in , ,

Wisatawan Mancanegara Tertarik Keindahan Danau Sentarum

TEROKABORNEO.COM – Sejak beberapa tahun terakhir wisatawan manca negara semakin banyak yang tertarik dengan keindahan objek wisata di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Lokasi yang digemari adalah kawasan Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Dari kunjungan tersebut, untuk satu paket kunjungan diperoleh puluhan juta rupiah berhasil diraup oleh warga sekitar. 

“Baru-baru ini ada ada enam orang wisatawan manca negara masuk ke Danau Sentarum, mereka mengambil satu paket dengan lama tripnya lima hari, mereka dapat mengeluarka Rp 24 juta. Dana tersebut lari ke Kelompok Pengelola Parisiwata yang juga masyarakat setempat. Wisatawan manca negara tersebut dapat mengikuti warga untuk menangkap ikan tradisional, menikmati kuliner tradisional, serta hal-hal yang bermasyarakat,” ujar Antonius, kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (7/3). 

Peningkatan tersebut, menurut Anton, disebabkan beberapa faktor pendukung wisatawan manca negara semakin banyak yang tertarik dengan keindahan objek wisata di Kabupaten Kapuas Hulu. Faktor-faktor yang dimaksudkan adalah telah dibangun Pos Lintas Batas Negara di Nanga Badau, serta Festival Crossboarder dan Festival Danau Sentarum dan Betung Kerihun tahun 2017. “Termasuk pilihan paket wisata yang ditawarkan, serta didukung banyaknya dusun wisata yang sudah punya Kelompok Pengelola Pariwisata. Kemudian infrastuktur juga sudah semakin baik,” tuturnya.

Antoni menuturkan, masih perlu banyak hal yang dibenahi untuk meningkatkan kunjungan wisatawan manca negara. Home stay dan perhotelan, disarankan dia, perlu diperbanyak, serta penataan ulang tarif dan rute paket wisata. “Tarif transportasi sungai, lalu rute pengangkutan wisatawan serta akses ke beberapa objek wisata di Danau Sentarum, itu juga harus disepakati dan ditetapkan alurnya”. Sebab ada beberapa objek wisata di Sentarum yang, menurut dia, sering dikunjungi, di antaranya di Meliau, Mangin, Sungai Pelaik, Semangit, hingga Tekenang. “Paket wisata di Sentarum harus diperbanyak, sebab makin banyak paket makin lama wisatawan manca negara tinggal di Kapuas Hulu, makin lama makin banyak masyarakat mendapat uang. Sejauh ini perhitungannya hampir Rp 2 miliar rupiah dari wisatawan manca negara yang sudah beredar di masyarakat. Ini memang tidak kelihatan di pemerintahan karena tidak tercatat sebagai Pendapatan Asli Daerah”. 

Kedatangan wisatawan manca negara ke Kapuas Hulu, diakui dia, cukup signifikan. Mereka yang datang ke Kapuas Hulu pada tahun 2016, tercatat ada 6.665 orang. Kemudian, dia menambahkan, meningkat pada tahun 2017 menjadi 9.070 orang.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

KPK Teken Komitmen dengan Pemprov Kalbar untuk Cegah Korupsi

Dinas Pariwisata Mengerjakan Proyek Wisata Danau Sentarum