in

Bahaya dan Penyebab Kerusakan Hutan di Kalimantan

Kerusakan Hutan di Kalimantan
Ilustrasi kerusakan hutan di Kalimantan

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan dianugerahi dengan banyak sekali jenis pepohonan. Hutan yang berada di Kalimantan pun memiliki bidang yang sangat luas. Namun sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini marak terjadi kerusakan hutan di Kalimantan. Penyebabnya diperkirakan karena ada penebangan pohon secara ilegal yang membabat pohon secara membabi buta. Hal tersebut jelas sangat merugikan. Selain merusak alam dan sangat sedikit sekali kontribusinya pada masyarakat Kalimantan, ekosistem dari hutan pun otomatis jadi terganggu.

Segala upaya tindakan pernah dicoba untuk mengatasi kerusakan hutan di Kalimantan. Namun pengawasan yang lemah dan kurang maksimal masih menyisakan celah bagi pihak yang tak bertanggung jawab yang seakan tetap nekad untuk melakukan penebangan ilegal tersebut. Taman Nasional Gunung Palung pun tak pelak menjadi salah satu sasaran utama dari penebangan ilegal ini. Pohon yang menjadi target para penebang kayu ilegal yang berjenis kayu meranti, belian, mabang, bedaru, ramin, klansau dan tengkawang. Para penebang kayu tak kenal ampun dan rakus karena jenis pohon yang dilindungi sekalipun ikut mereka tebang.

Sekadar informasi hari ini tanggal 7 November 2017 melalui program berita di Kompas TV, Satuan Polisi Reaksi Cepat Kementerian Lingkungan Hidup wilayah Kalimantan Barat bersama Ditretkrimsus Polda Kalbar berhasil mengungkap kasus penjualan dan penebangan kayu ilegal dan mengamankan sebanyak 3.400 batang kayu. Petugas menggerebek sawmill pengolahan kayu harmonis di jalan Sintang, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat. Parahnya pelaku penebangan kayu secara ilegal ini merupakan sindikat perdagangan dan penebangan kayu hutan lindung di wilayah Kalimantan Barat. Fakta ini menunjukkan bahwa masih lemahnya tindakan preventif (pencegahan) yang harusnya dilakukan oleh pihak-pihak terkait. Hutan lindung yang harusnya paling aman pun masih tidak luput dari tangan-tangan jahat para penebang hutan ilegal ini.

Kerusakan Hutan di Kalimantan

Kerusakan hutan di Kalimantan bisa dikategorikan telah mengalami kerusakan yang cukup berat. Sudah mencapai 80 persen dari luas 90.000 hektar telah menjadi incaran empuk penebang kayu ilegal. Bagi masyarakat sendiri kerusakan hutan menyebabkan dampak yang besar. Tidak hanya itu secara tidak langsung ekosistem dari hutan pun jadi terganggu dan mengalami kerugian yang nyata. Kalau kita melihat kerugian di bidang ekonomi setiap hari 10.000 kubik kayu balok telah diselundupkan. Dan kayu yang telah diselundupkan bebas dari dana reboisasi, pajak ekspor dan dana reboisasi. Kerugian yang ditanggung negara jika diuangkan sekitar Rp 5,35 milyar hitungan per harinya. Kalau dikalkulasikan sebulan bisa mencapai Rp 160,5 milyar.

Kondisi Hutan

Lebih dari 600 ribu hektar per tahunnya kerusakan hutan di Kalimantan terus berlangsung. Dan hal ini menyebabkan pulau Kalimantan menjadi pulau dengan kerusakan hutan paling tinggi. Selain karena penebang ilegal, pertambangan juga transmigrasi serta perluasan lahan kelapa sawit juga menjadi faktor-faktor lain dari kerusakan hutan yang terjadi. Masyarakat pun seolah tak bisa berbuat apa-apa, karena kegiatan-kegiatan ini kebanyakan “mendapat restu” dari “penguasa”, hal itu bisa diukur berdasarkan banyaknya izin kepada para perusahaan-perusahaan skala raksasa yang ada di Kalimantan. Hal ini sekali lagi menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap kerusakan hutan di Kalimantan.

Dampak Kerusakan Hutan

Salah satu dampak terbesar dari kerusakan hutan di Kalimantan adalah terjadinya banjir. Kekeringan pun akan terjadi saat hutan mulai mengalami kerusakan. Kerusakan yang dibuat oleh tangan manusia sangat merugikan banyak kalangan. Apalagi kehidupan hewan yang hidup di sana pastinya juga terganggu akibat kerusakan hutan ini. Kerusakan hutan yang disebabkan karena kebakaran hutan mengakibatkan semakin tingginya pemanasan global. Kabut yang banyak telah mencemari udara bersih semakin meningkatkan gas sehingga menimbulkan efek rumah kaca.

Cara Mengatasi Kerusakan Hutan

Saya menyadari bahwa tulisan ini tidak cukup menyajikan data yang baik dan berupa opini saya semata dan saya tidak bermaksud untuk menyalahkan siapapun. Sebagai orang Kalimantan, saya, anda dan kita semua dapat berperan serta dalam mengatasi kerusakan hutan yang telah dan terus terjadi. walaupun kontribusi kita terhitung kecil, namun kita mau menunjukkan kepada orang-orang di sekitar kita bahwa masih ada yang menaruh perhatian pada hal yang satu ini. Beberapa langkah yang bisa kita lakukan diantaranya:

  • Melakukan penghijauan atau reboisasi skala masif.
  • Pada lahan yang telah ditebang hendaknya melakukan penanaman bibit pohon di tempat yang sama.
  • Mulai membatasi penebangan tanpa ijin (mendesak pemerintah untuk meninjau kembali izin perusahaan-perusahaan yang tak bertanggung jawab terhadap lingkungan.
  • Mulai tanamkan sikap dan perilaku mencintai alam sedari dini terutama dalam pendidikan dasar.
  • Penegakan hukum yang tegas dan berat untuk setiap pelaku penebangan hutan skala besar.
  • Himbauan serta sosialisasi kepada semua lapisan masyarakat akan bahaya kerusakan hutan.

Upaya Pencegahan

Sebaiknya tim khusus untuk perlindungan hutan di Kalimantan semakin digalakkan dan kian diperketat. Seperti penjagaan jalur masuk yang bisa dilewati kendaraan. Serta kontrol setiap ada penebangan dilihat pemanfaatan dan tujuan dari penebangan. Dukungan dari masyarakat sekitar untuk sama-sama menjaga kelestarian alam yang ada di hutan karena itu sangat berkesinambungan.

Kekayaan alam yang dimiliki oleh Kalimantan harusnya bisa kita jaga. Apalagi hutan sangat memiliki peran penting untuk kehidupan di dunia ini. Semua hal bisa saling berkaitan antara hewan, tumbuhan dan manusia. Kerusakan hutan yang terjadi dapat menyebabkan dampak yang negatif bagi semua makhluk hidup.

What do you think?

5 points
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

tempat wisata di Kalimantan Tengah

Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Menarik Hati Wisatawan

Alat Musik Sapek Kalimantan

Keunikan Alat Musik Sapek Kalimantan Sebagai Warisan Leluhur