in

Potret Pos Lintas Batas Negara Entikong Dulu dan Sekarang

Pos Lintas Batas Negara Entikong

TEROKABORNEO.COM – Di masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo, daerah perbatasan  menjadi salah satu prioritas pembangunan. Hal tesebut terbukti salah satunya dengan dilakukannya pemugaran terhadap salah satu PLBN ( Pos Lintas Batas Negara Entikong ), Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Kondisi PLBN yang sebelumnya sangat memprihatikan dan ketinggalan jauh apabila dibandingkan dengan yang dimiliki negara tetangga Malaysia saat ini kondisi sudah jauh lebih baik.

Perbaikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong ini  tertuang di dalam Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2015 tentang Percepatan Pembangunan 7 (tujuh) Pos Lintas Batas Negara Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan. Instruksi ditujukan kepada 15 kementerian (menteri) dan 1 badan (kepala badan), 3 pemerintahan provinsi (gubernur), dan 7 pemerintahan kabupaten/kota (bupati / walikota). Selain Pos Lintas Batas Negara Entikong, terdapat 6 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) lain yang menjadi target pembangunan pada era Presiden Joko Widodo ini, antara lain: Pos Lintas Batas Negara Aruk, Pos Lintas Batas Negara Nanga Badau, Pos Lintas Batas Negara Motamasin, Pos Lintas Batas Negara Wini, Pos Lintas Batas Negara Skouw.

Kondisi Pos Lintas Batas Negara Entikong yang sudah jauh lebih baik dari sebelumnya mengundang rasa kagum dan bangga dari banyak pihak. Tidak terkecuali Presiden Joko Widodo, yang turut hadir pada peresmian Pos Lintas Batas Negara di Entikong. Proyek pemugaran Pos Lintas Batas Negara Entikong tersebut menghabiskan anggaran sebesar 152,49 miliar rupiah di atas lahan seluas 80.003 meter persegi dan luas PLBN  berkisar 19.493 m2 di zona inti, sub inti, dan pendukung.

Bagi kita yang merasa penasaran dengan kondisi Pos Lintas Batas Negara tersebut dapat langsung berkunjung ke Entikong untuk menyaksikan langsung. Berikut ini adalah foto yang membandingkan kondisi Pos Lintas Batas Negara Entikong dulu dan sekarang.

Pos Lintas Batas Negara di Entikong (dulu)
Pos Lintas Batas Negara di Entikong (baru)

Perbaikan demi perbaikan Pos Lintas Batas Negara yang dilakukan pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini dimaksudkan untuk mengangkat harkat dan martabat Bangsa Indonesia bagi negara lain, khususnya negara tetangga. Selain itu, perbaikan Pos Lintas Batas Negara Entikong juga diharapkan dapat memperbaiki kondisi perekonomian masyarakat setempat. Perbaikan infrastruktur di daerah perbatasan tentu akan mengundang meningkatnya perputaran ekonomi di daerah tersebut.

Hal tersebut terbukti dari hasil penelitian yang dilakukan Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan dan Penerapan Teknologi (Puslitbang KPT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 3 PLBN di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Utara dan Kalimantan Barat. Penelitian tersebut menunjukkan selarasnya peningkatan ekonomi dengan perbaikan infrastruktur di daerah perbatasan.

Perbaikan Pos Lintas Batas Negara Entikong yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo diharapkan tidak hanya merupakan sebuah simbolisasi. Namun lebih jauh, perbaikan berbagai infrastruktur juga diimbangi dengan meningkatnya ekonomi masyarakat. Dengan demikian, meningkatkannya kunjungan wisatawan dari luar negeri juga dapat meningkat dengan sendirinya.

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 66.666667%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 33.333333%

Kota Sintang Tempo Dulu

Kota Sintang Tempo Dulu dalam Potret Hitam Putih

Penangkaran Orang Utan

Lokasi Penangkaran Orang Utan di Kalimantan