in ,

7 Makanan Khas Pontianak

TEROKABORNEO.COM – Dalam rangka melakukan traveling ke tempat wisata pasti hal yang paling ditunggu adalah memakan makanan khas dari kota tujuan kita. Pontianak Kota yang dikenal sebagai Kota Khatulistiwa karena dilalui garis khatulistiwa. Pontianak juga dikenal sebagai tempat wisata kuliner. Keanekaragaman makanan menjadikan Pontianak sebagai surga kuliner. Makanan yang terkenal ada yang halal dan halal antara lain:

1. Bakmi Pemangkat (Yammie Pontianak)

Seperti bakmi lainnya penyajiannya yang menggunakan berbagai topping dam kuah bening dengan tambahan topping daging kepiting, otak-otak, daging babi merah, secuil lemak babi yang digoreng hingga garing, bakso ikan, tauge, dan juga seledri. Bakmi Pemangkat ini dibuat sendiri tanpa menggunakan bahan-bahan kimia seperti pengawet dan pewarna. Tekstur mie-nya keriting dan kecil, kenyal dan agak berbumbu.

2. Chaikue

Chai Kwe dengan isi berbagai macam sayuran, yang paling disukai oleh anak anak ku yaitu isi Bengkuang, Kucai, Keladi ,tapi faporitku isi rebung segar walau masih banyak macam untuk isi kue yang satu ini.

3. Kwecap Veteran

Kwecap sejenis kwetiau tapi lebar dan persegi di hidangankan masih hangat, saat masuk ke tenggorokan memiliki sensasi yang berbeda, dan gurih rasanya. Biasanya untuk pelengkap ditambahkan kembang tahu, baso daging cincang kecil, tahu goreng, kacang tanah, paria, daging kering, kulit babi, telur puyuh, pork ribs (tanpa tulang) dan irisan daging rebus plus taburan bawang putih kering.

4. Bakmi Kepiting Oukie

Seperti kebanyakan bakmi bakmi ini menggunaka mie yang berbeda hanya ada pada penambahan suiran daging kepiting. Untuk menambah nafsu makan masih bisa di tambahkan Baso ikan kecil 4 butir, telur, baso ikan kotak-kotak tipis, baso kepiting, pangsit goreng dan babi kecap. Karena ada babi kecap makanya bakmi kepiting ini jadi non-halal.

5. Nasi Campur Akwang

Nasi campur khas Potiaak ini nasinya pakai nasi putih biasa degan toppingnya pakai casiu, samcan, lapciong (chinese sausage), ayam dan setengah potong telur kecap. Di pinggirnya ada potongan sayur asin dan irisan timun dengan siraman kuah kental bening.

6. Nasi Ayam Afu

Nasi Ayam khas Pontianak perpaduan antara nasi chinese sausage (lapciong), ayam kecap, chasiu, telur kecap dengan pinggiran sayur asin dan timun. Sama-sama disiram kuah kental bening. Kuah encernya lebih berwarna sedikit coklat karena pakai seledri, kacang dan bawang putih kering.

7. Baso Ikan Telur Asin Ahan

Baso ikan ini berisikan semangkuk kuah bening yang isinya berbagai macam baso ikan dalam berbagai rupa dan bentuk. Ada 2 baso ikan kecil, 1 baso ikan goreng, 1 baso tahu, 1 baso brokoli, 1 baso cabe ijo, 1 kulit ikan, 1 baso cumi kecil, 1 baso ikan isi telor asin. Ditambah lagi pakai rumput laut, bihun dan sejumput sayuran ijo seperti jagung muda dan paria.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

5 Oleh oleh Khas Tarakan

Warung Kopi di Pontianak yang Patut Dicoba