in

 “Ketebung Baung” Alat Musik Tradisional Suku Dayak Sebaruk 

Ketebung Baung

TEROKABORNEO.COM – Berbicara mengenai Kalimantan maka salah satu hal yang terlintas di benak kita ialah Suku Dayak. Pada Suku Dayak itu sendiri, kita mengenal berbagai kekayaan yang luar biasa baik dari segi kebudayaan, bahasa, dan juga kesenian musik tradisionalnya.

Pada seni musik, instrumen yang paling tersohor dan telah mendunia yang berasal dari Suku Dayak tentunya yaitu Sape/Sampeq. Bahkan alat musik petik ini telah Go Internasional. Bunyian yang dihasilkan instrumen ini dirasa begitu khas menjadi identitas tersendiri bagi masyarakat Kalimantan pada umumnya dan Dayak pada khususnya.

Mengingat Suku Dayak yang memiliki ratusan sub suku maka ini membuat keberagaman dan kekayanan akan budaya pada Suku Dayak. Kekayaan inilah yang menjadi anugerah bagi Pulau Kalimantan. Terlepas dari berbagai jenis instrumen yang terkenal di Kalimantan, mungkin masih banyak alat musik yang belum banyak dikenal oleh masyarakat luar, salah satunya yaitu Ketebung Baung.

Ketebung Baung merupakan jenis alat musik petik yang berasal dari Suku Dayak Sebaruk. Alat musik ini belum banyak yang mengetahuinya karena kurangnya pelestarian dan tentunya sudah mulai langka dan jarang sekali ditemukan lagi. Ketebung Baung tidak begitu sulit mengenai pembuatannya, bahan utamanya yaitu sangat mudah di jumpai di ladang orang Dayak yaitu buah labu. Sedangkan bahan pendukung pembuatan ketebung baung yaitu mengunakan kayu dan senarnya menggunakan Wi ( rotan dalam bahasa Dayak Sebaruk ) dan bisa juga menggunakan senar tali pancing.

Cara memainkan alat musik ini cukup sederhana yaitu dengan cara di pangku dengan tabung ( bodi yang terbuat dari labu ) berada di pangkuan yang memainkannya dengan ujung menghadap luar. Alat musik ini masih bisa kita jumpai di daerah Tepian Taduh, Desa Pelimping, Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

11 points
Upvote Downvote

Total votes: 11

Upvotes: 11

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tari Hudoq

Tari Hudoq Suku Dayak Ga`ay, Sebuah Tradisi Leluhur Yang Terus Hidup

ikan bakar banjarmasin

Ikan Bakar Banjarmasin, Mencicipi Kuliner “Kota Seribu Sungai” di Yogyakarta