in ,

Tempat Wisata di Kalimantan Tengah yang Menarik Hati Wisatawan

tempat wisata di Kalimantan Tengah
Menyusuri sungai di Taman Nasional Tanjung Puting (gambar: triptrus.com)

TEROKABORNEO.COM – Kalimantan Tengah mempunyai banyak jenis hewan dan tumbuhan yang bermacam-macam. Provinsi yang beribukota di Palangkaraya ini masuk dalam kategori 34 provinsi yang mempunyai pemandangan yang indah. Anda tidak perlu bingung mencari tempat wisata di Kalimantan Tengah. Di sini banyak sekali tempat wisata yang sangat menarik hati untuk dikunjungi. Jika anda senang dengan alam / hutan maka di sinilah tempatnya, untuk anda yang suka juga menyukai nuansa taman nasional di sinilah pula tempatnya, hehe 🙂

Keindahan dari tempat wisata di Kalimantan Tengah ini bisa dilihat dari dataran rendah atau tinggi. Untuk anda yang takut ketinggian bisa menikmati keindahan alam lewat danau yang ada di tempat wisata di sini.

Tempat Wisata di Kalimantan Tengah

Kalau anda suka berpetualang di ketinggian dan kegiatan yang sedikit melelahkan, anda bisa menaiki sebuah bukit untuk melihat pemandangan indah di bawahnya. Sepertinya tidak usah terlalu lama berbicara tentang keindahan alam yang ada di Kalimantan Tengah. Mari langsung simak saja dan langsung rasakan sendiri kedahsyatan tempat wisata di Kalimantan Tengah.

1. Taman Kumkum

Taman wisata Kumkum (gambar: diaryaidha.blogspot.co.id)

Taman Kumkum merupakan sebuah tempat wisata yang berisi banyak jenis hewan di dalamnya. Tempat ini tidak jauh dari Palangkaraya. Anda hanya butuh melewati sekitar 5 kilometer untuk sampai ke tempat ini. Setelah masuk ke dalam anda akan melihat banyak kandang binatang. Oh, iya tempat ini juga berada di tepian sungai, sehingga cocok untuk relaksasi. Taman Kumkum sangat cocok menjadi tempat berlibur keluarga anda. Anak-anak biasanya paling suka kalau ditunjukkan dan dikenalkan tentang berbagai macam hewan yang ada di dunia. Di tempat ini banyak disediakan beberapa fasilitas seperti makanan ringan dan warung yang juga menyediakan hiburan langsung berupa live music.

2. Bukit Raya Taman Nasional

Pemandangan dari atas Taman Nasional Bukit Raya (gambar: ksmtour.com)

Di Bukit Raya Taman Nasional banyak sekali terdapat jenis tanaman yang tumbuh di tanah Bukit Raya. Tercatat 817 jenis tanaman dan bisa digunakan untuk berbagai fungsi. Seperti tanaman obat, untuk keperluan bangunan rumah,  konsumsi sehari-hari dan juga kerajinan. Di Bukit Raya pernah tumbuh tumbuhan bunga bangkai dan di sini ada berbagai macam bunga seperti anggrek yang tumbuh sehat. Berhubung tempat wisata ini juga sebagai tempat penelitian dan luar negeri maka bukit raya sangat dijaga sekali.

3. Taman Nasional Tanjung Puting

Menyusuri sungai di Taman Nasional Tanjung Puting (gambar: triptrus.com)

Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) berada di tempat yang cukup tinggi dan memiliki tanah yang cukup luas. Tanjung puting pada tahun 1984 telah ditetapkan sebagai taman nasional. Taman ini merupakan daerah suaka marga satwa dan cagar alam. Berbagai macam hewan ada di tempat ini. Kelangsungan hidup tanaman sangat dijaga ekosistemnya. Jika anda ingin mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting ini disarankan datang pada bulan juni sampai september. Pada bulan ini anda bisa menikmati seluruh tempat yang ada di sini. Di antara tempat di taman ini ada bermacam tempat penangkaran Orang Utan seperti Pondok Tanggui, Natai Lengkuas, camp lakey, Tanjung Harapan, Sungai Buluh dan Danau Burung.

4. Pantai Ujung Pandaran

Jajaran pondok di sekitaran Pantai Ujung Pandaran (gambar: gotravelly.com)

Bagi anda yang suka dengan pantai, salah satu tempat wisata di Kalimantan tengah juga terdapat sebuah pantai yang sangat elok. Pantai ini bernama Pantai Ujung Pandaran yang terletak di Desa Ujung Pandaran. Di sini terdapat banyak pondok / bungalow yang bisa kita gunakan untuk bersantai sembari menikmati panorama pantai. Pantai ujung pandaran sangat terkenal akan biota laut. Lokasi yang ditempuh memang sangat jauh dari pusat kota, akan tetapi akan jadi sangat nyaman jika anda tidak suka akan kebisingan suara-suara kendaraan bermotor perkotaan.

5. Museum Belanga

Museum Belanga (gambar: mapio.net)

Museum sangat berarti dan penting untuk dijaga dan dikunjungi. Di sana kita dapat menjadi lebih “pintar” karena menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sosial budaya serta sejarah. Di Kalimantan Tengah disediakan museum untuk anda datangi agar bisa melihat berbagai kekayaan Kalimantan Tengah tempo dulu. Di museum Belanga terdapat koleksi asli Suku Dayak dan berbagai macam alat tradisional milik Suku Dayak. Di museum Belanga ada bisa mengunjungi baik secara perorangan atau pun rombongan. Sebelum berkunjung anda bisa menghubungi petugas dari museum melalui telepon, faximili atau surat pos.

Anda penasaran untuk datang dan menikmati berbagai macam satwa yang ada di tempat wisata di Kalimantan Tengah? ayo segera ajak sanak famili atau teman-teman untuk segera datang saat liburan, daripada anda semakin penasaran. salam 🙂

What do you think?

5 points
Upvote Downvote

Total votes: 5

Upvotes: 5

Upvotes percentage: 100.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Pakaian Adat Kalimantan Timur

Pakaian Adat Kalimantan Timur yang Sarat Makna

Kerusakan Hutan di Kalimantan

Bahaya dan Penyebab Kerusakan Hutan di Kalimantan