in , ,

Pantai Tanah Kuning Rahasia Di Kalimantan Utara

TEROKABORNEO.COM – Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) diam-diam menyimpan potensi wisata pantai. Kalimantan Utara merupakan salah satu provinsi termuda di Indonesia. Wilayah ini memiliki beberapa potensi wisata, diantaranya adalah wisata alam pantai. Pantai tersebut berada di Pulau Derawan, tepatnya di Desa Tanah Kuning, Kecamatan Tanjung Palas Timur, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Wilayah yang berbatasan langsung dengan Negara Bagian Sarawak Malaysia ini memang dilewati garis pantai yang cukup panjang di bagian timur. Salah satu pantai yang mulai dilirik wisatawan ialah Pantai Tanah Kuning.

Di beri nama pantai kuning ini karena sesuai dengan nama desa lokasi obyek wisata tersebut. Garis pantainya memanjang 2 km, sedangkan lebar bibir pantai sekitar 75 meter. Berpasir putih dan suasananya masih sepi. Pasir putihnya yang bersih dan menghampar menjadi wahana bagi anak-anak untuk bermain pasir, sepakbola, dan aktivitas lainnya. Anda bisa duduk bersantai sambil menikmati panorama laut dan sekitarnya. Jika ingin berenang boleh saja karena air laut di sini sangat jernih. Akan tetapi Anda hanya boleh berenang di tepian saja karena jika agak ke tengah ombaknya cukup besar dan berbahaya, yang mungkin hanya diperbolehkan bagi para peselancar profesional.

Untuk mendatangi lokasi Anda bisa memilih berbagai alternatif jalan, mau melalui darat, laut atau melalui sungai. Apabila Anda memulai perjalanan dari Tanjung Selor, maka Anda bisa naik kendaraan roda empat atau bisa pula melalui Sungai Kayan dengan menggunakan speed boat. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 2-3 Jam. Dan jika Anda memulai perjalanan dari kota Tarakan dan Kabupaten Berau, Anda bisa menggunakan kapal bermotor atau speed boat melalui laut. Perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 jam. Namun apabila Anda ingin lebih cepat sampai tujuan, bisa naik pesawat terbang perintis dan dalam waktu sekitar 15 menit Anda sudah tiba di lokasi tujuan. Bagi Anda yang hobi bertualang dan ingin perjalanan yang seru tentu lebih memilih perjalanan melalui Sungai Kayan.

Soal menginap tidak usah khawatir. Di sekitar pantai itu ada beberapa home stay, meskipun jumlahnya juga tak banyak. Tarifnya berkisar Rp 150 ribu. Jadi tak perlu tidur di tenda, kecuali Anda memang menginginkan hal itu. Nah, Pantai Tanah Kuning bukan satu-satunya yang ada di Bulungan. Ada beberapa pantai lain yang lokasinya berdekatan antara lain Pantai Karang Tigau dan Pantai Nibrung.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Presiden Membagikan Sertifikat Tanah Di Banjarmasin ini Bukan Ngibul

Masih Kekurangan Ratusan Tenaga Kesehatan di Kalimantan Barat