in , ,

Dinas Pariwisata Mengerjakan Proyek Wisata Danau Sentarum

TEROKABORNEO.COM – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata kabupaten Kapuas Hulu mengunjungi desa Kedungkang, kecamatan Batang Lupar, kabupaten Kapuas Hulu. Rombongan dinas Pariwisata tersebut untuk mempersiapkan lahan pembangunan dan lapangan pekerjaan terbaru Dinas Pariwisata Kapuas Hulu untuk membangun board way atau geretak kayu serta membentuk Komunitas Pengelola Pariwisata (KPP). Tujuan pembangunan jembatan mempermudah wisatawan manca negara dan  lokal ke kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Bahkan, di tepi danau tersebut rencananya akan dibuat dermaga sebagai tempat menunggu kapal dan tempat untuk beristirahat. Pembangunan tersebut dilakukan tahun 2018 dengan dana yang bersumber dari APBN.

“Rencananya kita akan menyambung jalan kayu yang sudah ada dari program PNPM Pisew terdahulu, ada sekitar 500 sampai 600 meteran lagi yang harus dikerjakan dari dana APBN,” ujarnya, Senin (5/3). Pembangunan jembatan tersebut akan sampai ke tepi TNDS. Kedepan di tepi danau tersebut rencananya akan dibuat dermaga pariwisata untuk dapat diguakan oleh para wisatawan manca negara.

“Dermaga itu ada pusat kuliner dan aktifitas jual kerajinan dan sebagainya, rancangannya sudah kami siapkan tapi belum tahu kapan terealisasi untuk dermaga itu. Kami berharap dapat cepat tersebangun dan ketika ada festival atau event kebudayaan kan bisa dipusatkan di lokasi dermaga itu, sambil menikmati Danau Sentarum,” paparnya.

Didesa Kedungkang, kata Antonius, selain mempersiapkan lahan untuk jalan dan lapangan pekerjaan baru, juga turut mempersiapkan KPP. KPP tersebut kedepannya akan mengelola paket wisata yang akan dibeli oleh wisatawan manca negara dan lokal di desa tersebut.

“Kami juga membina sekaligus menyiapkan pembentukan KPP itu. Melalui mereka ini diharapkan akan terjadi konektifitas pemasaran pariwisata dari desa Lanjak, ke Kedungkang, Mangin, Pelaik, Meliau, Semangit dan sekitarnya,”

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Wisatawan Mancanegara Tertarik Keindahan Danau Sentarum

Bripka SP Polisi di Banjarmasin Ini Diburu Bawa Kabur Tahanan Narkoba