Berau, Kalimantan (gambar: defkeratonsambaliung.files.wordpress.com)

    Kesultanan Sambaliung merupakan salah satu daftar kerajaan melayu di Kalimantan yang sampai saat ini bukti peninggalannya masih ada. Keraton Sambaliung yang saat ini beralih fungsi sebagai museum merupakan bukti dari kesultanan Sambaliung. Benda-benda bersejarah bisa anda temui di dalam museum ini yang dahulu merupakan istana dari kesultanan Sambaliung.

What do you think?

5 points
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Daftar Nama Sungai di Kalimantan

Daftar Nama Sungai di Kalimantan Terbesar dan Terpanjang Ada di Sini

Devide Et Impera dan Politik Kekuasaan di Kalimantan

Devide Et Impera dan Politik Kekuasaan di Kalimantan