in

Mempertegas Budaya Dayak dalam Bingkai Kebhinekaan

Mempertegas Budaya Dayak dalam Bingkai Kebhinekaan

TEROKABORNEO.COM – Yogyakarta, (Press Release) Pekan Budaya Dayak Nasional (PBDN) pertama kali dilaksanakan pada 27 s/d 30 April 2013 di Istora Senayan, Jakarta. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi maupun DAD Kabupaten yang ada di Kalimantan. Seiring berjalannya waktu kegiatan ini mendapat respon positif dari kalangan pelajar Kalimantan, Pemerintah Daerah, Budayawan, Seniman, juga para turis lokal maupun mancanegara. Karena alasan inilah kegiatan Pekan Budaya Dayak Nasional  ini akan kembali digelar.

Pekan Budaya Dayak Nasional ini akan akan kembali digelar dan bertempat di Jogja Expo Center, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 24 s/d 27 November 2016 dengan mengusung tema  “Mempertegas Budaya Dayak Dalam Bingkai KeIndonesiaan”, sehingga ini sekaligus merupakan kali kedua Pekan Budaya Dayak Nasional dilaksanakan. Pekan Budaya Dayak Nasional II ini diadakan untuk mempromosikan Kebudayaan di Kalimantan khususnya Kebudayaan Dayak. Selain untuk promosi budaya, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan potensi pariwisata kebudayaan yang ada di Kalimantan.

Pekan Budaya Dayak Nasional II (PBDN)  ini diselenggarakan atas kerjasama antara Majelis Adat Dayak Nasional (MADN) dengan Sekretariat Bersama Pelajar dan Mahasiswa Kalimantan Barat Sekber J.C. Oevaang Oeray Yogyakarta serta mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan dan mahasiswa se-Kalimantan yang menempuh ilmu di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Keterlibatan kaum pelajar ini diharapkan mampu memicu rasa kepedulian dan kecintaan generasi muda terhadap budaya Dayak.

Adapun rangkaian acara Pekan Budaya Dayak Nasional II antara lain, Ritual Adat Dayak, Parade Musik Sape, Pameran Pernah Pernik Khas Suku Dayak, Pertunjukan Tari Tradisional, Talk Show Budaya dan Lingkungan , Atraksi Silat, Orasi Budaya, Vocal Group, Parade Lagu Berbahasa Dayak, Seni Drama, Bajonggan, Tari Kolosal. Stand Pameran kerajinan tangan dan  pernak pernik dayak. Acara tersebut akan melibatkan Majelis Adat Dayak Nasional, Dewan Adat Dayak tingkat Provinsi, Dewan Adat Dayak tingkat Kabupaten, Daerah Tingkat I dan Daerah Tingkat II di Kalimantan.

What do you think?

-24 points
Upvote Downvote

Total votes: 34

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 14.705882%

Downvotes: 29

Downvotes percentage: 85.294118%

Mahasiswa Kalimantan Gelar Aksi Solidaritas Untuk Korban Teror

Ratusan Mahasiswa Kalimantan Gelar Aksi Solidaritas Untuk Korban Teror

Event Kebudayaan Dayak di Yogyakarta

‘Kabut Gelap’ Event Kebudayaan Dayak di Yogyakarta