in

Daftar Wisata Air Terjun di Kalimantan Barat, Sudah Pernah Berkunjung?

Daftar Wisata Air Terjun di Kalimantan Barat

TEROKABORNEO.COM – Sungai yang berada di Kalimantan sangatlah banyak. Selain itu, air terjun di Kalimantan pun banyak, hal itu disebabkan oleh dataran pada pulau Kalimantan yang tidak datar, melainkan banyak perbukitan dan gunung. Terjadinya perubahan struktur tanah juga menjadi salah satu pengaruh banyaknya sungai di Kalimantan. Berikut adalah daftar wisata air terjun di Kalimantan Barat yang wajib dikunjungi karena pemandangannya yang masih asri dan indah.

Pulau Kalimantan memiliki banyak sungai dan air terjun yang indah, pemandangan yang menakjubkan serta kesegaran airnya yang membuat siapa saja ingin segera menikmati airnya yang jernih. Dari pada semakin penasaran sebaiknya kita simak saja daftar wisata air terjun di Kalimantan Barat yang indah dan keren berikut ini.

  1. Air Terjun Tikalong

    Air Terjung Tikalong (gambar: Kompasiana/aliandre)

Air terjun Tikalong berada di Kalimantan barat tepatnya di desa karangan kecamatan Mempawah Hulu kabupaten Landak. Air terjun ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 5 meter saja, namun sangat menarik untuk di kunjungi. Waktu yang dibutuhkan cukup 3,5 jam, jarak tersebut dihitung dari kota Pontianak. Untuk anda yang menggunakan sepeda motor, kendaraan anda bisa parkir sampai dekat dengan air terjunnya, jadi tidak perlu berjalan kaki.

  1. Air Terjun Riam Merasap

    Air Terjun Riam Merasap (gambar: indonesiakaya.com)

Daftar wisata air terjun di Kalimantan Barat yang berikutnya adalah air terjun Riam Merasap. Air terjun ini unik dan keren, ketinggian air terjun Riam Merasap ini mencapai 27 meter dan lebarnya mencapai 200 meter. Lokasi dari air terjun Riam Merasap terletak di desa Batang Air kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat. Jarak untuk menuju tempat air terjun ini sangat jauh dan membutuhkan waktu sampai 8 jam. Jarak yang ditempuh ialah 300 kilometer dari pusat kota Pontianak. Pengunjung air terjun ini kebanyakan orang Malaysia, karena letak dari air terjun Riam Merasap sangat dekat hanya 10 kilometer dari Malaysia.

  1. Air Terjun Nokan Nayan

    Air Terjun Nokan Nayan (gambar: youtube)

Air terjun Nokan Nayan adalah air terjun yang luar biasa indahnya. Namun untuk sampai ke lokasi ini, butuh perjuangan yang hebat. Sebab waktu yang dibutuhkan adalah dua hari perjalanan jika berangkat dari kota Pontianak. Jalur menuju ke air terjun Nokan Nayan ada dua, pertama menggunakan jalur darat dan selanjut bisa menaiki speed boat lewat sungai. Lumayan sekali perjuangan untuk mencapai air terjun ini, tapi begitu sampai disana rasa lelah anda terbayar kontan karena keindahannya.

  1. Air Terjun Riam Berawan

    Air Terjun Riam Berawan (gambar: yukayowisataliburan.blogspot.co.id)

Air terjun Riam Berawan masuk dalam daftar wisata air terjun di Kalimantan Barat dengan ketinggian yang luar biasa. Bisa dibilang air terjun ini adalah yang tertinggi se Kalimantan barat. Air terjun Riam Berawan berada di kabupaten Bengkayang dan memiliki tinggi sekitar 75 meter. Tidak terbayang bagaimana tingginya. Pastinya keren sekali pemandangan untuk air terjun Riam Berawan milik Kalimantan Barat ini. Keindahan alam saat menuju lokasi ini juga sangat indah. Jarak tempuh yang mencapai 76 kilometer ini, akan terbayarkan oleh indahnya pemandangan alam sekitarnya yang begitu indah itu.

  1. Air Terjun Pancur Aji

    Air Terjun Pancur Aji (gambar: iklantravel.com)

Air terjun Pancur Aji berada di sekitar hutan lindung yang terdapat flora dan fauna yang langka. Lokasinya sangat mudah dijangkau dan sangat dekat dengan kota Sanggau. Terdapat sebuah cerita tentang air terjun Pancur Aji, konon di air terjun ini pernah ditemukan sisa-sisa benteng Pancur Aji. Pancur Aji tersebut terbentang dan berbentuk berupa galian tanah. Diperkirakan ukurannya 10 meter x 10 meter dan memiliki kedalaman 1 meter. Sedangkan untuk dinding-dindingnya terbuat dari bahan dasar kayu belian.

Di atas telah dipaparkan daftar wisata air terjun di Kalimantan Barat yang bisa anda kunjungi pada saat liburan dan sudah pasti keren. Ditambah lagi dengan pemandangan alam yang sempurna sekaligus melihat keragaman flora dan fauna dilindungi yang seseklai mungkin bisa anda temui.

What do you think?

6 points
Upvote Downvote

Total votes: 6

Upvotes: 6

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Lagu Daerah Kalimantan

Daftar Lagu Daerah Kalimantan yang Harus Kita Ketahui

Tugu Naruto

Tugu Naruto di Melawi, Duri dan Ironi Sejarah Lokal