in

Pergeseran Makna Tato Dayak Ot-Danum di Kalimantan Barat

TEROKABORNEO.COM – Masyarakat Dayak sangat erat dengan lingkungan yang sering dipengaruhi oleh alam pikiran religio magis/sakral artinya percaya kepada kekuatan gaib (magis) sebagai suatu kekuatan yang menguasai alam semesta dan seisinya dalam keadaan kesinambungan, setidaknya inilah yang ditulis dalam sebuah buku tentang masyarakat Dayak. Berikut dijelaskan secara sederhana bagaimana makna tato suku Dayak Ot-Danum di Kalimantan Barat, sebagai salah satu bentuk “kepercayaan” tersebut.

Sudah barang tentu setiap orang yang mendengar kata Dayak pandangannya akan tertuju kepada salah satu suku besar yang ada di Indonesia yang mendiami pulau Borneo. Dayak Ot-Danum sendiri merupakan nama salah satu sub-suku Dayak yang ada di Kecamatan Ambalau dan Kecamatan Serawai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat . Dayak merupakan nama kolektif untuk menyebut salah satu suku asli di Kalimantan, yang sebagian besar menghuni di daerah pedalaman. Sedangkan dalam bahasa suku Dohoi adalah Ot yang berarti hulu dan Danum berarti Air sehingga dapat diartikan bahwa orang yang tinggal di hulu air atau sungai. Tetapi cukup diketahui bahwa tidak semua tinggal di hulu sungai semuanya mengikuti perkembangan zaman.

Salah satu simbol yang menjadi kepercayaan masyarakat Dayak khususnya suku Dayak Ot-Danum di Kalimantan Barat adalah tato. Tato diharapkan dapat menjadi wahana bagi mereka untuk mempelajari suatu kebudayaan yang turun-temurun, karena tato merupakan sebuah simbol tradisi kuno atau simbol peradaban moderen.

ilustrasi-tapak-bulan-turung
Ilustrasi Tapak Bulan Turung

Tapak Bulan Turung (Bulan) di atas maknanya ialah orang-orang yang berketurunan kerajaan dan yang memakai tato bulan ini adalah yang mampu menderita dalam hidup.

Y. Ngantung (13 Agustus 1937) yang merupakan tetua adat tahun 1967-2009 pernah mengatakan bahwa tato di suku Dayak Ot-Danum sudah ada sejak zaman purbakala sehingga keturunan suku Dayak sudah memiliki tato sejak jaman dahulu, tetapi tidak semua suku Dayak Ot-Danum dapat memiliki tato. Suku Dayak Ot-Danum yang menggunakan tato hanya seseorang yang berasal dari keturunan Raden, Singa, Makuk dan Macan. Karena tato memiliki makna yang sangat kuat dan merupakan tanda status sosial di masyarakat Dayak Ot-Danum. Sedangkan pada zaman sekarang tradisi tato menjadi sebuah fenomena yang berbeda. Semua orang yang ingin memiliki sebuah tato dapat memilih motif atau gambar yang ia inginkan sesuka hati walaupun sesungguhnya tato tersebut memiliki makna mendalam dan memiliki arti tertentu dan diperuntukkan orang yang tertentu pula. Seperti pada foto di bawah ini seorang gadis Dayak Ot-Danum menggunakan tato tanpa makna hanya sebagai seni dalam sebuah acara kebudayaan tari Dayak.

seorang-gadis-dengan-tato-temporer
Seorang gadis Dayak dengan lukisan Tatto temporer di tangan

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

-2 points
Upvote Downvote

Total votes: 14

Upvotes: 6

Upvotes percentage: 42.857143%

Downvotes: 8

Downvotes percentage: 57.142857%

Transmigrasi Gambaran Keadilan Sosial atau Ketimpangan Sosial

Transmigrasi, Gambaran Keadilan Sosial atau Ketimpangan Sosial ?

Masih Adakah Lembaga Sosial Yang Peduli Akan Kaumnya

Masih adakah Lembaga Sosial yang Peduli akan Kaumnya ?