in

Sensasi Baru Tempat Wisata di Kalimantan Timur yang Perlu Dicoba

Tempat Wisata Di Kalimantan Timur
Pulau Beras Basah (gambar: kaltim.prokal.co)

TEROKABORNEO.COM – Samarinda adalah ibu kota dari Kalimantan timur. Salah satu provinsi di Indonesia ini menyimpan berbagai keindahan tempat wisata di Kalimantan timur. Di sini anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian maupun dari dataran rendah. Pemandangan alam yang ada di Kalimantan Timur bisa anda nikmati tidak perlu dengan biaya yang mahal. Objek wisata di tempat ini banyak terdapat hewan dan tumbuh-tumbuhan yang beranekaragam. Memang hal itu bisa lestari karena sangat dijaga oleh pemerintah di Kalimantan Timur.

Tentu sudah menjadi kewajiban dan sangat penting bagi kita untuk menjaga alam, selain alasan utama terhadap isu lingkungan, manfaat yang bisa kita peroleh adalah dapat terus menerus menikmati keindahannya dan untuk diturunkan ke generasi selanjutnya. Dengan menjaga alam di sekitar kita maka otomatis tempat-tempat indah tersebut nantinya dimungkinkan untuk dapat dikelola menjadi tempat wisata bisa dan tentunya dapat menjadi sebuah sumber penghasilan dan roda ekonomi bagi masyarakat sekitar. Nah, tempat wisata di Kalimantan timur sendiri terdiri atas banyak ragam dan memiliki tingkat keunikan yang berbeda pula. Walaupun begitu, keindahan dari masing-masing tempat tetap bisa kita rasakan karena memang Kalimantan timur ini kaya akan alamnya.

Tempat Wisata di Kalimantan Timur

Untuk melihat tempat wisata di Kalimantan Timur yang begitu mengasyikkan berikut daftar tempat yang bisa anda kunjungi.

1. Batu Dinding

Batu Dinding Kutai Kartanegara (gambar: balikpapanguide.com)

Batu dinding bagaikan tembok raksasa penuh bebatuan yang sangat tinggi. Ketinggian dari tembok ini berkisar 100 sampai 200 meter dengan panjang dinding yang mencapai 800 meter. Dinding batu ini aman karena sangat kuat dan kokoh. Sangat menarik bagi anda yang suka ambil photo dari posisi mana saja akan terlihat sangat menarik. Dengan ketinggian yang dimiliki oleh batu dinding anda bisa melihat pepohonan yang lebat dan pemukiman penduduk setempat dengan rumah adatnya. Di sepanjang jalan menuju atas dinding anda bisa melihat tanaman anggrek yang berjejer sangat cantik.

2. Goa Losan

Goa Losan (gambar: vesitanggang.blogspot.co.id)

Goa losan sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat wisata di Kalimantan timur yang satu ini tidak sembarangan untuk dimasuki. Kondisi goa yang gelap membutuhkan senter atau obor untuk penerangan dalam ruang goa. Untuk memasukinya anda harus meminta ijin juru kunci dan harus ada pemandu yang sudah profesional untuk menemani sepanjang perjalanan. Memang bagi anda yang suka berpetualang tempat ini sangatlah cocok. Begitu menguji adrenalin dan tempatnya cukup menarik. Goa losan sangat luas dan berbelok-belok jika anda berani menyusurinya sampai selesai butuh waktu 10 hari.

3. Liang Mangkulangit

Liang Mangkulangit (gambar: detikone.com)

Liang mangkulangit berada di kabupaten paser, Kalimantan timur. Nama lain dari tempat ini adalah goa mengangkat langit. Di sekitar tempat ini masih ditempati oleh satwa yang masih liar namun ada pohon tropis yang sangat indah. Jika anda melewati jalan sepanjang jalan liang mankulangit sebaiknya berhati-hati. Beribu-ribu lumut berada pada bebatuan diliang mangkulangit ini. Waktu yang  dibutuhkan untuk mencapai tempat ini taidak lama hanya membutuhkan waktu 5 jam saja dari balikpapan.

4. Samboja Lodge

Samboja Lodge (gambar: booking.com)

Jika anda biasa menginap di penginapan yang dekat pemukiman atau di tengah kota. Samboja lodge menawarkan kepada anda pengalaman yang berbeda dari sebelum-sebelumnya. Penginapan di samboja lodge berada di tengah hutan yang dikelilingi pohon yang lebat dan rimbun. Nuansa alam dan rumah penginapan yang disuguhkan sangat menarik. Terdapat ukiran asli suku dayak serta bangunan yang berupa rumah adat dari suku dayak sendiri. Fasilitas yang disediakan tidak jauh berbeda dari penginapan pada umumnya terdapat restoran, pelayanan kamar, tempat parkir dan juga bar.

5. Pulau Beras Basah

Aerial shot Pulau Beras Basah (gambar: kaltim.prokal.co)

Pulau beras basah sangat diminati oleh pengunjung lokal atau pun manca. Di tempat ini anda akan disuguhkan dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa indah. Kejernihan air lautnya serta bermacam-macam jenis hewan laut yang menambah kesan saat anda datang di tempat ini.

Inilah macam-macam tempat wisata di Kalimantan Timur yang menyuguhkan keindahan alamnya. Sangat menarik dan usaha yang dilakukan dalam melestarikan segala macam hewan dan tumbuhan pun sangat membanggakan. Para wisatawan lokal maupun manca ikut dapat merasakan keindahan yang ada di Kalimantan Timur ini.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 2

Upvotes: 1

Upvotes percentage: 50.000000%

Downvotes: 1

Downvotes percentage: 50.000000%

pakaian adat Kalimantan utara

Jenis Pakaian Adat Kalimantan Utara ini digunakan untuk Upacara Sakral

tempat wisata di Kalimantan Selatan

Keindahan Tempat Wisata di Kalimantan Selatan Wisata Air nan Memukau