in

Rumah Adat Kalimantan Selatan Filosofi Arsitektur Suku Banjar

Rumah Adat Kalimantan Selatan
Rumah Baanjung, Rumah Adat Kalimantan Selatan

TEROKABORNEO.COM –  Banjarmasin adalah ibukota dari provinsi Kalimantan selatan yang sangat padat sekali penduduknya. Sebab di kota ini memiliki pasar apung yang berada di atas sungai, dan semua penjual menggunakan perahu dayung. Pasar apung sudah berdiri sejak tahun 1500-an. Di Kalimantan selatan  pasar apung memiliki nama lain pasar apung muara kuin atau dikenal dengan pasar apung sungai barito. Selain dikenal dengan pasar apungnya, rumah adat Kalimantan Selatan yang unik juga sangat terkenal di provinsi ini.

Kalimantan selatan banyak dihuni oleh suku Banjar. Nama dari rumah adat Kalimantan Selatan adalah rumah Baanjung. Baanjung dalam bahasa banjar mengandung makna bersayap, karena memang rumah adat Baanjung memiliki sayap di bagian sampaing kiri dan samping kanan bangunan. Bahan utama dari rumah adat ini adalah kayu ulin, kayu lanan dan kayu damar putih. Untuk lebih jelasnya mengenai rumah adat Kalimantan Selatan ini mari sekilas kita baca informasi di bawah ini.

  1. Wujud Bentuk Rumah

Rumah Baanjung menggunakan tiang sebagai fondasi utama untuk pusat bangunan dari rumah adat ini. Kayu yang biasa digunakan untuk tiang dari rumah Baanjung dipilih dari jenis kayu galam atau kayu kapur naga, sedangkan kayu ulin hanya digunakan untuk tiang penunjang bangunan. Rumah baanjung sangat unik, yaitu memiliki bumbungan yang tinggi berbentuk segitiga dengan tinggi yang melancip, untuk yang memanjang kedepan biasa dikenal dengan sindang langit. Sedangkan yang memanjang kebelakang suku banjar menyebutnya atap hambin awan, lantai dari rumah adat ini menggunakan kayu yang tersusun berlapis dan untuk dindingnya juga dari kayu yang disusun tegak berdiri.

Permodelan Rumah Adat Kalimantan Selatan (gambar: arsitag.com)
  1. Pembagian Ruangan

Pembagian dalam rumah baanjung yaitu :

  • Pacitra

Pacitra dibagi menjadi dua. Ada di bagian pintu depan itulah pacitra luar, sedangkan pacitra dalam berada di dalam biasa untuk tempat penyimpanan alat pertanian, alat pertukangan serta pemancingan.

  • Penampik Kacil

Adalah ruang tamu dengan lantai lebih tinggi dari palatar dan berada setelah masuk pintu depan.

  • Penampik Tangah

Adalah ruang tamu di sebelah tengah dan lantai sedikit lebih tinggi dari panampik kacil.

  • Panampik Basar

Adalah ruang tamu bagian dalam dengan lantai sedikit lebih tinggi dari penampik tangah.

Disebut juga padu yang terletak di belakang rumah untuk kegiatan memasak.

  • Ambin Dalam atau Palidangan.
  • Panampik Bawah atau Panampik Dalam.
  1. Nilai Filosofi

Filosofi yang terdapat dalam rumah adat Kalimantan Selatan sangat beragam, seperti ukiran naga di bagian atas bermakna alam bawah, sedangkan elang gading bermakna alam atas. Kepercayaan suku banjar sangat kental, mereka percaya bahwa rumah merupakan tempat tinggal yang maha esa juga. Jika kita melihat atap rumah adat ini sangat mirip dengan payung, lambang dari bentuk payung tersebut diwujudkan sebagai kekuasaan dan atau tingkat kebangsaan. Ruangan dari rumah Baanjung tersusun semakin ke dalam semakin tinggi, hal ini melambangkan tata krama dalam suku banjar untuk menghormati pemilik rumah.

Rumah adat Kalimantan Selatan yang mengandung banyak filosofi menjadi sebuah gambaran dari penduduk suku banjar, kekentalan budaya yang dimiliki oleh penduduk di Kalimantan Selatan sangat baik sekali. Mereka menjunjung tinggi sikap dan perilaku, tidak hanya kepada sesama manusia, namun kepada lingkungan sekitarnya juga. Hal yang sudah langka, apalagi di jaman sekarang perilaku dan kedisiplinan mulai pudar akibat dari pengaruh budaya yang menyimpang. Tradisi dari nenek moyang yang harus dijaga sebenarnya memang mengandung pelajaran bagi cucu penerusnya. Terkadang apa yang dilakukan orang dahulu sudah ketinggalan jaman, namun justru itu yang perlu di junjung tinggi.

What do you think?

3 points
Upvote Downvote

Total votes: 3

Upvotes: 3

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Gawai Dayak

Gawai Dayak PSBDK Punya Siapa?

pemain Sape Kalimantan

Pemain Sape’ Kalimantan Berbudaya dalam Berkarya