in , ,

Surga Wisata Air Pulau Derawan Kalimantan Timur

TEROKABORNEO.COM – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau. Termasuk surga pulau derawan yang bisa anda nikmati pada saat weekend, yang memiliki keindahan yang luar biasa yang bisa membuat anda dan sekeluarga bisa berkumpul bersama, membuang stres di weekday dan tentunya dapat memberi kesan keindahan tersendiri. Bisa anda ketahui kalau pulau ini saudah menjadi situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2005. Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Derawan sendiri, keindahan karang dan ikan sudah dapat dinikmati dengan pola penyelaman slope dangkal 5-25 meter. Pulau ini merupakan pulau utama yang menjadi tempat singgah bagi para wisatawan.

Dengan luas wilayah sekitar 44.60 hektar, terdapat Derawan Dive Resort, yaitu Resort yang berstandar internasional dengan fasilitas yang sangat lengkap.

Siapa yang tidak kenal pulau ini, pulau yang memberikan banyak kesan dan menjadi pengalaman terbaik sepanjang hidup. Pulau Derawan menjadi tempat favorit penyu-penyu hijau untuk naik ke pasir pantai dan bertelur, terutama sepanjang bulan Juli-September.

1. Akses Mudah dan Cepat

Jika anda mau melakukan perjalanan ke Pulau Derawan untuk pertama kalinya, jangan merasa bingung. Pertama anda bisa menaiki pesawat menuju Kota Balikpapan selama 45 menit atau bisa juga menggunakan jalur darat selama 20 jam ke Berau. Lalu menuju pelabuhan Tanjung Batu untuk menuju Pulau Derawan dengan biaya 300 rb untuk menyewa boat selama 30 menit.

2. Penginapan

Ketika sampai di pulau derawan maka hal yang perlu anda lakukan adalah mencari penginapan. Penginapan di pulau derawan cukup terbilang murah dengan 100rb anda bisa menikmati fasilitas kamar untuk 2 orang dengan ac.

3. Fasilitas

Pulau derawan memiliki pemandangan yang masih alami. Fasilitas juga ada banyak yang bisa anda nikmati seperti cottage untuk menginap, fasilitas penyelaman, banana boat, snorkeling, perahu layar, kano, restoran, café, fasilitas pendukung lainnya dan berkeliling sampai puas.

4. Snorkeling atau Diving

Bagi para hobi diving dan snorkeling, dapat menikmati keindahan terumbu karang yang indah, ditemani ratusan ikan warna-warni. Pulau derawan sendiri merupakan bagian dari sebuah gugusan kepulauan yang indah. Terdapat sejumlah pulau di antara lain Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Maratua, Pulau Kakaban, Pulau Panjang, dan Pulau Samama. Perairan di sekitar Kepulauan Derawan berlimpah akan karang dan biota laut yang menjadi objek utama wisata selam. Sedikitnya terdapat 18 titik lokasi penyelaman.

Saat sedang snorkeling, biasanya akan ada ubur-ubur tanpa sengat yang berenang di sekitar Pulau Kakaban yang masih satu wilayah dengan Pulau Derawan.

5. Kunjungi pulau lain yang indah

Pulau Sangalaki

Pesona Kepulauan Derawan lainnya terdapat di sekitar Pulau Sangalaki. Pulau ini merupakan kawasan konservasi penyu yang telah dikelola oleh Kementrian Kehutanan. Dari seluruh Kepulauan Derawan, Pulau Sangalaki yang memiliki luas daratan 12 ha menjadi tempat bertelur penyu terbesar.

Ada dua spesies penyu yang biasa bertelur di Pulau Sangalaki yakni penyu hijau dan penyu sisik. Penyu hijau paling banyak ditemui bertelur di Pulau Sangalaki pada malam hari. Setiap malam wisatawan dapat menyaksikan 50 ekor penyu langka menuju pantai untuk bertelur.

Dengan tubuh yang besar, penyu-penyu ini berjalan menuju pantai demi kelangsungan hidupnya. Selain itu juga dapat menyaksikan anak-anak penyu yang baru menetas. Mereka berjuang menuju lautan dan akan terbawa arus laut.

Pulau Kakaban

Selain itu, ada juga Pulau Kakaban yang berbentuk menyerupai angka Sembilan. Di mana pada bagian melingkar sebelah utara merupakan batu karang cincin atau atol dan memiliki laguna. Pulau seluas 774.20 ha ini menyajikan pemandangan alam yang unik.

Di tengah-tengah pulau terdapat Danau Air Payau. Di dunia hanya ada dua pulau yang unik ini, yaitu di Pulau Kakaban dan sebuah pulau di Mikronesia, Tenggara Laut Pasifik.

Beberapa tahun ini, Pulau Derawan masuk sebagai salah satu tempat wisata yang paling eksotis di Indonesia. Di pulau ini terdapat beberapa ekosistem pesisir seperti terumbu karang, padang lamun, dan hutan mangrove. Selain itu, juga terdapat spesies yang dilindungi, seperti penyu hijau, penyu sisik, lumba-lumba, paus, dan beberapa spesies lainnya.

6. Kuliner di Pantai Derawan

Selain pemandangan laut yang memanjakan mata, Pulau Derawan juga menyajikan kuliner khas Pulau Derawan yang enak, seperti Tehe-tehe, Kima-kima, dan Elai.

Tehe-tehe adalah makanan yang menggunakan bagian dalam bulu babi yang dimasak dengan campuran nasi. Kima-kima adalah sejenis kerang berukuran besar yang dimasak dengan bumbu segar khas dari Pulau Derawan. Sedangkan Elai adalah sejenis buah yang mirip dengan durian yang berwarna oranye.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Jangan Lewatkan 5 Destinasi di Pontianak Ini Usai Hari Tanpa Bayangan

Ditengah Kota Sintang Terdapat Wisata Hutan yang Eksotis