in ,

5 Tarian Terkenal Suku Dayak Kalimantan

Tarian Dayak Kalimantan
Tari gong atau yang biasa disebut tarian kancet ledo dari kalimantan

TEROKABORNEO.COM – Suku Dayak merupakan suku yang memiliki banyak kesenian tradisional. Selain karena kental dengan budaya yang dimiliki, tarian Dayak Kalimantan juga merupakan kekayaan dari tradisi yang sudah ada sejak ribuan tahun. Kalimantan sangat luas sekali bahkan suku yang ada juga sangat banyak. Dayak adalah salah satu suku yang memiliki banyak potensi untuk menjadi kekayaan yang dimiliki Indonesia khususnya Kalimantan.

Tarian tradisional pasti dimiliki oleh setiap daerah dan mempunyai gerakan yang berbeda-beda. Tarian Dayak Kalimantan yang bermacam-macam juga mempunyaI gerakan yang tak sama. Kreativitas yang dimiliki suku Dayak ini sangat mengagumkan. Warisan budaya leluhur mereka yang sampai saat ini dijaga termasuk seni tarian Dayak Kalimantan yang sampai sekarang masih sering ditampilkan.

Tarian Dayak Kalimantan

Berikut ada 5 seni tari dayak yang bisa kita ketahui bersama.

1. Tari Kancet Papatai

Tarian Dayak Kalimantan

Nama lain dari tari ini adalah tari perang. Dalam setiap seni tari yang ciptakan suku dayak sebenarnya memiliki cerita tersendiri. Seperti halnya tari perang ini memiliki cerita mengenai tokoh pahlawan dayak kenyah yang sedang berperang dengan musuh. Gerakan dalam tari ini begitu gesit, penuh semangat membara dan sangat lincah. Pakaian yang digunakan dalam tari kancet papatai ini memakai baju adat tradisional milik suku dayak kenyah. Dengan perlengkapan yang dibawa seperti senjata mandau, baju perang lengkap dengan perisainya.

2. Tari Gantar

Tarian Dayak Kalimantan

Tarian Dayak Kalimantan yang kedua adalah tari gantar. Gerakan dalam tarian ini seperti orang yang sedang menanam padi. Peralatan tongkat yang digunakan sebagai gambaran kayu penumbuk. Untuk biji-bijian dan bambu yang dipakai itu digambarkan sebagai benih padai dan juga wadah. Banyak jenis dari tari ini seperti tari gantar busai, gantar rayatn dan gantar senak.

3. Tari Kancet Lasan

Tarian Dayak Kalimantan

Sama halnya dengan gerakan tarian yang lainnya. Kalau tari Kacet Lasan ini menggambar kehidupan burung enggang. Burung enggang ini dibuat tarian karena sangat dimuliakan sama suku Dayak Kenyah, semua itu sebagai bukti kepahlawanan dan keagungan. Tarian ini dibawakan tunggal oleh suku Dayak Kenyah. Gerakan burung ini mencontoh gerakan burung enggang saat terbang dan bertengger di pepohonan.

4. Tari Hudoq

Tarian Dayak Kalimantan

Tarian yang satu ini sedikit berbau mistis karena unsur-unsur dan tujuan dari tarian ini. Tari hudoq merupakan tarian Dayak Kalimantan yang tujuannya untuk perlindungan dan penjagaan kehidupan dan padi setelah ditanam. Tarian yang dipercaya suku etnis sebagai sebuah tarian kedatangan dewa utusan dari sang pencipta ini adalah jenis tarian yang menggunakan topeng. Yang pasti topeng yang digunakan memiliki alasan mengapa harus dipakai saat tari hudoq ditampilkan. Menurut kepercayaan warga setempat jika mereka tidak ingin sakit, mati atau ketularan maka hindari tatapan langsung dengan dewa. Itulah alasan topeng ipakai saat tari hudoq.

5. Tari Kancet Ledo

Tari Gong

Tarian ini dibawakan suku Dayak yang berada di Kalimantan Timur. Biasa disebut dengan tari gong, dalam tariannya memang menggunakan properti berupa gong. Tari gong merupakan wujud dari ekspresi dari seorang wanita yang begitu lembut yang sedang menari diatas gong. Dengan penuh keseimbangan wanita tersebut menari begitu lemah lembut gerakan yang dimainkan. Busana yang digunakan begitu indah berhiaskan manik-manik, serta kain beludru yang dililitkan paa pinggang.

Ya itulah 5 tarian dayak kalimantan yang wajib kita jaga dan di lestarikan budayanya. Ditempt kita alangkah baiknya didirika sanggar tari untuk anak muda supaya mengenal dan belajar berbagai macam tari yang ada di Indonesia khususnya tarian dayak ini.

What do you think?

-8 points
Upvote Downvote

Total votes: 18

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 27.777778%

Downvotes: 13

Downvotes percentage: 72.222222%

Tempat Wisata Di Kalimantan Barat

Tempat Wisata di Kalimantan Barat Surga yang Tersembunyi

pakaian adat Kalimantan utara

Jenis Pakaian Adat Kalimantan Utara ini digunakan untuk Upacara Sakral