in

Tersendatnya Proyek Jembatan Pulau Kalimantan ke Pulau Laut

TEROKABORNEO.COM – Proyek triliunan pembangunan jembatan penghubung Pulau Kalimantan – Pulau Laut mungkin akan tersendat. Jembatan yang membelah Selat Laut ini menghubungkan daratan Kalimantan di Kabupaten Tanah Bumbu dengan Pulau Laut di Kabupaten Kotabaru.
Roy Rizali Anwar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Tanah Bumbu, mengatakan Pemkab Tanah Bumbu dan Pemkab Kotabaru masing-masing sudah mengucurkan dana Rp 250 miliar. Adapun Pemprov Kalimantan Selatan mengucurkan dana lewat APBD sebanyak Rp 500 miliar.
Menurut Roy, jembatan itu ditaksir akan menghabiskan dana investasi Rp 3,5 triliun. “Jadi untuk pekerjaan proyek itu hingga selesai memerlukan tambahan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp 2,5 triliun,” kata Roy di kantor Dinas PUPR, Rabu (28/2).
Roy menambahkan, dalam hal pelaksanaan konstruksi fisik jembatan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu belum ikut membiayai dana Rp 250 miliar itu hanya membiayai pembebasan lahan yang ada di sepanjang jalur pintu masuk hingga titik nol proyek jembatan.
Roy mengatakan panjang konstruksi bentang jembatan penghubung antar dua pulau ini mencapai 6,5 kilometer.
Adapun Achmad Sofiani Kepala Dinas PUPR Kalimantan Selatan, menjelaskan masih menunggu surat rekomendasi dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan Kementerian PUPR. “Itu sebabnya pelaksanaan proyek terhenti sementara dan akan berlanjut bila sudah ada rekomendasi” katanya.
Proyek pembangunan jembatan penghubung Pulau Kalimantan dan Pulau Laut dikerjakan oleh kontraktor pelaksana PT Nindya karya (Persero), konsultan proyek PT Planternal Jasaperananta, serta konsultan perencana PT Wira Widyatama dengan nilai kontrak proyek sebesar Rp 45.229.200.000 dengan nomor kontrak 602.1/605/BM.1718.1/2017.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Rumah Adat Kalimantan Tengah

5 Fakta Menarik Burung Enggang Yang Dianggap Keramat Oleh Suku Dayak