in

Kota Sintang Tempo Dulu dalam Potret Hitam Putih

Kota Sintang Tempo Dulu

TEROKABORNEO.COM – Kota Sintang Tempo Dulu | Kabupaten Sintang merupakan daerah tingkat II yang terletak di sektor timur provinsi Kalimantan Barat. Kabupaten ini sendiri memiliki 14 kecamatan dan 6 buah kelurahan dan 281 desa, Ibukota kabupaten ini terletak di Kota Sintang. Secara topografi Kota Sintang merupakan wilayah yang didominasi oleh perbukitan. Sisanya merupakan dataran rendah dan rawa yang biasa terendam di musim-musim tertentu. Kabupaten Sintang secara keseluruhan memiliki bentang luas wilayah mencapai 22.392 Km2.

Kota Sintang dilalui oleh dua sungai besar yakni Sungai Kapuas dan Sungai Melawi. Pertemuan antara kedua sungai terletak di Saka Tiga – dalam Bahasa Melayu Saka Tiga memiliki arti bercabang tiga. Di Saka Tiga ini pertentangan warna antara kedua arus sungai tersebut terlihat sangat jelas, yang satunya berwarna kuning keruh dan yang satunya lagi berwarna kecoklatan. Hal ini dipercaya sebagai asal muasal nama Sintang yang diambil dari istilah “Senentang” (pertentangan arus dan warna Sungai Melawi dan Sungai Kapuas di Saka Tiga).

Kota Sintang sendiri saat ini telah berusia sekitar 655 tahun, ini menjadikan kota yang dahulunya adalah sebuah kerajaan ini sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

Melihat pesatnya pembangunan dan perkembangan Kota Sintang di zaman sekarang tentunya membuat seluruh masyarakat Sintang kian merasa bangga. Namun pernahkah anda membayangkan bagaimana wujud kota yang dijuluki “kota bersemi” ini pada zaman dulu?

Bisa melihat foto Kota Sintang dalam “versi lawas” tentu menjadi sebuah kesempatan langka. Mengingat tidak banyaknya dokumentasi yang pernah dilakukan pada waktu lampau. Hal ini wajar saja karena minimnya teknologi pendukung waktu itu.

Pada kesempatan kali ini Teroka Borneo akan membagikan beberapa gambar Kota Sintang tempo dulu. Gambar-gambar berikut mengajak kita untuk melihat beberapa titik di Kota Sintang dan bangunan-bangunan Sintang di masa yang lalu. Beberapa bangunan tua yang bahkan hingga kini masih berdiri tegak – tentunya dengan keadaan yang telah direnovasi ulang.

  • Rumah Sakit Umum Ade Muhammad Djoen
  • Rumah Sakit Ade M. Djoen tampak agak jauh.
  • Lorong Rumah Sakit Ade M. Djoen
  • Rumah Sakit Ade M. Djoen tampak belakang
  • Pesanggrahan di Kota Sintang, ada yang tau lokasi tempat ini?
  • Penampakan Kantor Residen Sintang (Kantor Bupati) dari Kopel. Ayo siapa yang dulu sering nongkrong di Kopel nih? 🙂 
  • Penampakan Masjid Jami’ Sultan Nata Sintang tempo dulu.
  • Rumah Susteran di Kota Sintang tempo dulu, sekarang udah nggak ada kayaknya.
  • Saka Tiga Kota Sintang, Bukit Kelam tampak di kejauhan. Bagus ya. 🙂
  • Orang-orang di atas perahu di atas Kapuas Sintang, tampak pula rumah perahu.
  • Penampakan Sungai Kapuas tempo dulu (lokasi persis tidak diketahui)
  • Sekolah Belanda di Kota Sintang (Kini menjadi SMK Kartini Sintang)

( Note: Penggunakan tanda air (Watermark) semata-mata kami lakukan agar gambar tidak dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak bertanggung jawab. Kami tidak merasa memiliki atau mengklaim gambar-gambar di atas. Apabila ada pihak yang berkeberatan karena kami memakai foto-foto ini silahkan kontak ke redaksi@terokaborneo.com )

What do you think?

10 points
Upvote Downvote

Total votes: 10

Upvotes: 10

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

pemain Sape Kalimantan

Pemain Sape’ Kalimantan Berbudaya dalam Berkarya

Pos Lintas Batas Negara Entikong

Potret Pos Lintas Batas Negara Entikong Dulu dan Sekarang