in

Jajanan Khas Kalimantan Barat, Sudah Pernah Coba ?

Jajanan Khas Kalimantan Barat

TEROKABORNEO.COM – Apa kalian suka jajanan Nusantara? Ya Indonesia memang terkenal sangat kaya akan kuliner khasnya. Mulai dari kawasan barat hingga kawasan timur Indonesia menawarkan warisan kuliner bermacam cita rasa. Bagi kalian yang senang untuk melakukan wisata kuliner dan sedang berada di Kalimantan Barat, saya rasa jajanan khas Kalimantan Barat berikut ini patut kalian coba. Jajanan-jajanan berikut juga kerap dijadikan oleh-oleh. Jadi apabila kalian sedang berkunjung ataupun berlibur ke Kalimantan Barat, wajib untuk mencicipinya. Berikut adalah Jajanan Khas Kalimantan Barat.

Bingka

Kue bingka

Jajanan khas Kalimantan Barat ini emang kelihatan seperti kue yang lagi hits di Indonesia, yaitu Cheesecake. Tapi hanya sekedar mirip saja, kue ini dicetak sepeti bintang, tapi ujungnya nggak lancip lho ya. Biasanya kue ini bisa dibagi jadi 5 sampai 6 bagian. Kue ini sangat manis dan lembut, biasanya kue ini dijadikan oleh – oleh wisatawan dari luar.

Kerupuk Basah

Jajanan Khas Kalimantan Barat

Kalian pasti mengira ini kerupuk yang dikasih air ya? bukan loh, ini merupakan Jajanan satu – satunya di dunia yang hanya ada di Kalimantan Barat. Kerupuk basah atau juga biasa disebut temet memiliki tekstur seperti siomay, dan terbuat dari bahan ikan sehingga aroma khas ikan akan terasa saat kita memakannya. biasanya kerupuk basah disajikan bersama bumbu kacang yang akan menambah sensasi gurih saat kita menikmatinya.

Pengkang

Jajanan Khas Kalimantan Barat

Jajanan khas Kalimantan Barat yang satu ini paling mirip dengan lemper, hanya saja Pengkang biasa disajikan dari olahan santan dan dibungkus daun pisang, kemudian diisikan dengan udang ebi baru setelah itu dibakar. Dan bedanya juga dengan lemper bahan yang dipakai bukan beras nasi, melainkan beras ketan.

Lempok Durian

Jajanan Khas Kalimantan Barat

Jajanan khas Kalimantan Barat berikut terbuat dari hampir 100% durian , tanpa ada bahan pengawet dan lain lain. Tekstur Lempok ini mirip seperti Dodol, hanya saja dia keras di luar lembut di dalam, seperti memakan sesuatu yang Crispy namun ada yang kenyal – kenyalnya.

Chai kwe

Chai kwe

Pasti kalian yang dari Pontianak sudah nggak asing dengan camilan satu ini, kan? Chai Kwe sebenarnya berasal dari Negeri China, namun sangat populer di Pontianak. Sehingga kalau dilihat dari segi cita rasa, khas Pontianak jadi yang terbaik untuk di Indonesia. Chai Kwe berisikan sayuran yang disajikan dalam bentuk kue. Isiannya berupa talas, bengkoang, kemudian campur ebi dan kucai yang diiris. Sedangkan dari kulitnya terbuat dari tepung beras dan tepung sagu, sehingga muncul tekstur licin dan kenyal. Dan sebenarnya bentuknya lebih mirip dengan Kroket kalau di goreng ya.Biasanya di pesan dalam Porsi yang besar, bisa sampai 20 biji dalam satu tampan.

Sotong Pangkong

cumi pangkong

Seperti namanya, Sotong pangkong dalah sotong atau cumi yang berbentuk utuh di pangkong pangkong, Pangkong artinya adalah dipukul, jadi setelah dibakar sotongnya lalu penjual akan memangkong – mangkong (memukul-mukul) sotongnya hingga lembek dan enak dimakan dan dicampuri dengan saus kacang. Tapi kuliner ini susah didapatkan kalau tidak di bulan Ramadhan, biasanya penjualan akan ramai saat bulan Ramadhan karena sebagai makanan untuk buka puasa sehabis ngabuburit.

Nah itu tadi sedikit ulasan saya mengenai jajanan khas Kalimantan Barat. Kalau boleh kepo nih, jajanan mana nih yang paling bikin kalian penasaran? selamat mencoba. 🙂

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Objek Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan

15 Objek Wisata Terbaik di Kalimantan Selatan

tempat wisata di kalimantan barat

10 Tempat wisata di Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi