in

Rumah Adat Kalimantan Bangunan dengan Makna Filosofis

Rumah Adat Kalimantan
Rumah Baloy (gambar: satu-indonesia.com)

TEROKABORNEO.COM – Pulau Kalimantan terbagi menjadi 5 provinsi dengan rumah adat yang dimiliki masing-masing dari provinsi tersebut. Pembagian provinsi kalimantan ini adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara. Dari kelima provinsi tersebut yang paling baru adalah Kalimantan Utara yang diresmikan tahun 2012 lalu. Rumah adat Kalimantan yang tersebar dalam 5 provinsi tersebut mempunyai bentuk dan ciri khas yang berbeda.

Suku mayoritas yang menempati Kalimantan adalah Suku Dayak dan Melayu. Rumah adat Kalimantan yang tersebar dalam 5 provinsi tersebut ditempati oleh beberapa suku yang ada di Kalimantan. Memang, suku mayoritas di Kalimantan adalah Suku Dayak, akan tetapi ada juga suku lain yang memiliki rumah adat Kalimantan sendiri seperti Suku Banjar, Suku Kutai dan Suku Tidung. Dari daftar berikut untuk nama rumah adat Kalimantan seperti rumah panjang, rumah betang dan rumah lamin sebenarnya merupakan bangunan yang sama, hanya saja penyebutannya yang berbeda dikarenakan perbedaan tempat dan sub suku yang mendiaminya. Daftar rumah adat Kalimantan bisa anda simak pada penjelasan di bawah ini.

  1. Rumah Betang
Rumah Adat Kalimantan
Rumah Betang (gambar: wikipedia.org)

Rumah betang adalah rumah adat Kalimantan Tengah yang didiami oleh Suku Dayak. Rumah adat ini sangat banyak dijumpai karena memang suku yang terbesar tersebar di Kalimantan adalah Suku Dayak. Suku Dayak dimanapun berada pasti membuat rumah adat mereka karena memang dijadikan tempat tinggal. Masyarakat Suku Dayak pada umumnya berprofesi sebagai petani. Rumah sementara yang biasa disebut rumah betang ini memiliki ukuran yang sangat luas. Untuk panjangnya bisa mencapai 150 meter dan lebar mencapai 30 meter. Bentuk bangunannya berupa rumah panggung sekitar 5 meter dari tanah. Biasanya Rumah Betang ini dihuni oleh lebih dari satu keluarga.

  1. Rumah Panjang
Rumah Adat Kalimantan
Suasana pagi di sebuah rumah panjang. (gambar: rentalmobilpontianak.info)

Rumah Panjang adalah rumah adat Kalimantan Barat yang memiliki keunikan tersendiri dari rumah adat yang lain. Rumah Panjang bisa didiami oleh 15 anggota keluarga atau kurang lebihnya 150 orang. Terdapat banyak ruangan yang tersebar di rumah panjang. Jenis dari rumah panjang adalah rumah panggung yang memiliki tinggi sampai 8 meter dari permukaan tanah. Untuk panjang yang dimiliki oleh rumah panjang ini hingga 186 meter dengan lebar biasanya 6 meter. Keunikan lain dari rumah panjang ini adalah rumah panjang memiliki anak tangga yang berjumlah ganjil.

  1. Rumah Lamin
Rumah Adat Kalimantan
Rumah Lamin (gambar: trendezia.com)

Rumah Lamin adalah sebuah rumah adat Kalimantan Timur yang didiami terutama oleh Suku Dayak di sana. Rumah Lamin memiliki arti yang khusus yaitu rumah panjang kita semua. Dimana rumah ini bisa ditempat oleh banyak anggota keluarga dalam keluarga besar yang dimiliki Suku Dayak. Sama dengan rumah adat lainnya bentuk dari Rumah Lamin berjenis rumah panggung. Rumah adat Kalimantan yang satu ini memiliki tinggi 3 meter dan denah rumah berupa segiempat yang memanjang dengan beratap pelana. Di dalam kolong rumah ini terdapat tiang penyangga yang sengaja diukir khusus untuk mengusir roh jahat.

  1. Rumah Banjar
Rumah Adat Kalimantan
Rumah Banjar (gambar: arsitag.com)

Rumah Banjar bubungan tinggi adalah nama lain dari Rumah Banjar dan Suku Banjar sendiri yang menyebutnya. Bubungan tersebut terlihat dibagian atap yang berbentuk segitiga dengan sudut 45 derajat. Rumah Banjar sudah sangat lama diperkirakan sudah sejak abad ke 16 yang waktu itu masih dikuasai oleh Pangeran Samudera.

  1. Rumah Baloy
Rumah Adat Kalimantan
Rumah Baloy (gambar: satu-indonesia.com)

Rumah Baloy adalah rumah adat Kalimantan Utara yang sangat terkenal dengan bahan dasarnya yaitu kayu ulin. Kayu ulin sering dipakai dalam rumah adat Suku Dayak karena memang kuat dan banyak serat. Serta sudah teruji tahan lapuk bahkan saat terkena air. Rumah Baloy sangat khas sekali dengan ukirannya didalam dinding ruangan. Suku Tidung adalah penghuni dari rumah adat ini. Salah satu rumah adat Kalimantan yang unik dan sampai saat ini masih berdiri tegak yaitu Rumah Baloy ini.

This post was created with our nice and easy submission form. Create your post!

What do you think?

1 point
Upvote Downvote

Total votes: 1

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

daftar gunung dan bukit di Kalimantan

Daftar Gunung dan Bukit di Kalimantan ini Wajib Dijajal Para Pecinta Alam

Perlawanan Rakyat Sintang

Kilas Balik Perlawanan Rakyat Sintang Terhadap Belanda