in

Pemain Sape’ Kalimantan Berbudaya dalam Berkarya

pemain Sape Kalimantan

TEROKABORNEO.COM – Pemain Sape Kalimantan | Setiap masa memang senantiasa menghadirkan tren atau hal-hal baru. Tak terkecuali  juga akan membawa sebuah tren yang baru baru Selera para penikmat musik di seluruh dunia perlahan agaknya mulai bergeser untuk masa-masa sekarang ini. Jika dulu kita terbiasa mendengarkan musik-musik dengan genre tertentu seperti jazz, pop, rock hingga hingar bingar musik metal, maka saat ini kita tengah diserbu tren baru aliran musik jenis EDM (Electronic Dance Musik). Bergesernya selera musik dunia saat ini memang ditandai dengan semakin digandrunginya hentakan-hentakan cepat beat dari genre Electronic Dance Music (EDM) yang begitu terkesan glamour dan canggih seperti sekarang ini. Tentu tak ada yang salah sama sekali dengan selera musik seperti ini. Namun sadarkah kita bahwa di lain sisi “kebudayaan baru” seperti ini seakan meninggalkan kesan bahwa musik tradisional atau budaya lokal kian pudar dan minat para generasi muda Indonesia pada umumnya akan kesenian daerah menjadi hilang sama sekali.

Jika memang hal tadi menjadi keresahan sebagian dari kita, agaknya kita juga patut bersyukur bahwa ternyata anak-anak muda Kalimantan mampu menampilkan kembali seni tradisi lokal! Kita patut optimis karena ternyata generasi muda Kalimantan saat ini masih melirik warisan leluhur mereka – memang tidak semuanya, namun jika kita melihat faktanya saat ini memang demikian. Contohnya di media sosial seperti Instagram. Di platform berbagi foto / video ini tak jarang kita melihat sosok-sosok muda pemain Sape’ Kalimantan yang tampil dengan alat instrumen tradisional Dayak tersebut.

Wajah-wajah mereka kerap bermunculan di tab explore dalam video berdurasi singkat saat menampilkan kepiawaian mereka saat memainkan Sape’. Biasanya pemain Sape Kalimantan ini meng-cover lagu-lagu yang tengah tren di telinga para penikmat musik, seperti musik-musik pop lokal (Indonesia) maupun mancanegara. Bahkan tak jarang musik-musik dance elektronic dari para DJ (Disk Jockey) terkenal dunia pun bisa mereka tirukan, tentunya dengan versi lembut a la petikan Sape’ tersebut. Bagi para pemain Sape Kalimantan yang masih pemula, postingan saat memainkan Sape’ mungkin hanya sesekali saja. Namun bagi pemain Sape’ Kalimantan yang terbilang sudah profesional, mereka hampir selalu mengunggah kegiatan mereka yang berhubungan dengan profesinya tersebut, tak jarang mereka menjadi penampil di event-event skala besar, baik nasional maupun internasional. Jika Anda telah menjadi pengikut setia akun Instagram mereka maka Anda juga pasti telah mengetahuinya, ya kan?

Berikut daftar pemain Sape Kalimantan yang Teroka Borneo rangkum:

  1. Jerry Kamit
pemain Sape' Kalimantan
Jerry Kamit (gambar: Instagram)

Jerry Kamit merupakan pemain Sape Kalimantan berkebangsaan Malaysia. Pria yang lahir di Serian, 12 November 1974 ini telah menggeluti dunia Sape’ sejak tahun 1996. Ia merupakan salah satu pemain Sape’ berpengaruh yang telah menghasilkan banyak sekali karya instrumental. Instrumental Sape’nya yang paling terkenal berjudul “Lan E” yang juga sering dibawakan oleh pemain Sape’ terkenal lainnya dan sering diputar dalam acara-acara kebudayaan Dayak. Ia sering tampil dalam event-event musik etnik dunia, berkat pengalaman dan dedikasinya terhadap seni ini tak salah rasanya jika ia dianggap seorang legend musisi etnik.

