in ,

Kalimantan Barat Kembali Mengalami Kenaikan Harga Pertalite

TEROKABORNEO.COM – Harga Pertalite di Kalimantan Barat kembali merangkak naik, dari yang sebelumnya Rp 7.800 per liter, menjadi Rp 8.000 per liter. Perubahan yang terjadi sejak Sabtu 24 Maret 2018 itu adalah kedua kalinya dari empat kali perubahan BBM yang telah dilakukan PT Pertamina sepanjang tahun 2018 ini.

Perubahan harga pertalite untuk wilayah Kalimantan Barat pertama kalinya terjadi pada Februari 2018, dari yang sebelumnya Rp7700 per liter menjadi Rp7800. Sedangkan yang kedua terjadi pada Sabtu lalu, menjadi Rp8000 per liter.

Hal Serupa juga dialami oleh warga yang berada di Provinsi Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Jambi, Sulawesi, Maluku, Papua, harga Pertalite menjadi Rp 8.000 per liter dari sebelumnya Rp 7.800 per liter.

Meski tidak naik secara signifikan, perubahan harga pertalite ini tetap saja dikeluhkan masyarakat khususnya di Kalimantan Barat. Salah satunya, warga Siantan ini yang bernama Sari mengeluhkan kenaikan pertalite, karena dia dan keluarganya merupakan konsumen pertalite. Apalagi saat ini BBM bersubsidi sudah sulit ditemui. “Rasanya bulan lalu baru saja naik harganya. Sekarang naik lagi. Sebagai warga kami mengeluhkan kenaikan ini apalagi BBM sudah menjadi kebutuhan pokok,” ujarnya.

Sebelumnya, Adiatma Sardjito selaku Vice President Corporate Communication Pertamina, yang menyampaikan melalui Region Manager COmm & CSR Pertamina Kalimantan, Yudi Nugraha, mengemukakan penyesuaian harga BBM jenis Pertalite merupakan dampak dari harga minyak mentah dunia yang terus merangkak naik dan pada saat bersamaan nilai tukar Rupiah melemah terhadap Dollar Amerika.

Penyesuaian harga BBM Research Octane Number (RON) 90 tersebut secara periodik dilakukan Pertamina sebagai badan usaha, dan Pertamina mengapresiasi konsumen yang tetap memilih Pertalite sebagai bahan bakar bagi kendaraannya.

“Penyesuaian harga ini juga dalam rangka Pertamina tetap bisa bertahan untuk menyediakan BBM dengan pasokan yang cukup sesuai kebutuhan secara terus menerus sehingga tidak mengganggu konsumen dalam beraktivitas sehari-hari,” tegasnya.

Asal tahu saja, tahun ini Pertamina sudah melakukan empat kali penyesuaian harga BBM. Pertama dan kedua terjadi pada bulan Januari. Sedangkan ketiga dan keempat secara berurutan terjadi pada Februari dan Maret. Perubahan ini berlaku secara nasional.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Gua Haji Mangku Amazing Secret Cave Kalimantan Timur

H-5 Baru 35.979 SPT Tahunan yang Masuk di Pontianak