in , ,

Gua Haji Mangku Amazing Secret Cave Kalimantan Timur

TEROKABORNEO.COM – Lompat dari ketinggian 4 meter ke dalam kolam alami yang terletak di Pulau Maratua, Kalimantan Timur, Gua Haji Mangku Secret Cave Kalimantan Timur yang memiliki kedalaman antara 20-30 meter. Haji Mangku merupakan salah satu destinasi di Kepulauan Derawan yang jarang didengar wisatawan, khususnya wisatawan lokal. Sehingga bisa dibilang wisata ini merupakan sebuah surga tersembunyi bagi Anda yang menyukai aktivitas diving. Jernihnya air akan membuat Anda tergoda untuk segera terjun ke dalam danau ketika sampai di bibir jurang. Untuk bisa mencapai Gua Haji Mangku Anda cukup melakukan perjalanan dengan perahu selama 15 menit dari Maratua Paradise Resort.

Gua ini di namakan gua haji mangku karena mungkin penemunya seseorang bernama Bapak Haji Mangku. Kolam ini merupakan kolam alami di bawah tanah di dalam gua yang aliran airnya masih nyambung ke laut. Gua ini juga lebih terkenal di kalangan turis dibanding wisatawan domestik.

Haji Mangku berlokasi di Kampung Payung-payung, Pulau Maratua. Dari Pulau Derawan, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam naik boat. Tapi yang harus diingat, kondisi air laut harus sedang pasang agar boat bisa berlabuh di dermaga.

“Kalau air surut boat tidak bisa mendekat karena terhalang terumbu karang. Air laut di kolamnya juga ikut surut,” kata Memed, seorang pemandu wisata dari Derawan Paradise pun bercerita tentang sejarah dan destinasi tersebut.


Begitu tiba di dermaga Kampung Payung-payung, perjalanan dilanjutkan dengan trekking sekitar 5 menit. Treknya naik turun dengan tanah yang penuh bebatuan karang yang tajam dan licin. Traveler disarankan untuk memakai alas kaki jika ingin melihat keindahan gua haji mangku. Selain melompat disin juga kalian bisa melakukan aktifitas Free dive di Gua Haji Mangku serasa masuk ke dalam gua, namun tanpa resiko seperti benar-benar di dalam gua. Jika ingin lebih menikmati kedalaman “gua” ini kita juga bisa menyiapkan alat selam dan diving di Gua Haji Mangku. Kedalaman danau memanjang ini sekitar 20 meter, kalian dapat melihat dengan jelas batang-batang pohon besar di dasar danau karena air di Gua Haji Mangku sangat jernih.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Masih Kekurangan Ratusan Tenaga Kesehatan di Kalimantan Barat

Kalimantan Barat Kembali Mengalami Kenaikan Harga Pertalite