in

Daftar Lagu Daerah Kalimantan yang Harus Kita Ketahui

Lagu Daerah Kalimantan
ilustrasi

TEROKABORNEO.COM – Pulau Kalimantan memiliki banyak sekali tradisi dan terkenal dengan keragaman adat juga budayanya. Selain itu, lagu daerah Kalimantan juga menjadi kekayaan tersendiri. Seperti daerah lainnya, lagu daerah Kalimantan memiliki ciri khas dari setiap provinsi dan daerah menjadikan Kalimantan semakin lengkap. Dengan adanya 5 provinsi yang terdapat di pulau Kalimantan, semuanya memiliki lagu daerahnya masing-masing dan keindahan dari susunan lirik kata yang dibuat.

Keragaman suku dan bahasa menjadikan lagu daerah Kalimantan semakin unik. Ciri khas dan keindahan lagu selalu dijaga oleh setiap daerah. Sebagaimana diketahui, setiap daerah di Indonesia memang memiliki lagu daerahnya masing-masing. Dengan keragaman yang ditemukan dalam lagu daerah Kalimantan, alangkah baiknya jika sama-sama kita ketahui. Kira-kira apa saja ya lagu daerah yang dimiliki provinsi-provinsi di Kalimantan ini? Mari simak langsung paparan berikut.

  1. Lagu Daerah Kalimantan Barat

Lagu daerah Kalimantan yang pertama kita ulas adalah dari Kalimantan Barat yang cukup banyak memiliki lagu daerah yang indah. Beberapa lagu yang dimiliki oleh Kalimantan Barat yang cukup dikenal diantaranya Bantelan, Alok Galing dan Antare Kapuas. Selain itu lagu daerah yang lain ada Masjid Jami, Alon Alon, Aek Kapuas, dan Cik Cik Periok.

  1. Lagu Daerah Kalimantan Tengah

Kalimantan Tengah juga memiliki banyak sekali lagu daerah. Lagu daerah kepunyaan Kalimantan Tengah diantaranya adalah Oh Indang Oh Apang, Naluya, Tumpi Layu, Lewungku Utusku dan Manauk Manjala. Selain itu Kalayar ke Danau dan Isen Mulang juga merupakan lagu daerah provinsi ini yang telah cukup dikenal.

  1. Lagu Daerah Kalimantan Utara

Kalimantan Utara yang merupakan salah satu provinsi baru yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia. Lagu daerah yang dimiliki oleh provinsi Kalimantan Utara ada Bebalon, Pinang Sendawar dan juga Tuyang. Berbeda dengan wilayah provinsi di Kalimantan lainnya, Kalimantan Utara hanya memiliki sedikit lagu daerah.

  1. Lagu Daerah Kalimantan Selatan

Berbeda dengan kabanyakan lagu daerah dari provinsi-provinsi di Kalimantan lainnya, lagu daerah Kalimantan Selatan lebih akrab didengar. Seringkali lagu daerah dari provinsi ini diperdengarkan di televisi yang menayangkan segala hal tentang Kalimantan Selatan. Lagu daerah Kalimantan khususnya Kalimantan Selatan ini diantaranya.

  • Paris Barantai

Pencipta lagu ini adalah H. Anang Ardiansyah yang merupakan tokoh maestro lagu Banjar. Ada cerita unik dari lagu ini yang mengisahkan seseorang yang konon sudah lama tak berjumpa. Sangat lamanya sampai seorang tersebut terbawa oleh mimpi.

  • Ampar-ampar Pisang

Ampar-ampar pisang mungkin sudah sering terdengar di telinga kita. Lagu ini bisa dibilang sangat terkenal diantara lagu-lagu daerah lainnya di Kalimantan. Kalau melihat cerita yang beredar dahulu lagu ini dinyanyikan oleh seorang yang sedang membuat sebuah kue rimpi.

  • Ampat Lima
  • Baras Kuning
  • Sapu Tangan Babuncu Ampat
  1. Lagu Daerah Kalimantan Timur

Bahasa banjar merupakan sebuah bahasa yang juga banyak digunakan di wilayah Kalimantan Timur. Adapun lagu daerah yang dimiliki oleh Kalimantan timur antara lain Burung Enggang, Meharit, Sabarai, Anjat Manik dan Bebilin. Selain itu ada pula Andang Sigurandang, Bedone, Ayen Sae, Sorangan dan Lamin Talunsur yang menjadi salah satu kekayaan lagu daerah Kalimantan Timur.

Kekayaan budaya yang dimiliki indonesia sangatlah lengkap dengan adanya lagu daerah di setiap daerahnya. Tentunya lagu daerah tersebut harus dijaga dan senantiasa dilestarikan. Di jaman sekarang banyak sekali yang lebih suka lagu tentang percintaan dan kurang tahu lagu daerah di setiap daerah Indonesia. Di sekolah harus terus ada materi tentang lagu daerah untuk pengetahuan dan dikenalkan generasi anak penerus bangsa.

What do you think?

-13 points
Upvote Downvote

Total votes: 19

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 15.789474%

Downvotes: 16

Downvotes percentage: 84.210526%

Penangkaran Orang Utan

Lokasi Penangkaran Orang Utan di Kalimantan

Daftar Wisata Air Terjun di Kalimantan Barat

Daftar Wisata Air Terjun di Kalimantan Barat, Sudah Pernah Berkunjung?