in ,

Keindahan Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Wisata Air nan Memukau

tempat wisata di Kalimantan Selatan
penampakan senja di dermaga Pantai Joras. (gambar: agus-generatio.blogspot.co.id)

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan Selatan dengan Ibukotanya Banjarmasin memang terkenal akan kekayaan alamnya, selain sumber daya alam yang melimpah, di samping itu juga terkenal dengan berbagai macam tempat wisata yang indah dan menawan. Kalimantan Selatan adalah provinsi di luar pulau Jawa yang memiliki kepadatan penduduk yang luar biasa banyaknya. Di sana terdapat banyak sekali sungai yang mengalir di Kalimantan Selatan, baik itu sungai yang besar atau pun sungai yang kecil. Tempat wisata di Kalimantan selatan sangat beragam dan yang menjadi  yang paling menonjol dibandingkan dengan provinsi lainnya.

Dikenal sebagai pusat ekonomi, sosial dan juga politik membuat Kalimantan Selatan menjadi provinsi paling sering dikunjungi di bandingkan dengan provinsi lainnya. Hal ini juga sebanding dengan keindahan alam dan berbagai tempat wisata di Kalimantan selatan yang begitu banyak dan beragam. Kalimantan Selatan yang terletak di sebelah tenggara pulau Kalimantan ini, mempunyai dataran yang cukup rendah. Tetapi juga memiliki dataran yang  tinggi. Banyak sekali ragam satwa yang ada di Kalimantan Selatan ini. Baik itu yang hidup di darat atau pun di air.

Tempat Wisata Di Kalimantan Selatan

Untuk lebih meninjau lagi tentang Kalimantan Selatan khususnya tempat wisata di Kalimantan Selatan mari lihat informasi berikut:

1. Pulau Birah-birahan

Pulau Birah-birahan (gambar: wisatakalimantan.com)

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menuju pulau Birah-birahan cukup lumayan, dan anda jangan kaget apabila harus merogoh uang dalam saku. Untuk menuju tempat ini dibutuhkan perahu yang di sediakan nelayan yang biasa disewakan. Harga yang kita bayar untuk menyewa perahu nelayan sekitar Rp 500.000,00 sampai Rp 800.000,00 tiap perahunya. Akan tetapi tenang saja, muatan dalam perahu ini cukup banyak sekitar 25 orang, jadi kita bisa patungan buat menyeberang bersama. Waktu yang ditempuh lumayan lama dan melelahkan, sekitar 8 jam perjalanan anda baru bisa menikmati keindahan pulau birah-birahan ini. Rasa lelah anda bisa terbayar karena sepanjang perjalanan anda bisa melihat segerombolan lumba-lumba yang lucu-lucu. Banyak juga terdapat ganggang di pulau ini.

2. Pantai Joras

Penampakan senja di dermaga Pantai Joras. (gambar: agus-generatio.blogspot.co.id)

Tempat wisata di Kalimantan Selatan berikutnya adalah pantai Joras. Di pantai ini terdapat bangunan mercusuar yang menjulang tinggi. Hamparan pasir yang sangat luas bisa anda gunakan untuk bermain. Selain itu dari atas mercusuar anda bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai yang sangat indah. Sangat disarankan untuk berhati-hati jika kita naik ke atas mercusuar karena belum dilengkapi dengan alat keamanan yang memadai.

3. Pantai Sungai Pampan

Pantai Sungai Pampan (Gambar: ngadem.com)

Untuk menuju pantai ini kita tinggal pergi ke sebelahnya saja (dari pantai Joras). Pengelola yang berbeda menyebabkan nama ini jadi tidak sama. Akan tetapi fasilitas yang disediakan juga jauh berbeda dan tidak kalah indah dan bagus. Di sana disediakan sebuah tempat parkir yang cukup luas. Jika kita ingin sedikit penghematan akan lebih baik  untuk memarkir kendaraan cukup di salah satu pantai saja sehingga untuk mengunjungi pantai sebelahnya cukup dengan berjalan kaki.

4. Pulau Kembang

Pulau Kembang (gambar: nabilrental.com)

Pulau  kembang banyak dihuni oleh primata berupa monyet-monyet yang lucu disertai macam jenis burung yang indah. Wisata pulau yang terletak di sungai Barito ini sangat unik. Selain ada monyet yang lucu di pulau kembang juga terdapat monyet yang sangat besar. Monyet ini adalah raja dari monyet-monyet yang menjadi penghuni pulau Kembang.

5. Danau Baruh Bahinu

Danau Baruh Bahinu (gambar: tribunnews.com

Tempat yang satu ini cukup asyik dinikmati terutama oleh kawula muda yang sedang bermadu kasih. Danau Baruh Bahinu sangat romantis karena kita bisa lihat terbenamnya matahari dari atas kapal dayung saat kita melintasi danau ini. Biaya untuk masuk ke dalam area danau ini juga terbilang sangat murah yakni cukup dengan Rp 10.000,00 saja dan anda sudah bisa nikmati keindahan danau dan melihat proses terbenamnya matahari senja.

Keindahan tempat wisata di Kalimantan selatan yang menyenangkan dan mengasyikkan. Dibalut dengan kesegaran alam serta kejernihan air yang disuguhkan. Menambah semangat para wisatawan tak bisa menahan sabarnya lagi untuk segera datang ke Kalimantan Selatan.

What do you think?

2 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 2

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Tempat Wisata Di Kalimantan Timur

Sensasi Baru Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Perlu Dicoba

Pakaian Adat Kalimantan Timur

Pakaian Adat Kalimantan Timur yang Sarat Makna