in ,

Masih Kekurangan Ratusan Tenaga Kesehatan di Kalimantan Barat

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan Barat terdapat banyak desa terpencil di setiap kabupaten sehingga banyak tenaga medis yang kurang berminat untuk menetap disana. Sehingga, Kalimantan Barat masih mengalami kekurangan tenaga kesehatan meliputi perawat, dokter, ahli gizi dan tenaga analis, serta bidan. Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat, Andy Jap mengatakan kekurangan tenaga kesehatan masih jadi masalah pihaknya dalam upaya pemerataan layanan kesehatan di sekitar 14 kabupaten dan kota Kalimantan Barat.

“Bidan saat ini kurangnya sekitar 500 tenaga medis Kalimantan Barat. Tenaga Dokter juga kurang banyak,” kata Andy Jap kepada wartawan, Selasa (27/3/2018)

Menurutnya kebijakan moratorium atau pembatasan sementara perekrutan pegawai negeri sipil (PNS) tenaga kesehatan membuat pihaknya harus merancang strategi khusus memaksimalkan pelayanan kesehatan di Kalimantan Barat.

Andi Jap menjelaskan bahwa program persiapan tenaga kesehatan itu merupakan program Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Para tenaga kesehatan yang ikut program akan dikontrak selama dua tahun. “Ada upaya mengatasi defisit itu. Karena Pegawai Tidak Tetap (PTT) tidak boleh, maka ada program persiapan khusus untuk daerah yang terpencil, daerah sulit dan daerah memang kurang diminati,” jelasnya.

Ia menambahkan, Kalimantan Barat sudah ada tenaga kesehatan yang masuk dan ditetapkan penugasannya. Mereka berasal dari Kalimantan Barat dan daerah lain. Ada yang bertugas di daerah perbatasan seperti Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Senaning, Kabupaten Sintang dan Entikong, Kabupaten Sanggau.

Di Sintang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh mengatakan wilayah Sintang masih kekurangan tenaga medis bidan mencapai 100 orang lebih.

“Kekurangan bidan itu untuk mengisi desa – desa yang belum memiliki bidan, sebab target kami hingga akhir 2017, setiap desa memiliki satu petugas kesehatan baik itu bidan maupun perawat,” kata Sinto saat ditemui di Sintang, Jumat.

Dikatakan Sinto, untuk tenaga perawat di Sintang sudah cukup, hanya saja banyak perawat yang tidak mau ditempatkan di desa. Ia menambahkan pihaknya ingin setiap desa memiliki petugas kesehatan, namun kendalanya, banyak desa yang belum memiliki fasilitas kesehatan. Untuk itu, Sinto menginginkan, desa dapat menyediakan tempat tinggal bagi petugas kesehatan.

“Hal tersebut merupakan salah satu kebijakan Kemenkes untuk mengatasi kekurangan tenaga kesehatan di daerah,” pungkasnya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Pantai Tanah Kuning Rahasia Di Kalimantan Utara

Gua Haji Mangku Amazing Secret Cave Kalimantan Timur