in

Pemerintah Seruyan Menargetkan Pemerataan Sinyal

Salah Satu Tugu Di Kabupaten Seruyan

TEROKABORNEO.COM – Pemerintah Kabutapen Seruyan Provinsi Kalimantan Tengah, pada tahun 2019 akan menargetkan pemerataan jaringan seluler akan menjadi kabar baik.

Leonard S Ampung sebagai Penjabat Sementara Bupati Seruyan di Kuala Pembuang pada hari Senin mengatakan, Pemerintah Kabupaten sudah menyusun rencana mengatasi wilayah yang belum tersentuh oleh jaringan seluler melalui kerja sama dengan perusahan operator telekomunikasi.

Penjabat Bupati Sementara Kabupaten Seruyan

“Pada tahun 2019 seluruh wilayah Seruyan harus sudah terjangkau jaringan seluler, dalam waktu dekat mencoba menjajaki kerja sama dengan operator telekomukasi untuk mengatasi area yang belum tersentuh oleh jaringan seluler, mudah-mudahan nanti bisa direspon dengan baik,” kata beliau.

Beliau juga menambahkan, salah satu kerja sama yang dapat dilakukan guna membuka keterisolasian komunikasi dengan membangun menara komunikasi atau BTS (Base Transceiver Station) pada area yang belum tersentuh jaringan seluler.

Banyak cara lain yang dapat dilakukan dalam kerja sama tersebut. Contohnya perusahaan operator telekomunikasi dan pemerintah daerah bersama-sama membangun perangkat BTS, atau perangkat operator tersebut disewa oleh pemerintah daerah.

“Sistem sewa perangkat dari operator ini sudah dilakukan oleh sejumlah perusahaan yang beroperasi di area yang belum terjangkau oleh jaringan seluler, dan sewa perangkat tersebut tidak mahal,” katanya.

Menurut beliau, telekomunikasi merupakan salah satu peranan yang penting untuk mendorong percepatan pembangunan di kabupaten berjuluk “Bumi Gawi Hatantiring”.

Lalu, dari sisi pemerintah, masih banyak desa yang belum terhubung komunikasi juga membuat pemerintah tidak bisa bergerak dengan cepat.

“Pemerintah sekarang ini dituntut untuk memiliki respon dan bergerak dengan cepat, tetapi jika komunikasi sulit, maka ini menjadi kendala,” katanya.

Menurut data yang ada, wilayah Seruyan adalah salah satu kabupaten terluar dari Pulau Kalimantan dengan 97 titik area yang belum tersentuh jaringan seluler tersebar di berbagai kecamatan. Dari 97 titik tersebut, kebanyakan terdapat di daerah Suling Tambun, Seruyan Hulu dan Seruyan Tengah.

“Karena itu, kita berharap kendala telekomunikasi dapat diatasi, sehingga ke depan tidak ada lagi kecamatan yang masih belum tersentuh jaringan seluler,” katanya.

.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Mari Mengenal Rumah Adat Betang Kalimantan Tengah

Mari Mengenal Suku Dayak Ot Danum