in

Jenis Pakaian Adat Kalimantan Utara ini digunakan untuk Upacara Sakral

pakaian adat Kalimantan utara
Gadis dengan Baju Adat tengah menari.

TEROKABORNEO.COM – Salah satu provinsi yang paling muda namun memiliki banyak budaya dan adat yang kental yaitu Kalimantan Utara. Belum lama Kalimantan Utara ini disahkan menjadi provinsi sendiri yang sebelumnya masih bergabung dengan Kalimantan Timur. Walaupun menjadi provinsi termuda sudah barang tentu Kalimantan Utara juga mempunyai produk kebudayaan yang khas, terutama pakaian adat Kalimantan Utara yang unik dan indah.

Kalimantan Utara diisi oleh sebagian besar suku jawa dengan jalur transmigrasi yang mencapai 40 persen. Untuk selebihnya dihuni penduduk “pribumi” asli Kalimantan Utara. Penduduk yang menempati provinsi tersebut diantaranya Suku Dayak, Suku Bulungan, Suku Tidung, dan satu lagi Suku Kutai.

Kalau kita mendengar nama suku Dayak bukan tidak mungkin masih banyak tersirat hal yang berbau mistis, terutama menyangkut akan segala adat dan budaya yang ada. Nah, Pakaian adat Kalimantan utara adalah salah satu produk budaya yang sampai saat ini digunakan secara khusus pada acara-acara tertentu dan pada upacara khusus.

Pakaian Adat Kalimantan Utara

Untuk lebih lengkapnya mari simak informasi mengenai pakaian adat Kalimantan utara yang sebagian besar dari suku Dayak ini.

1. Baju Ta’a

Baju adat Ta’a memiliki komponen yang berupa Da’a yaitu ikat kepala yang pembuatan bahan dasarnya dari daun pandan. Pakaian ini biasa dipakai oleh para orang tua penduduk setempat. Baju bagian atas berupa Sapei Inoq dan bawahan pada pakaian adat ini yang adalah rok yang disebut taa. Hiasan pada baju yang penuh mani-manik membuat pakaian adat ini semakin menarik dan cantik. Ada tambahan pelengkap dari pakaian adat ini yaitu kalung bermanik yang menguntai sampai ke bawah dada. Pakaian ini biasa dipakai oleh kaum wanita.

2. Sapei Sapaq

Pakaian adat Kalimantan Utara yang biasa dipakai seorang laki-laki dikenal dengan nama Sapei Sapaq. Corak yang diberikan pada pakaian adat ini kurang lebih hampir sama dengan corak yang ada pada pakaian adat wanita. Yang membedakan dari pakaian untuk pria ini atasannya berupa rumpi. Untuk bawahannya ada yang namanya cawat kalau di Kalimantan utara disebut dengan abet kaboq. Untuk menambah keperkasaan dan terlihat budaya yang menonjol ditambahkan senjata mandau yang diikat di bagian pinggang pria.

3. Bulang Kurung

Bulang kurung merupakan jenis pakaian adat yang dimiliki oleh Kalimantan Utara biasa digunakan pada kegiatan ritual tradisional. Khususnya oleh suku Dayak yang sering banget memakainya pada upacara-upacara khusus. Untuk jenis dari bulang kurung ini sebenarnya masih beranekaragam dan masih terbagi-bagi kategorinya.

Pada pakaian adat bulang kurung disebabkan pada pakaian ini pada bagian tangan tidak ada lengannya. Namun jenisnya juga banyak ada yang lengan pendek atau disebut dokot tangan atau yang baju lengan panjang atau lengke. Sepertinya agak mistis ya pakaian adat ini mungkin karena memang yang biasa memakainya adalah para dukun-dukun di Kalimantan utara.

Pakaian adat Kalimantan Utara sangat unik dan sedikit berbau mistis. Itulah terkadang yang menjadi ciri khas dari pakaian adat milik Kalimantan Utara ini. Dengan berbeda dan unik banyak orang yang lebih mudah membedakan dan mengenal pakaian-pakaian adat milik daerah masing-masing. Baju adat yang memiliki fungsi sakral seharusnya tidak sembarangan digunakan.

Masyarakat Kalimantan Utara juga tidak sembarangan memakai pakaian adat ini jika tidak dalam acara yang khusus. Dengan ini apa yang menjadi pitutur leluhur dapat dijaga kesuciannya. Kalian tertarik kan sama pakaian adat ini? Ya harus tapi ijin dulu ya kalau mau memakainya.

What do you think?

-4 points
Upvote Downvote

Total votes: 14

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 35.714286%

Downvotes: 9

Downvotes percentage: 64.285714%

Tarian Dayak Kalimantan

5 Tarian Terkenal Suku Dayak Kalimantan

Tempat Wisata Di Kalimantan Timur

Sensasi Baru Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Perlu Dicoba