in ,

Pakaian Adat Kalimantan Timur yang Sarat Makna

Pakaian Adat Kalimantan Timur
Kekayaan budaya dan tradisi yang ada di Kalimantan Timur (gambar:lestariwilujeng.wordpress.com)

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan Timur sangat banyak memiliki kebudayaan yang unik. Selain unik Kalimantan Timur memiliki ragam adat dan budaya yang sangat menarik apalagi kalau kita berbicara tentang salah satu produk budayanya yakni pakaian adat Kalimantan Timur yang bermacam-macam. Keunikan lain dari Kalimantan Timur dilihat dari banyaknya suku yang mendiami. Ada Suku Kutai, Suku Dayak dan Suku Banjar serta banyak lagi suku yang tersebar dan mendiami provinsi yang beribukota di Samarinda ini.

Pakaian Adat Kalimantan Timur

Banyaknya suku yang mendiami provinsi ini menyebabkan banyaknya pakaian adat Kalimantan Timur menjadi beraneka ragam. Kurang lebih ada 5 macam jenis pakaian adat Kalimantan Timur yang menjadi warisan dari nenek moyang mereka. Jumlah ini cukup banyak jika dibandingkan dengan yang dimiliki oleh daerah-daerah yang lain. Pakaian adat Kalimantan Timur ini yang pasti dalam penggunaannya memiliki alasan filosofis waktu penggunaannya berbeda untuk lebih jelasnya mari simak kabar berikut:

1. Sapei Sapaq

Sapei sapaq merupakan baju adat yang berasal dari Kalimantan Timur biasa dipakai oleh suku Dayak Kenyah. Di bagian atas berupa rompi dan pada bagian kepala diberi ikat yang terbuat dari bahan pandan. Corak yang dibuat dibaju ini memiliki beragam corak. Seperti corak yang bergambar burung enggang ada yang bergambar harimau bahkan corak tumbuhan. Masing-masing corak tersebut mempunyai perbedaan yang berarti corak harimau untuk kaum bangsawan dan corak tumbuhan untuk rakyat jelata di suku dayak kenyah.

2. Kustin

Dalam bahasa kutai nama kustin memiliki arti yaitu busana. Kustin bisa dipakai oleh kalangan menengah saat upacara pernikahan di waktu dulu. Dilihat dari nama yang diberikan pada pakaian adat ini pasti banyak orang mudah menebak pakaian ini berasal dari suku kutai. Bahan yang dibuat untuk pakaian adat yang satu ini berasal dari beludru hitam. Berlengan panjang juga memiliki kerah yang tinggi menjadi ciri khas dari kustin. Di bagian kepala untuk pria memakai setorong yaitu tutup kepala yang bundar, ditambah dodot bambu di bagian luarnya. Sedangkan untuk kaum wanita pakaian adat kustin dibubuhi kelibun kuning yang bahan dasarnya dari sutera.

3. Bulan Kuurung

Pakaian adat Kalimantan timur memang banyak macamnya salah satunya bulan kuurung ini. Pakaian adat ini biasa dipakai oleh seorang dukun. Jenis pakaian ini ada yang berlengan panjang, pendek bahkan tak berlengan.

4. Bulang Burai King

Bulang burai king merupakan pakaian adat yang sering digunakan oleh masyarakat suku dayak untuk upacara-upacara khusus. Jika kita melihat bulang burai king ini jelas sangat berbeda dan bisa langsung membedakan terlihat dari hiasan berupa manik-manik. Selain itu bulu burung yang dibuat sangat rapi sehingga terlihat indah dan menarik menjadi kelebihan yang dimiliki bulang burai king.

5. Pakaian Adat Dayak Ngaju

Dayak ngaju merupakan salah satu dari suku dayak yang ada di Kalimantan Timur. Pakaian adat yang dimiliki suku dayak ngaju ini sangat khas dan sayang untuk tidak dikupas informasinya. Bahan pembuatan dari pakaian adat dayak ngaju dari kayu dan serat alam yang diproses. Kayu pilihan untuk membuat pakaian adat ini berupa kayu siren dan kayu nyamu. Semua bahan yang terkumpul dibuat dan dibentuk serta diberi manik dan warna dilengkapi dengan hiasan-hiasan yang indah. Sering kali hiasan pada pakaian adat ini diilhami masyarakat setempat berdasarkan keyakinan mereka.

Begitu banyak pakaian adat Kalimantan Timur yang luput dari daftar yang saya berikan ini, namun saya juga yakin bahwa masih banyak yang juga telah dikenal dan digunakan sampai sekarang oleh masyarakat Kalimantan Timur. Saya sendiri mohon maaf apabila ulasan yang saya buat salah atau tidak tepat dan mohon maaf juga tidak melampirkan foto, atas alasan sulitnya mencari foto/gambar yang sesuai dan menghindari kesalahan informasi foto. Saya sekedar ingin berbagi tentang keindahan dan keunikan pakaian adat yang dibuat sangat mengagumkan dan kreatif. Dan hal ini adalah pemberian nyata dari nenek moyang kita dahulu yang wajib kita jaga agar lestari. Selain itu supaya nanti anak cucu kita juga bisa menikmati kekayaan budaya kita dimiliki.

What do you think?

-6 points
Upvote Downvote

Total votes: 10

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 20.000000%

Downvotes: 8

Downvotes percentage: 80.000000%

tempat wisata di Kalimantan Selatan

Keindahan Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Wisata Air nan Memukau

tempat wisata di Kalimantan Tengah

Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Menarik Hati Wisatawan