in

Lokasi Penangkaran Orang Utan di Kalimantan

Penangkaran Orang Utan

TEROKABORNEO.COM – Orang Utan yang merupakan salah satu hewan endemik pulau Kalimantan saat ini hidup dalam kondisi terancam. Berbagai ancaman seperti penebangan pohon yang merajalela, kebakaran hutan dan maraknya perburuan liar membuat populasi orang utan terus mengalami penurunan. Berdasarkan hasil Population and Habitat Viability Assessment Orangutan 2016, saat ini kepadatan populasi Orangutan Kalimantan cenderung menurun dari 0,45-0,76 individu per kilometer persegi menjadi 0,13-0,47 individu per kilometer persegi di habitat seluas 16.013.600 hektar dan tersebar di 42 kelompok populasi (metapopulasi). Hanya 18 kelompok populasi di antaranya diprediksi akan lestari hingga 100 – 500 tahun ke depan. Melihat kondisi Orang Utan di Kalimantan yang kian memprihatinkan tersebut berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan menurunnya populasi orang utan. Salah satu upaya yang terus dikembangkan adalah dengan membangun berbagai pusat penangkaran Orang Utan. Hal tersebut dipilih agar Orang Utan dapat hidup dengan aman tanpa adanya ancaman.

Berbagai pihak seperti Pemerintah maupun LSM saling bersinergi untuk mendukung pembangunan tempat penangkaran orang utan tersebut. Jika tidak ada upaya penyelamatan yang demikian, sudah dapat dipastikan bahwa  satwa yang satu ini akan mengalami kepunahan dalam jangka waktu dekat.

Upaya membangun penangkaran orang utan di Kalimantan adalah salah satu solusi untuk teus mempertahankan keberlangsungan hidup satwa endemik Kalimantan ini. Keberadaan berbagai infrastruktur serta sumber daya manusia (SDM) tempat penangkaran orang utan di Kalimantan menjadi keharusan agar kerja-kerja penangkaran dapat optimal. Dari penjagaan yang baik, infrastruktur serta SDM yang baik maka orang utan dapat terus dipertahankan populasinya. Berikut ini adalah beberapa lokasi penangkaran Orang Utan di Kalimantan:

  1. Arboretum Nyaru Menteng
Gambar: Get Borneo

Tempat penangkaran Orang Utan Arboretum Nyaru Menteng ini berlokasi di Kalimantan Tengah. Di tempat penangkaran satu ini, selain Orang Utan terdapat pula beberapa hewan endemik Kalimantan lain. Penangkaran Arboretum Nyaru Menteng memiliki areal yang cukup luas 65 hektar dan telah berdiri sejak tahun 1988. Arboretum Nyaru Menteng memiliki daya tarik yang kuat dengan disediakannya penangkaran bagi Orang Utan juga hewan-hewan lain.  Tempat penangkaran inipun selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan terutama pada waktu liburan. Tumbuhan yang tumbuh dihutan ini juga sangat beraneka ragam dan menjadi habitat baru yang aman bagi berbagai hewan di tempat penangkaran Arboretum Nyaru Menteng ini.

 

  1. Pusat Penyelamatan dan Konservasi Orangutan Yayasan IAR Indonesia, Ketapang

    Penangkaran Orang Utan
    Gambar: Mongabay

Ketapang sekarang ini memiliki sebuah tempat penangkaran orang utan Kalimantan yang baru. Tempat ini dibuat atas kerjasama dari Pemerintah Daerah setempat untuk menjadikan Ketapang sebagai pusat penyelamatan dan konservasi orang utan. Luas dari tempat ini memang tidak terlalu besar hanya sekitar 24 hektar saja. Namun itu sudah sangat berarti bagi kehidupan Orang Utan agar tidak mengalami kepunahan. Di tempat ini disediakan klinik bagi Orang Utan, karantina, wilayah pelatihan bagi anak-anak orang utan, ruang logistik, dan tempat belajar bagi Orang Utan. Bagi tim pemelihara juga disediakan tempat tinggal berupa asrama untuk karyawan yang menjaga berkerja di pusat penangkaran Orang Utan tersebut.

 

  1. Samboja Lodge
Gambar : BPPD Kaltim

Tempat penangkaran orang utan di Kalimantan berikutnya adalah Samboja Lodge. Tempat ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki penangkaran-penangkaran lain. Selain anda bisa melihat secara langsung satwa yang dilindungi di tempat ini. Hal lain yang bisa anda nikmati adalah saat anda menaiki sebuah mobil 4 wd. Dengan kendaraan ini anda bisa mengelilingi hutan dengan medan yang sulit membuat kesan tertentu bagi para pengunjung. Ada sekitar 200 orang utan yang hidup di Samboja Lodge. Mereka sangat dijaga di tempat ini dan sangat diharapkan bisa berkembang biak dengan baik. Makanan bagi Orang Utan telah disiapkan dengan sangat baik.

Beberapa tempat penangkaran orang utan di Kalimantan yang sejauh ada sudah relatif terkelola dengan baik. Upaya-upaya penjagaan dari perburuan liar yang marak terjadi menjadi salah satu alasan dibangun tempat penangkaran tersebut. Segala bentuk upaya yang dilakukan Pemerintah di Kalimantan juga telah optimal. Akan tetapi kita juga harus ikut serta dalam memantau perburuan liar di luar sana yang masih terjadi. Hal tersebut dimaksudkan agar keberlangsungan hidup Orang Utan di Kalimantan dapat terus terjaga.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Written by Bumi_Kalimantan

Profile photo of Bumi_Kalimantan

Let's talk about our beloved motherland... share the stories... about it's beauty... about it's sorrow... email: kalimantanbumi@gmail.com #SaveBorneo

Pos Lintas Batas Negara Entikong

Potret Pos Lintas Batas Negara Entikong Dulu dan Sekarang

Lagu Daerah Kalimantan

Daftar Lagu Daerah Kalimantan yang Harus Kita Ketahui