in ,

Tugu Khatulistiwa, Maskot dan Tempat Wisata di Pontianak

tugu khatulistiwa

TEROKABORNEO.COM – Apakah kalian pernah mendengar tentang Kota Pontianak yang berjuluk kota Khatulistiwa. Pontianak merupakan ibukota provinsi dari provinsi paling barat di pulau Kalimantan, yaitu Kalimantan Barat. Kota Pontianak terkenal sebagai kota Khatulistiwa, predikat sebagai kota Khatulistiwa didapatkan oleh kota Pontianak bukan dari sembarang julukan saja. Itu semua dikarenakan kota Pontianak merupakan salah satu kota di dunia yang dilalui atau dilintasi oleh garis Equator atau lebih dikenal garis Khatulistiwa. Sebagai penanda bahwa Pontianak dilewati oleh garis Khatulistiwa, maka dibangunlah Tugu Khatulistiwa untuk menandakan kejadian tersebut. Dan sekarang Tugu Khatulistiwa menjadi maskot dan tempat wisata di kota Pontianak.

Garis khatulistiwa membagi Bumi menjadi dua bagian yaitu belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Garis lintang ekuator adalah 0°. Panjang garis khatulistiwa Bumi adalah sekitar 40.070 km. Di khatulistiwa, matahari berada tepat di atas kepala pada tengah hari pada saat ekuinoks. Ekuinoks adalah peristiwa dimana sumbu bumi tidak terinklinasi atau sejajar terhadap matahari dan pusat matahari berada di bidang yang sama dengan garis khatulistiwa bumi. Maka durasi masa siang hari sama sepanjang tahun yaitu kira-kira 12 jam.Ada sekitar 14 negara yang dilewati oleh garis khatulistiwa, dan di Indonesia, kota Pontianak menjadi salah satu kota yang tepat dilintasi oleh garis khatulistiwa.

Sejarah mengisahkan, pada tanggal 31 Maret 1928, ada ekspedisi untuk menentukan titik khatulistiwa oleh ahli geografis dari Belanda ke Pontianak. Kemudian pada tahun itu dibangun tugu berupa tonggak panah sebagai penanda. Dua tahun berselang, tepatnya tahun 1930, tugu tersebut disempurnakan. Delapan tahun kemudian, arsitek Silaban menyempurnakan kembali tugu itu dengan 4 tonggak kayu ulin dan anak panah penunjuk arah setinggi 4,40 meter. Dan pada tahun 1990, dibangun kubah untuk melindungi tugu aslinya sampai akhirnya tugu diresmikan pada 21 September 1991.

Namun, setelah peresmian tersebut, muncul pendapat yang menyatakan bahwa tugu yang dibangun sekarang ini salah posisi letak. Pernyataan itu didukung dengan penelitian menggunakan GPS (Global Positioning System) yang menyatakan bahwa titik khatulistiwa yang sebenarnya masih berada 117 meter lagi kearah Sungai Kapuas dari titik yang sekarang. Meski demikian, tugu tersebut tidak dipindahkan ke daerah yang dimaksud.

Tugu Khatulistiwa sekarang telah menjadi keunikan dan maskot bagi kota Pontianak. Tugu yang terletak di Siantan, Pontianak Utara ini juga telah dijadikan salah satu objek wisata Kota Pontianak.  Titik kulminasi adalah peritiwa yang sangat ditunggu. Saat fenomena ini terjadi, bayangan kita akan menghilang untuk beberapa saat. Biasanya pengunjung domestik dan mancanegara akan ramai – ramai datang ke Pontianak untuk menyaksikan kejadian ini. Kejadian ini terjadi antara tanggal 21-23 Maret dan 21 – 23 September.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

tempat wisata di kalimantan barat

10 Tempat wisata di Kalimantan Barat yang menarik untuk dikunjungi