in ,

Tempat Wisata di Kalimantan Barat Surga yang Tersembunyi

Tempat Wisata Di Kalimantan Barat
Panorama alam Danau Sentarum indah bak lukisan ya. (gambar: catatanhisoka.com)

TEROKABORNEO.COM – Salah satu provinsi yang ada di Indonesia adalah Kalimantan Barat. Pulau ini menduduki urutan ke-empat sebagai salah satu pulau besar di dunia. Luasnya bentang wilayah dan keindahan alam memang merupakan anugerah tersendiri bagi pulau ini. Hal ini dapat terlihat dengan banyaknya tempat wisata di Kalimantan Barat yang sangat mengagumkan. Hal yang juga menarik dari Kalimantan barat ini karena memiliki begitu banyak sungai, sehingga tidak mengherankan apabila ia mendapatkan julukan provinsi seribu sungai. Jadi jangan kaget apabila kita akan banyak menjumpai banyak sungai besar maupun kecil yang ada di Kalimantan barat.

Tempat wisata di Kalimantan Barat memang seakan sebuah surga yang tersembunyi. Sehingga tak salah apabila tempat wisata di Kalimantan Barat perlahan mulai dilirik untuk dijadikan sebagai salah satu tempat wisata favorit. Panorama alam dengan gemericik suara air dan hembusan angin menjadi pelengkap suasana hati saat berkunjung di tempat wisata ini.

Tempat Wisata Di Kalimantan Barat

Pastinya kalian sudah tidak sabar ya untuk segera mengetahui tempat wisata di Kalimantan barat yang penuh daya tarik ini. Mending langsung simak saja informasi pada paparan berikut.

1. Air Terjun Mananggar

Air terjun Mananggar. (gambar: iklankalbar.com)

Air terjun Mananggar memiliki banyak nama untuk dipanggil. Anda bisa memanggil air terjun ini dengan air terjun menanggar, banangar atau melanggar. Itu semua sama dan berada pada satu tempat yang sama. Air terjun mananggar adalah niagaranya Borneo. Kenapa demikian? Karena air terjun ini semacam patahan dari sungai landak. Lokasi dari air terjun Mananggar berada di hulu sungai Landak. Untuk tempat pastinya di kecamatan air terjun dan masuk Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

2. Bukit Penjamur Bengkayang

Terlihat ramai tenda wisatawan di Bukit Penjamur Bengkayang (gambar: wisataindonesia99.wordpress.com)

Bukit penjamur berada di Kelurahan Bumi Emas Jaku Malunu, Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan barat. Tempat wisata ini sangat strategis bagi pengendara motor atau pun mobil karena lokasi tempuh yang sangat mudah untuk dilalui. Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari areal kota, cuma berjarak 6 kilometer saja. Pemandangan indah “lautan awan” yang menggumpal bisa anda lihat jelas dari atas Bukit Penjamur Bengkayang ini. Waktu paling menakjubkan saat anda datang bertepatan dengan terbitnya cahaya matahari secara perlahan. Tidak bisa dibayangkan lagi betapa indahnya pemandangan yang bisa kita lihat di depan mata kita sendiri.

3. Danau Sentarum

Panorama alam Danau Sentarum indah bak lukisan ya. (gambar: catatanhisoka.com)

Danau Sentarum masuk dalam kategori taman nasional, biasa disingkat TNDS. Taman Nasional Danau Sentarum merupakan tempat wisata di Kalimantan barat yang juga memiliki surga yang tersembunyi. Untuk menuju lokasi ini biaya yang harus dibayarkan memang cukup lumayan mahal. Waktu yang dibutuhkan juga sangat lama sekitar 14 jam ditempuh dari Ibukota Provinsi, Pontianak. Danau Sentarum terletak di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Perjalanan ke tempat ini dapat ditempuh melalui jalur udara dan darat. Setelah sampai di Kabupaten Kapuas Hulu. Anda dapat menyewa alat transportasi yang biasa digunakan yaitu menggunakan perahu motor dengan biaya sewa 1 juta seharinya dengan jumlah maksimal 6 orang saja.

4. Pantai Temajuk

Salah satu spot Pantai Temajuk di Sambas, Kalimantan Barat. (gambar: travel.kompas.com)

Sesuai dengan namanya pantai temajuk itu artinya pantai ini berada di sebuah desa temajuk. Pantai ini merupakan pantai yang berbatasan langsung dengan negara tetangga malaysia. Keindahan dari tempat wisata ini yang memiliki pasir yang membentang luas. Selain itu mempunyai garis pantai yang panjangnya mencapai 60 kilometer. Sungguh sangat cantik pemandangan dari pantai temajuk ini. Dibalut pasir yang berwarna coklat dihiasi pemandangan warna biru laut membuat pantai semakin indah. Untuk sedikit tambahan informasi pantai ini biasa menjadi tempat penyu2 bertelur.

5. Sungai Kapuas

Foto aerial Sungai Kapuas di sekitar jembatan Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. (gambar: thetanjungpuratimes.com)

Sungai Kapuas masuk dalam kategori sungai terpanjang sekaligus terbesar di Indonesia. Wisata Sungai ini menjadi sumber penghasilan masyarakat serta penghubung antar wilayah di Kalimantan Barat. Untuk tarif dari transportasi air melalui sungai ini tidak mahal hanya tergantung pada jarak yang akan ditempuh saja. Biasanya para wisatawan berkeliling di sepanjang Kalimantan menggunakan rute Sungai Kapuas. Lewat jalur ini anda bisa menyaksikan masjid jami sultan syarif abburrahman al kadri, cafe serasan juga jembatan Kapuas.

Itulah beberapa surga tersembunyi yang ada di tempat wisata di Kalimantan Barat yang sangat cantik dan menarik. Jangan anda lewatkan jadwal liburan anda untuk berkunjung ke wisata yang ada di Kalimantan barat.

What do you think?

16 points
Upvote Downvote

Total votes: 16

Upvotes: 16

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Akulturasi Budaya Kalimantan Barat

Multikulturalisme dalam Pergelaran Akulturasi Budaya Kalimantan Barat 2017

Tarian Dayak Kalimantan

5 Tarian Terkenal Suku Dayak Kalimantan