Tentang Teroka Borneo

TEROKABORNEO.COM merupakan website berbasis user generated content pertama dan satu-satunya di Kalimantan yang eksistensinya khusus didedikasikan sebagai ruang bagi publik/masyarakat Kalimantan secara umum. Publik dapat berkontribusi dan berpartisipasi membuat konten melalui media platform dengan cara mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mematuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

TEROKABORNEO.COM adalah media online yang dirintis suatu perkumpulan di Kalimantan Barat, yang secara swadaya dirilis pada tanggal 24 Maret 2014. Nama TEROKA BORNEO sendiri kami anggap sebagai ruh dan memberikan spirit dalam mengabdi kepada Tanah Borneo yang merupakan “rumah” dari media online ini.

Media ini kami harapkan mampu untuk menjadi penghubung, agar masyarakat dapat saling bertukar pikiran atau membagikan segala macam informasi dalam bentuk konten kreatif ataupun konten reflektif lainnya yang dibuat dan disuguhkan langsung oleh warganet di Kalimantan secara khusus (jurnalisme publik). Karena kami percaya bahwa suatu media haruslah dekat dan lekat serta mudah dijangkau oleh masyarakat agar arus informasi secara cepat dapat tersampaikan kepada para pembacanya itu sendiri. Kami berharap konten lokal yang ditulis oleh para masyarakat pengakses internet di Kalimantan/Borneo dapat mengangkat permasalahan yang sekiranya luput dari perhatian media arus utama (mainstream) sehingga dalam menyampaikan sebuah informasi dapat lebih berimbang.

Lebih jauh lagi kami berkeyakinan bahwa menghadirkan suatu media yang fokus menyorot Kalimantan mutlak diperlukan mengingat Kalimantan/Borneo merupakan rumah bagi segala macam etnis (multi-etnis) yang begitu sarat akan budaya dan tradisi. Di saat daerah lain terancam perpecahan atau konflik berbau SARA, Kalimantan/Borneo mampu membuktikan bahwa kehidupan yang harmonis dan rukun itu ada di tengah-tengah masyarakatnya yang plural dan majemuk. Hal itulah yang TEROKABORNEO.COM  yakini sebagai kekayaan budaya dan toleransi yang begitu berharga dan merupakan peninggalan luhur dari para leluhur.

Melalui web ini kita semua berharap agar cita-cita dalam mengenal khazanah atau pengetahuan mengenai Kalimantan tadi tidak akan hilang begitu saja ditelan laju zaman. Sehubungan dengan konten kreatif dan konten reflektif yang dimaksud ialah sebagai berikut: Konten kreatif, bisa jadi merupakan hal personal seperti kegemaran (hobby) pribadi dengan membagikan pengalaman perjalanan petualangan (adventure traveling) ke tempat-tempat tertentu di Kalimantan yang mungkin belum mendapat perhatian/terekspos sehingga belum dapat dikelola secara resmi oleh pemda dan stake holder atau bahkan Sahabat Teroka ingin “mengabadikan” khazanah peninggalan leluhur berupa cerita rakyat, mitos/legenda dan peristiwa sejarah yang ada dan pernah terjadi di daerah masing-masing.

Adapun konten reflektif, ialah seperti tulisan-tulisan seputar pengalaman sehari-hari Sahabat Teroka, entah itu penilaian atau opini tertentu terhadap kehidupan sosial itu sendiri yang mana sebagai hasil dari interaksi sosial dalam bermasyarakat maupun pandangan personal dalam hal politik, perekonomian, pendidikan, kesehatan serta perkembangan seni dan sastra di Kalimantan sangat diperlukan. Konten digital seperti foto maupun video terkait dengan Kalimantan juga diperkenankan untuk dibagikan kepada segenap pembaca TEROKABORNEO.COM.