  1. Fery Sape
pemain Sape' Kalimantan
Fery Sape (gambar: instagram)

Ferry Sape’ merupakan pemain Sape’ Kalimantan berkebangsaan Indonesia yang juga telah sering melanglangbuana di event-event internasional untuk memperkenalkan alat musik Sape’ di mata dunia. Pria kelahiran Desa Mendalam, Kec. Kayan, Kab. Kapuas Hulu ini pernah tampil berkolaborasi bersama salah satu gitaris kelas dunia asal Indonesia I Wayan Balawan.

  1. Thambunesia
pemain Sape' Kalimantan
Thambunesia (gambar: instagram)

Thambunesia yang bernama asli Felix Ivan Thambun lahir di Nanga Tahai, Kec. Serawai, Kab. Sintang, Kalbar. Ia mulai tampil sebagai pemain Sape’ Kalimantan pada tahun 2012 dalam peluncuran Mini Album Tanah Borneo bersama komunitas #SaveBorneo (Kini Bumi Kalimantan). Sejak saat itu ia terus menekuni alat musik Sape’ dan terus produktif dengan mengeluarkan sebuah mini album dan satu buah album instrumental Sape’ terbaru yang diberi judul “Daydream”. Ia juga diketahui sebagai salah satu luthier alat musik Sape’.

  1. Uyau Moris
pemain Sape' Kalimantan
Uyau Moris (gambar: instagram)

Uyau Moris merupakan seorang pemain Sape’ Kalimantan kelahiran Desa Wisata Setulang, Kab. Malinau, Kalimantan Utara. Uyau Moris sering terlihat mengisi acara di televisi swasta nasional dengan diundang sebagai bintang tamu dan berbicara mengenai kesenian tradisional alat musik Sape’.

  1. Daniel Nuhan
pemain Sape' Kalimantan
Daniel Nuhan (gambar: instagram)

Daniel Nuhan adalah putra asli Dayak Ngaju yang diketahui merupakan salah seorang former grup musik etnik Tingang Tatu bersama Ongky Matazai. Dalam akun instagramnya, ia sering mengcover lagu-lagu populer untuk diaransemen ulang menggunakan alat musik Sape’. Sekarang ia terlihat lebih sering memainkan alat musik etnik Kecapi Kalimantan Tengah.

  1. Ongky Matazai
pemain Sape' Kalimantan
Ongky Matazai (gambar: instagram)

Ongky Matazai merupakan salah seorang mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Bersama dengan Daniel Nuhan ia sempat tergabung dalam grup musik Tingang Tatu dan pernah menjuarai sebuah kompetisi musik.

  1. Ardotong
pemain Sape' Kalimantan
Ardotong / Stepanus Ardo (gambar: instagram)

Nama Ardotong (Stepanus Ardo) mulai terdengar saat ia mengikuti sebuah ajang pencarian bakat di salah satu televisi swasta nasional. Pemain Sape Kalimantan yang satu ini juga merupakan mahasiswa Institut Seni Indonesia di Yogyakarta. Saat upacara kemerdekaan 17 Agustus tahun lalu ia sempat diundang ke Istana Negara untuk tampil di sana.

Musik memang merupakan media bagi setiap insan untuk mengekspresikan suasana jiwa. Melalui seni musik setiap orang dapat menampilkan bakat, keterampilan juga kreativitas yang seolah tanpa batas. Selain prestasi dan dedikasinya dalam mengangkat dan mengenalkan kembali budaya asli leluhur kita, para pemain Sape’ Kalimantan ini bahkan turut melambungkan nama Indonesia di mata dunia.

(catatan: tulisan ini dibuat berdasarkan penelusuran Teroka Borneo dari berbagai sumber yang ada. Kami mohon maaf apabila ada isi / tulisan yang kurang lengkap, kurang berkenan, atau bahkan tidak tepat seperti yang tertera di atas. Apabila pihak-pihak di atas merasa tidak nyaman atas artikel ini dan merasa perlu adanya koreksi, silahkan kontak redaksi di email [email protected])

What do you think?

-17 points
Upvote Downvote

Total votes: 31

Upvotes: 7

Upvotes percentage: 22.580645%

Downvotes: 24

Downvotes percentage: 77.419355%

Rumah Adat Kalimantan Selatan

Rumah Adat Kalimantan Selatan Filosofi Arsitektur Suku Banjar

Kota Sintang Tempo Dulu

Kota Sintang Tempo Dulu dalam Potret Hitam Putih